4 Cara Membersihkan Udang dengan Baik dan Benar

Cara Membersihkan UdangUdang merupakan salah satu seafood yang banyak digemari karena dagingnya empuk dan lembut, serta bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat. Pada udang terdapat cangkang yang cukup keras, anda bisa membuangnya atau bisa diolah utuh sesuai selera.

Menyajikan menu makan berbahan dasar udang di meja makan tentu akan membuat nafsu makan anda semakin bertambah. Agar sajian udang lebih lezat dan tidak bau amis, kuncinya yaitu membersihkan udang dengan baik dan benar. Ada beberapa teknik yang dapat anda ikuti saat membersihkan udang, tidak hanya mencucinya dengan menggunakan air saja. Yuk simak cara membersihkan udang dengan baik dan benar di bawah ini.

Baca juga : Cara Memasak Daging Bebek Agar Empuk

Cara Membersihkan Udang

Cara Membersihkan Udang dengan Baik dan Benar

Setelah udang dicuci dengan air, ada beberapa langkah lainnya yang bisa anda ikuti agar udang benar-benar bersih sempurna seperti berikut ini.

Bersihkan Udang dengan Benar

Cara Membersihkan Udang

Ketika memilih atau membeli udang, anda harus memilih udang yang kondisinya masih bagus dan segar. Hal ini dilakukan agar olahan udang yang anda buat rasanya semakin lezat dan nikmat.

Cara mencuci udang yang baik dan benar yaitu mencucinya di bawah air yang mengalir. Cuci udang hingga benar-benar bersih agar tidak tercium aroma amisnya.

Menggunting Kumis Udang

Cara Membersihkan Udang

Ketika memasak udang, ada yang memasaknya secara utuh, namun ada juga yang hanya memanfaatkan dagingnya saja. Nah, jika anda akan mengolah udang secara utuh, anda bisa simak tipsnya berikut ini.

  • Apabila anda akan memasak udang utuh, cara yang harus anda lakukan yaitu hanya menggunting bagian kumis udang.
  • Supaya udang aromanya tidak amis dan rasa masakan menjadi lebih lezat, anda bisa melumuri udang dengan menggunakan air jeruk nipis dan garam. Silakan siapkan jeruk nipis dan garam secukupnya. Lalu balurkan pada udang dan diamkan selama beberapa saat.
  • Walapun bagian kepala udang sebaiknya dibuang karena mudah membusuk, serta mengumpulkan bakteri, namun anda tetap dapat menggunakannya yang terpenting udang langsung anda olah.

Menggunakan Daging Tanpa Kulit

Cara Membersihkan Udang

Hanya saja, jika anda akan membuat olahan udang dengan memanfaatkan dagingnya saja tanpa kulit, ada beberapa tips membersihkan udang yang dapat diikuti seperti berikut ini.

  • Anda bisa merendam udang memakai larutan air cuka. Ini dilakukan supaya kulit udang menjadi lunak dan lebih mudah dikupas.
  • Anda juga bisa memanfaatkan bagian kepala dan kulit udang untuk membuat kaldu.

Bersihkan Kotoran yang Terdapat Pada Punggung Udang

Cara Membersihkan Udang

Tidak hanya kulitnya saja yang harus anda bersihkan, namun anda juga jangan lupa untuk membersihkan kotorannya yang terdapat pada punggung udang.

  • Caranya yang bisa anda ikuti yaitu, silakan bagian punggung udang dikerat sedikit.
  • Lalu kotorannya yang berwarna hijau kehitaman silakan anda tarik.

Simpan Udang Dalam Freezer

Cara Membersihkan Udang

Jika udang tidak akan langsung diolah, anda bisa menyimpannya dalam kulkas.

  • Silakan udang disimpan dalam freezer supaya terhindar dari bakteri dan menjadi tahan lama.
  • Namun, meskipun begitu usahakan anda jangan menyimpan udang terlalu lama.
  • Selain itu, pastikan juga anda tidak membekukan udang dengan berulang.

Lihat juga : Cara Agar Santan Tidak Pecah Saat Memasak

Itulah beberapa cara membersihkan udang dengan baik dan benar. Selanjutnya setelah udang dibersihkan anda bisa mengolahnya menjadi hidangan sesuai selera. Nah, supaya tekstur udang tetap kenyal dan rasanya tetap manis, usahakan anda jangan memasak udang terlalu lama. Pasalnya udang memiliki tekstur yang lembut. Semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons