Aneka Resep Tempe Bacem dengan Bumbu Nusantara yang Nikmat dan Sedap

    Hidangkan sajian tempe bacem dengan bumbu nusantara untuk dijadikan santapan keluarga di rumah yang sedap dan enak. Bumbu hidangan dari penjuru nusantara dalam mengolah tempe bacem akan senantiasa akan dapat anda sajikan di rumah anda.

    Tanpa perlu pergi ke luar rumah atau membeli hidangan ini di pedagang kaki lima. Sebab anda akan dapat menyajikan hidangan ini di rumah. Jangan khawatir dengan resep yang akan anda dapatkan sebab kali ini kami akan berikan untuk anda resep sajian tempe bacem.

    Ada resep tempe bacem tanpa air kelapa yang mungkin sebagian dari ibu kesulitan menemukan air kelapa atau mungkin kurang suka dengan hidangan ini. Selain itu, adapula hidangan bacem tempe Jogja yang sedap. Jadi demikian, setiap kali anda menginginkan sajian ini anda akan dapat menyajikan hidangan ini di rumah.

    Resep Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa

    Nama Resep

    Resep Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 25 menit
    Memasak : 40 menit
    Total : 65 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 500 gram tempe
    • 2 lembar daun salam
    • 2 sendok makan gula merah
    • Garam dan gula secukupnya
    • 400 gram air
    • 2 sendok makan air asam
    • 2 cm lengkuas
    • Kecap manis sesuai selera
    • Minyak untuk menumis

    Bumbu yang Dihaluskan:

    • 5 siung bawang merah
    • 1 sendok teh ketumbar
    • 3 butir kemiri
    • 4 siung bawang putih

    Persiapan Membuat Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa:

    1. Untuk yang pertama kita akan lakukan langkah kali ini dengan terlebih dahulu mengerat tempe. Hal ini dilakukan agar nantinya ketika tempe dibumbui maka bumbu akan dapat meresap kedalamnya dengan merata dan sempurna.
    2. Untuk mengerat tempe anda dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah pisau dan tatakan. Lalu silahkan tempatkan tempe diatas tatakan dan dengan menggunakan pisau kerat seluruh bagian permukaan tempe secara merata.
    3. Setelah tempe dikerat secara merata, silahkan potong-potong tempe dengan menggunakan pisau dengan ukuran yang anda inginkan. Kira-kira ukuran yang dianjurkan untuk memotong tempe adalah sekitar 2 sampai 3 cm. Namun anda bisa memotongnya dengan tebal yang anda inginkan. Hanya saja, jangan memotongnya terlalu tipis atau terlalu kecil. Sebab nantinya sajian ini akan mungkin hancur.
    4. Selesai dengan memotong tempe, silahkan masukkan tempe kedalam mangkuk dan sisihkan sementara sebelum anda memasak hidangan ini menjadi sajian yang enak dan nikmat.

    Cara Membuat Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa:

    1. Untuk membuat sajian tempe kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu siapkan sebuah panci dengan ukuran yang sedang. Lalu tempatkan panci diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang.
    2. Tunggu sampai panas dan tuangkan air kedalamnya. Lalu aduk-aduk secara merata sampai bumbu larut dengan air secara merata.
    3. Bila sudah selesai, silahkan masukkan gula merah bersama dengan air asam, daun salam, lengkuas, garam dan kecap manis. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata dan biarkan bahan bumbu yang anda masukkan larut bersama dengan air.
    4. Setelah itu, baru masukkan atau susun tempe yang telah dipotong-potong kedalam rebusan bumbu dan tutup dalam panci. Masak sajian ini sampai mendidih dan bumbu meresap kedalam tempe secara sempurna.
    5. Bila sudah matang secara merata dan bumbu meresap kedalamnya. Silahkan angkat dan dinginkan sajian ini secara merata.
    6. Langkah terakhir anda akan dapat menyiapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu minyak sampai panas secara merata.
    7. Setelah itu, baru masukkan tempe kedalamnya dan masak sampai matang dan berwarna kecoklatan serta berkulit.

    Bila sudah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring untuk kemudian anda akan dapat menikmati sajian ini bersama dengan sepiring nasi hangat yang enak.

    Resep dan Cara Membuat Tempe Bacem Jogja

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Tempe Bacem Jogja

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 25 menit
    Memasak : 40 menit
    Total : 65 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 1 papan tempe
    • 1/2 liter air kelapa
    • 1/2 sdt asam jawa
    • 1 ruas lengkuas, geprak dan memarkan
    • 1 btg serai, geprak dan memarkan
    • 2 lbr daun salam

    Bumbu-Bumbu:

    • 3 siung bawang putih
    • 1 sdt ketumbar
    • 3 sdm gula merah
    • 2 btr kemiri
    • 4 siung bawang merah
    • 1 sdt garam

    Persiapan Membuat Tempe Bacem Jogja:

    1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan tempenya terlebih dahulu. Persiapan menjadi hal penting yang perlu anda perhatikan dengan baik. Hal ini akan memudahkan anda untuk bisa membuat sajian masakan kali ini dengan lebih gampang. Untuk itu, melihat pentingnya persiapan kali ini maka tidak seharusnya anda melewatkan langkah kali ini.
    2. Untuk mengerat tempe anda bisa melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah pisau dan tatakan. Lalu tempatkan tempe dibagian atasnya secara merata. Setelah itu, baru kerat tempe dengan menggunakan pisau secara merata.
    3. Kerat seluruh bagian tempe dengan menggunakan pisau. Bentuknya bisa dengan menyerong atau dengan bentuk keratan yang asal saja. Hal ini dilakukan agar nantinya nantinya bumbu yang anda masak bersama dengan sajian tempe akan dapat meresap kedalamnya secara merata.
    4. Bila sudah selesai, silahkan masukkan tempe kedalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda merebus dan memasaknya dengan sajian yang lainnya.

    Cara Membuat Tempe Bacem Jogja:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan air kelapanya. Masukkan setelah liter air kelapa yang sudah disipkan. Kemudian masukkan kedalam wajan dan bumbui dengan bumbu yang sudah dihlauskan.
    2. Setelah itu, masukkan lengkuas bersama dengan duan salam dan serai. Aduk-aduk secara merata sajian ini sampai larut dan tercampur dengan bahan-bahan lainnya.
    3. Jika bumbu dan air kelapa sudah tercampur secara merata, silahkan masukkan tempe yang sudah anda potong sebelumnya dan aduk-aduk kembali sampai bumbu meresap kedalam tempe secara merata.
    4. Kemudian setelah itu, masak sajian ini sampai mendidih dan matang secara merata hingga bumbu masakan menjadi lebih mengental.
    5. BIla sudah selesai, silahkan angkat sajian ini dari panci dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara sampai sajian ini menjadi lebih dingin pada suhu ruangan.
    6. Selanjutnya anda akan dapat menyiapkan sebuah wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
    7. Baru setelah itu, baru masukkan tempe bacem yang sudah dibumbui kedalamnya secara merata. Masak dan goreng sampai kering dan berkulit.

    Bila sudah matang, angkat sajian ini dan tiriskan minyaknya secara merata. Baru setelah itu, masukkan dalam wadah dan hidangkan bersama dengan nasi hangat atau santap bersama dengan sambal yang lezat untuk menambah selera semakin lezat.

    Resep dan Cara Membuat Tempe Bacem Pedas yang Nikmat

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Tempe Bacem Pedas yang Nikmat

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 25 menit
    Memasak : 40 menit
    Total : 65 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 12 buah tempe
    • 2 sendok teh air asam jawa
    • 1 cm lengkuas
    • 450 ml santan kelapa
    • 1 sendok makan gula merah
    • 3 lembar daun salam
    • 3 sendok makan minyak goreng
    • Garam secukupnya

    Bumbu Bacem yang Dihaluskan:

    • 6 buah cabe merah
    • 7 siung bawang merah
    • 4 buah cabe rawit
    • 1 sendok ketumbar
    • garam secukupnya
    • 3 siung bawang putih

    Persiapan Membuat Tempe Bacem Pedas yang Nikmat:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini terlebih dahulu anda akan dapat melakukan persiapan. Hal ini dikarenakan persiapan akan memudahkan anda untuk bisa membuat hidangan masakan kali ini. Untuk itu, mengingat pentingnya persiapan maka sebaiknya anda tidak melewatkan langkah kali ini.
    2. Cara persiapan yang penting untuk dilakukan adalah dengan mengerat tempe yang akan anda masak kali ini. Caranya adalah dengan menyiapkan sebuah pisau dan tatakan.
    3. Setelah selesai menyiapkan perlengkapan diatas, selanjutnya anda akan dapat menyimpan tempe diatas tatakan. Selanjutnya silahkan kerat seluruh bagian tempe secara merata. Anda bisa memberikan keratan yang asal atau dengan dibentuk menyerong secara merata.
    4. Keratan yang diberikan pada tempe dilakukan agar nantinya bumbu bacem tempe meresap kedalamnya secara merata. Untuk itu, pastikan anda mengeratnya secara merata sampai semua bagiannya terkerat.
    5. Lalu masukkan kedalam wadah dan tampung sementara sebelum anda mencampur hidangan ini bersama dengan sajian lainnya.

    Cara Membuat Tempe Bacem Pedas yang Nikmat:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah panci atau wajan. Wajan ini akan kita gunakan untuk membuat bumbu masakan tempe bacem.
    2. Caranya silahkan masukkan minyak kedalam wajan lalu tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
    3. Baru setelah itu, silahkan masukkan bumbu bacem yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk sajian ini secara merata sampai tercampur.
    4. Lalu masukkan pula lengkuas bersama dengan daun salam. Aduk-aduk sajian ini sampai harum tercium bau enak yang sedap.
    5. Baru setelah itu, masukkan santan kedalamnya dan tambahkan bumbu seperti air asam jawa, gula merah dan garam. Aduk-aduk kembali semua sajian ini secara merata.
    6. Jangan lupa cicipi bumbu sampai pas. Bila anda mendapati bumbu belum pas maka jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak bumbu. Bumbu sajian masakan ini harus terasa dominan manis. Atau sesuaikan dengan selera anda.
    7. Masak sajian masakan diatas sampai hampir kering atau mengental.
    8. Baru siapkan sebuah wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Untuk kemudian tunggu minyak menjadi lebih panas pada wajan.
    9. Baru setelah itu, goreng tempe bacem kedalamnya sampai berkulit dan berwarna kecoklatan secara merata. Hingga berkulit angkat sajian ini dan tiriskan minyaknya terlebih dahulu.

    Angkat hidangan ini dan sajikan dalam piring untuk kemudian anda akan dapat menikmati sajian ini dengan keluarga.

    Selain itu, untuk menambah rasanya lebih lezat hidangan ini akan dapat anda tambah dengan menggunakan cabai rawit lebih banyak. Sesuaikan rasa pedas ini dengan selera anda.