6 Cara Agar Daging Cepat Empuk dengan Mudah dan Praktis

Ingin membuat sajian daging yang lebih lezat dengan tekstur yang empuk? Sebelum memasak daging anda bisa mengolahnya terlebih dahulu supaya empuk. Cara agar daging cepat empuk bisa dilakukan dengan cara alami seperti berikut ini.

Cara Agar Daging Cepat Empuk

Cara Agar Daging Cepat Empuk dengan Mudah dan Praktis

Cara agar daging cepat empuk dengan alami mudah dilakukan, mulai dari mengubah bentuk daging hingga memanfaatkan bahan dapur yang mudah ditemukan. Yuk simak di bawah ini.

Baca juga : Cara Menyimpan Bumbu Giling

Mengubah Bentuk Daging

Cara Agar Daging Cepat Empuk

Agar daging lebih mudah empuk ketika dimasak sebenarnya mudah dilakukan. Cara paling mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan mengubah bentuk daging.

Jika anda biasanya memasak daging dengan potongan yang tebal, maka agar lebih mudah empuk anda bisa mengiris atau mencincang daging. Iris daging dengan ukuran disesuaikan, namun jangan terlalu tebal agar mudah matang. Bentuk daging yang tipis, serta ukurannya kecil akan lebih cepat matang dan mudah empuk. Selain itu, bumbu juga akan menjadi mudah meresap tanpa harus dimasak dalam waktu yang lama.

Menggunakan Daun Pepaya

Cara Agar Daging Cepat Empuk

Jika anda tetap ingin memasak daging dalam potongan yang besar dan tebal, anda tentu bisa melakukannya karena masih ada cara lainnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan daun pepaya.

  • Silakan siapkan daun pepaya secukupnya saja.
  • Kemudian anda bisa membungkus daging yang sudah dipotong-potong dengan menggunakan daun pepaya yang sebelumnya sudah dirematkan.
  • Selanjutnya anda bisa memasukannya ke dalam lemari es dan biarkan semalaman. Dari dulu daun pepaya memang dipercaya dapat membuat daging menjadi lebih mudah empuk.

Gunakan Baking Powder

Cara Agar Daging Cepat Empuk

Baking powder tidak hanya bisa anda gunakan untuk membuat kue, namun juga bisa anda manfaatkan untuk membuat daging cepat empuk. Caranya yaitu, silakan siapkan baking powder. Lalu daging yang sudah anda sediakan silakan rendam selama semalaman di dalam bumbu yang sudah anda tambahkan baking powder. Cara ini bisa anda lakukan ketika akan membuat sate ataupun daging lada hitam.

Lumuri Daging dengan Jahe

Cara Agar Daging Cepat Empuk

Selain ketiga cara di atas, anda juga bisa menggunakan cara yang satu ini. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe juga ternyata dapat digunakan untuk membuat daging mudah empuk. Pada jahe terkandung enzim proteolitik alami yang memiliki peran mengurangi ikatan protein supaya empuk.

  • Caranya mudah sekali, silakan siapkan jahe secukupnya saja.
  • Kemudian parut jahe. Lalu lumuri daging yang sudah anda sediakan dengan menggunakan jahe parut tersebut.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dimasak.

Daging Dipukul-Pukul

Cara Agar Daging Cepat Empuk

Membuat daging cepat empuk dengan cara ini umum dilakukan. Yuk simak caranya berikut ini.

  • Anda bisa menggunakan alat pemukul daging. Lalu kedua sisi daging silakan dipukul-pukul hingga teksturnya menjadi lebih empuk.
  • Pastikan anda menggunakan talenan sebagai alas daging. Hal ini bertujuan agar saat dipukul-pukul daging tidak bergeser.
  • Selain itu, pastikan anda memukul daging tidak terlalu kencang agar sarinya tidak keluar.

Rendam Daging dengan Menggunakan Teh

Cara Agar Daging Cepat Empuk

Selain itu, cara lainnya yang bisa anda lakukan agar daging empuk yaitu dengan merendam daging menggunakan teh. Teh mengandung tanin yang dapat berperan sebagai pengempuk alami.  Gunakan teh dengan warna pekat sebagai bahan untuk perendam daging. Kemudian anda bisa merendamnya selama kurang lebih 30 menit.

Lihat juga : Tips Membuat Kulit Ayam Krispi

Selain dengan menggunakan presto, anda juga bisa membuat daging cepat empuk dengan cara alami di atas. Semoga bermanfaat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons