Ketahui Cara Membersihkan Ceker Ayam yang Benar

Cara Membersihkan Ceker Ayam – Walaupun tidak memiliki daging yang banyak, namun ceker ayam tetap  terasa lezat dengan diolah menjadi berbagai sajian yang nikmat. Sebelum mengolah ceker, anda tentunya harus membersihkan terlebih dahulu ceker dengan benar. Nah, simak cara membersihkan ceker yang benar berikut ini.

Cara membersihkan ceker ayam

Cara Membersihkan Ceker Ayam yang Benar

Membersihkan ceker ayam harus dilakukan dengan baik dan benar agar anda mendapatkan hidangan yang lezat dan sehat. Anda bisa membersihkan ceker dengan beberapa tips di bawah ini.

Memotong Kuku di Bagian Sendinya

Langkah pertama yang harus dilakukan saat membersihkan ceker ayam yaitu dengan memotong bagian kuku. Anda harus memotong dan membuang semua bagian kuku pada ceker. Memotong kuku ceker tentu mudah dilakukan. Kurang lebih ½ cm di bagian bawah kuku, terdapat sendi yang bisa dipotong dengan mudah. Anda harus memotong kuku di bagian sendinya agar lebih mudah.

Bagian Lapisan Kuning yang Menyelimuti Ceker Dibuang

Selain membuang bagian kukunya, anda juga harus membuang lapisan kuning yang  menyelimuti ceker. Ketika membeli ceker, mungkin anda masih menemukan ceker yang diselimuti oleh lapisan berwarna kuning dan keras.  Bagian kuning ini juga perlu anda buang. Namun, terkadang lapisan ini menempel dan sulit untuk dihilangkan. Apabila sudah seperti ini, caranya yaitu dengan merebus terlebih dahulu ceker dengan menggunakan air mendidih.

Ketika merebusnya jangan terlalu lama. Anda cukup merebusnya selama kurang lebih 5 menit saja. Setelah direbus, lapisan kuning yang menempel pada ceker ini akan menjadi lebih mudah dibersihkan.

Baca juga : Tips Cermat Mengenali Ayam Suntik, Ayam Tiren dan Ayam Berformalin

Buang Kotoran yang Menempel Pada Ceker Ayam

Ketika membersihkan ceker ayam, anda harus memperhatikan bagian telapak cekernya. Pada bagian telapak ceker biasanya masih terdapat kerak yang berwarna kuning kecoklatan. Anda harus membuang bagian ini dengan menggunakan pisau hingga bersih. Jangan sampai melewatkan membuang bagian ini.

Anda bisa mengetahui kondisi ceker yang bersih dari bagian luarnya yang terlihat bersih tanpa adanya kotoran atau lapisan kuning.

Cara Mengolah Ceker Ayam Agar Empuk dan Tidak Bau Amis

Sebelum mengolah ceker, pastikan anda membersihkan ceker dengan baik dan benar menggunakan tips di atas. Kemudian agar tidak bau amis dan tektsurnya empuk, anda bisa mengolah ceker dengan tips di bawah ini.

Merendam Ceker Dalam Air Mendidih

Didihkan air, lalu rendam ceker yang sudah bersih di dalam air mendidih. Anda bisa merendamnya selama 5 menit. Cara ini juga bisa anda lakukan untuk menghilangkan bagian kulit atau lapisan kuning yang sulit terkelupas.

Rebus Ceker Dalam Air Bersih Atau Dipresto

Jika anda ingin ceker teksturnya empuk, anda bisa merebusnya dalam air mendidih selama kurang lebih  1 jam. Jika tidak, anda bisa memprestonya agar lebih praktis.

Goreng Ceker Ayam, Serta Rendam Menggunakan Air Es Supaya Mekar Dagingnya

Jika anda ingin daging ceker tebal dan mekar, setelah ceker di rendam ( sebelum direbus dengan air bersih atau dipresto) anda bisa menggoreng ceker dengan menggunakan minyak. Jika sudah, anda bisa mengangkatnya dan tiriskan.  Lalu anda bisa memasukannya ke dalam air es supaya dagingnya mengembang. Ceker harus terendam seluruhnya di dalam air es. Jika sudah direndam, anda bisa memasaknya.

Nah, itulah dia beberapa cara membersihkan ceker ayam yang baik dan benar yang bisa anda praktikan di rumah, serta cara mengolahnya agar ceker ayam empuk dan tidak bau amis.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons