Aneka Resep Tumis Sayur yang Enak dan Mantap

Resep Bayam Tumis Pedas yang Gurih dan Sedap

Sajikan dan nikmati lezatnya aneka resep tumis sayur yang sehat dan mantap dimana tentunya sajian ini akan dapat anda buat di rumah dengan mudah. Selain tata cara pembuatan hidangan yang mudah, bahan-bahan dari resep kali ini pun mudah sekali dijumpai sehingga anda akan tentu dapat membuat hidangan ini di rumah dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa saja resep membuat aneka tumis sayur yang enak dan sedap? Mari simak langsung informasinya dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword bayam pedas, bayam tumis pedas, tumis bayam
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 7 menit
Total Waktu 22 menit
Porsi 4 Orang
Kalori 371.4 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan

  • 2 ikat bayam
  • 50 gram jamur merang
  • 1 buah tomat merah dipotong-potong
  • 1 lembar daun salam
  • 5 butir bawang merah diiris
  • 2 buah cabai besar diiris serong
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdt sambal goreng siap pakai
  • 2 siung bawang putih diiris
  • 3 buah cabai rawit merah diiris serong
  • 1/2 sdt garam
  • 50 ml air
  • 1 sdm minyak untuk menumis

Langkah-langkah

Persiapan

  1. Langkah pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu menyiangi bayam dengan merata. Siangi bahan ini dengan menggunakan pisau secara merata dan lakukan diatas tatakan.

  2. Bila bayam sudah selesai disiangi maka anda akan senantiasa dapat menuangkannya kedalam baskom. Lalu bawa sajian ini ke tempat cucian untuk kemudian bersihkan bahan ini dengan merata menggunakan air bersih.

  3. Setelah dibersihkan kemudian saring dan tiriskan airnya secara merata. Kemudian sisihkan sementara sebelum bahan ini dicampurkan bersama dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. 

  4. Langkah selanjutnya adalah dengan membelah jamur menjadi dua bagian dengan merata. Gunakan pisau untuk memudahkan anda memotong bahan ini.

  5. Setelah selesai kemudian masukkan kedalam wadah dan sisihkan sementara. Lalu bersihkan dengan air bersih dan bilas dengan merata semua sajian ini.

  6. Nah, setelah semua persiapan diatas dilakukan maka langkah selanjutnya anda akan dapat membuat tumisan dan meracik bumbu untuk sajian kali ini. 

Cara Membuat Hidangan

  1. Untuk membuat sajian tumisan kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah wajan diatas kompor. Lalu nyalakan api yang sedang dan biarkan wajan menjadi lebih panas secara merata. 

  2. Baru tuangkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata. Setelah itu, baru tuangkan bumbu bawang putih bersama dengan bawang merah. Aduk dengan merata sampai tercampur. 

  3. Masukkan cabai merah bersama dengan cabai rawit dan tambahkan bumbu sambal goreng kedalamnya. Lalu aduk semua sajian ini dengan merata. Lalu tuangkan daun salam dan aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur dan teraduk. 

  4. Setelah itu, baru anda akan senantiasa dapat menuangkan tomat kedalamnya dan aduk sajian ini dengan merata hingga semua bahan meresap kedalam sajian ini dan merata.

  5. Masukkan jamur merang bersama dengan bayam dan adu-aduk sajian ini sampai tercampur bersama dengan bahan dan bumbu yang baru saja anda tuangkan.

  6. Bumbui hidangan ini dengan menggunakan gram dan merica bubuk. Lalu aduk dengan merata dan pastikan semua bumbu yang baru dimasukan tercampur merata.

  7. Lalu setelah itu, tuangkan sedikit air kedalamnya dan masak sajian ini sampai matang dan bumbu meresap kedalamnya dengan sempurna.

Catatan Resep

Nah, setelah selesai maka sajian ini akan dapat anda angkat dari kompor dan nikmati ketika masih hangat bersama dengan sepiring nasi yang enak dan mantap.

Resep Membuat Plecing Kangkung Kreasi Cumi Asin

Sajian plecing kangkung enak kali ini akan tentu dapat anda simak dengan mudah dan sederhana. Mari kreasikan sajian lezat ini di rumah untuk keluarga. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword plecing kangkung, plecing kangkung cumi
Waktu Persiapan 15 menit
Waktu Memasak 7 menit
Total Waktu 22 menit
Porsi 3 Orang
Kalori 174.9 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan

  • 2 ikat kangkung siangi
  • 1/4 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 1 buah tomat merah dipotong-potong
  • 3 buah cumi asin

Bumbu yang Dihaluskan

  • 2 buah cabai merah keriting
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 1 sdt terasi bakar

Langkah-langkah

Persiapan

  1. Untuk membuat sajian kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu memperhatikan beberapa langkah persiapan kali ini. Langkah persiapan berisikan dengan banyak hal penting tentang cara mengolah sajian kali ini menjadi hidangan yang enak. Karena ada beberapa pengolahan bahan yang tidak dicantumkan pada resep. Maka dari itu, langkah persiapan kali ini adalah cara yang penting. 

  2. Persiapan pertama adalah dengan menyiapkan sebuah baskom bersama dengan sebuah pisau dan tatakan. Lalu siangi kangkung dengan merata menggunakan pisau.

  3. Setelah itu, baru kemudian anda akan senantiasa mengambil kangkung dan membawanya ke tempat cucian. Ditempat cucian silahkan bersihkan bahan ini dengan merata dengan menggunakan air yang mengalir. 

  4. Setelah kangkung dibersihkan maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan meniriskan air cucian kangkung dan pisahkan kangkung untuk kemudian sisihkan sementara.

  5. Baru setelah itu, ambil cumi asin dan siapkan sebuah mangkuk lalu masukkan cumi asin kedalamnya. Rendam bahan ini selama beberapa saat untuk mengurangi kadar garam yang ada dalam cumi asin sehingga rasa asinnya tidak mendominasi masakan kali ini. 

  6. Bila sudah direndam dengan merata maka langkah selanjutnya anda akan dapat melanjutkan untuk meracik bumbu dan memasak sajian kali ini. Mari simak beberapa langkahnya dibawah ini. 

Cara Membuat Hidangan

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Pertama-tama silahkan siapkan wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Lalu kemudian tunggu sampai wajan menjadi lebih panas secara merata. 

  2. Setelah panas maka silahkan tuangkan minyak goreng kedalamnya dengan merata dan tunggu kembali sampai wajan panas kembali. 

  3. Baru anda akan dapat menuangkan bumbu halus kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini sampai merata hingga layu dan tercium bau harum yang enak dan sedap.

  4. Kemudian setelah itu, masukkan tomat dan aduk-aduk semua sajian ini sampai tomat menjadi lebih layu dan matang secara merata. Baru tuangkan cumi asin kedalamnya dan aduk-aduk dengan menggunakan spatula agar semua sajian ini merata. 

  5. Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan kangkung yang sudah disiangi kedalamnya dna aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai kangkung menjadi setengah layu.

  6. Kemudian bumbui sajian ini dengan menggunakan garam dan berikan pula gula pasir. Tambahkan penyedap rasa bila memang anda suka dan masak sajian ini sampai matang dan merata. 

Catatan Resep

Nah, setelah matang maka silahkan matikan kompor dan sajikan hidangan ini dalam wadah. Untuk kemudian sajian ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons