Aneka Resep Serabi Jajanan Tradisional Lagendaris yang Enak

    Resep Serabi Telur Ceplok yang Lembut dan Gurih

    Bahan-Bahan:

    • 600 ml santan
    • 200 gram tepung terigu
    • 1 sendok makan baking powder
    • 1 butir telur
    • 3/4 sendok teh garam
    • 8 butir telur ayam ukuran kecil

    Persiapan Membuat Serabi Telur Ceplok yang Lembut dan Gurih:

    1. Cara penting pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan untuk membuat sajian kali ini. Cara ini akan penting untuk anda lakukan guna memudahkan anda membuat sajian kali ini dengan merata. Dengan menyimak langkah persiapan maka tentunya sajian kali ini akan dapat anda buat dengan mudah dan sederhana.
    2. Adapun persiapan yang pertama yang akan penting untuk anda lakukan adalah dengan menyiapkan tungku dan cetakan serabi. Cetakan serabi ini biasanya dibuat dari tanah liat dengan menggunakan cetakan ini maka sajian serabi akan berasa lebih nikmat dan enak. Namun bila anda kesulitan menemukan cetakan serabi yang tradisional maka anda bisa menggunakan cetakan kue dengan ukuran yang hampir mirip.
    3. Untuk tungku anda bisa membuatnya dari sekarang agar nantinya ketika adonan serabi sudah siap maka anda akan senantiasa dapat langsung menuangkan sajian serabi kedalam cetakan yang sudah dipanaskan.
    4. Kemudian setelah selesai maka kita siapkan beberapa bahan untuk sajian kali ini. Untuk santan pada resep, takaran diatas didapatkan dari sebanyak 1 butir kelapa yang diparut dan diperas dengan air yang sudah ditentukan dalam resep.
    5. Siapkan pula sebuah baskom untuk membuat sajian kali ini dan siapkan sebuah kocokan agar proses pembuatan hidangan ini lebih mudah dan sederhana dilakukan.
    6. Nah, setelah selesai dengan cara diatas maka langkah selanjutnya anda akan dapat membuat sajian kali ini.

    Cara Membuat Serabi Telur Ceplok yang Lembut dan Gurih:

    1. Untuk membuat sajian kali ini maka anda akan dapat mengawalinya dengan memanaskan cetakan serabi dari tanah liat dan berikan dengan parutan kelapa secara merata.
    2. Lalu kemudian aduk-aduk semua sajian ini sampai berminyak dengan merata. Cara ini dilakukan untuk melumati cetakan agar tidak lengket pada saat digunakan memasak adonan.
    3. Baru setelah itu, angkat sajian ini dan buang kelapanya lalu diamkan kembali dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 5 menit.
    4. Ambil sebuah panci dan panaskan diatas kompor dengan menggunakan api sedang. Lalu masukkan santan kedalamnya dan aduk sampai mendidih dengan merata.
    5. Ukur santan sebanyak 500 mil dan biarkan bahan ini menjadi lebih hangat secara merata pada suhu ruangan sebelum nantinya akan kita campur dengan sajian lainnya dengan merata.
    6. Kemudian setelah itu, anda akan dapat mengambil sebuah wadah dan masukkan tepung terigu kedalamnya bersama dengan garam dan juga telur. Lalu masukkan santan kedalamnya sedikit demi sedikit sampai tercampur dengan merata.
    7. Aduk dan keplok-keplok bahan ini selama 20 menit sampai tercampur dan teraduk dengan merata. Baru kemudian diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit agar lebih dingin.
    8. Baru masukkan baking powder kedalamnya dan aduk semua bahan ini dengan merata sampai tercampur dan baking powder larut bersama dengan bahan lainnya secara merata.
    9. Siapkan cetakan dan ambil adonan sebanyak satu sendok sayur. Lalu tuangkan dalam cetakan dengan menggunakan api yang besar. Lalu tutup dan biarkan matang hingga berlubang bagian tengahnya.
    10. Kecilkan api pada tungku dan buka bila sudah setengah matang. Ceplokan telur dibagian atasnya dengan merata. Kemudian tutup kembali dan biarkan sajian ini samapi matang denga merata.

    Nah, setelah matang maka tentu sajian ini akan dapat anda sajikan dan nikmati dengan sambal oncom yang enak dan sedap.

    Resep Membuat Serabi Hijau Kuah Kinca yang Enak dan Mantap

    Bahan-Bahan:

    • 500 ml santan
    • 50 ml air daun suji
    • 175 gram tepung terigu
    • 1 butir telur
    • 1/2 sendok teh garam
    • 1 sendok teh baking powder

    Bahan Saus Kinca:

    • 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
    • 1/4 sendok teh garam
    • 2 lembar daun pandan
    • 125 gram gula merah, sisir halus

    Persiapan Membuat Serabi Hijau Kuah Kinca yang Enak dan Mantap:

    1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan senantiasa dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana bila langkah persiapan ini diperhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan langkah persiapan berisikan dengan tata cara mengolah bahan-bahan yang ada pada resep sebelum sajian ini dicampurkan dengan bahan lainnya. Untuknyalah, karena pentingnya langkah ini maka anda bisa menyimak langkah persiapan dibawah ini.
    2. Persiapan pertama untuk membuat sajian ini dapat anda lakukan dengan terlebih dahulu memperhatikan santan. Untuk ukuran santan yang ada pada resep diatas didapatkan dari sebanyak setengah butir kelapa yang diparut sampai halus. Kemudian ditambahkan sebanyak 500 ml air.
    3. Lalu setelah itu, aduk-aduk dan pastikan air yang anda masukkan bersatu dengan kelapa dan berubah menjadi santan yang kental. Lalu masukkan dalam wadah dan saring dengan merata lalu sisihkan sementara.
    4. Selanjutnya anda akan dapat mengolah cairan suji. Dimana bahan ini didapatkan dari mengaluskan atau meramu sebanyak 25 lembar daun suji yang ditambah dengan 4 lembar daun pandan.
    5. Cuci bersih kedua bahan daun tersebut lalu masukkan dalam mesin blender dan haluskan dengan dicampur sebanyak 50 ml air. Setelah halus merata maka keluarkan bahan ini dan saring kemudian ambil bagian airnya saja secara merata.
    6. Bila sudah selesai maka lanjutkan cara ini dengan mengocok telur sampai lepas dengan merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.
    7. Nah, selesai dengan cara persiapan diatas maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyimak cara pembuatan dibawah ini.

    Cara Membuat Serabi Hijau Kuah Kinca yang Enak dan Mantap:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini kita akan dapat melakukannya dengan mudah yakni dengan memanaskan terlebih dahulu cetakan serabi dari tanah liat. Simpan cetakan ini diatas tungku atau kompor dan gunakan api yang sedang.
    2. Kemudian berikan dengan parutan kelapa dibagian atasnya dan aduk-aduk semua bahan ini sampai kelapa parut mengeluarkan minyak.
    3. Bila sudah selesai maka keluarkan kelapa tersebut dan sisihkan. Kini cetakan serabi sudah lebih berminyak dan dijamin tidak akan lengket ketika digunakan.
    4. Langkah selanjutnya adalah dengan merebus santan didalam sebuah panci dan masukkan kedalamnya santan bersama dengan sedikit garam. Lalu aduk-aduk sajian ini sampai mendidih dan merata.
    5. Angkat santan dan ukur sebanyak 450 ml lalu biarkan bahan ini menjadi lebih hangat secara merata pada suhu ruangan sehingga ketika dicampurkan nanti bahan ini sudah siap.
    6. Dalam wadah yang lain anda akan senantiasa dapat mencampurkan tepung terigu bersama dengan garam dan tambahkan dengan telur yang sudah dikocok sampai merata. Lalu perlahan masukkan santan kedalamnya sedkit demi sedikit dengan merata.
    7. Baru setelah itu, masukkan campuran air daun suji dan aduk dengan merata sampai dikocok dan dikeplok-keplok dengan pengocok.
    8. Lalukan pengadukan diatas kira-kira selama 20 menit sampai semua bahan tercampur dengan merata dan teraduk secara merata dengan bahan lainnya.
    9. Setelah itu, baru diamkan bahan ini selama 30 menit pada suhu ruangan agar adonan lebih dingin dan tercampur dengan merata.
    10. Kemudian setelah itu, masukkan baking powder kedalamnya dan aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur dan merata bersama dengan bahan-bahan lainnya.
    11. Masukkan adonan kedalam cetaka sebanyak satu sendok sayur dengan merata. Lalu biarkan bahan ini berlubang bagian tengahnya. Lalu tutup dan masak sampai matang.
    12. Angkat dan sisihkan. Kemudian ulangi cara yang sama pada adonan yang masih ada dan masak sampai matang.
    13. Untuk membuat adonan kuah kinca kali ini anda akan dapat melakukanya dengan menyiapkan sebuah panci diatas kompor dan nyalakan api yang sedang.
    14. Masukkan kedalamnya gula merah bersama dengan santan dan tambahkan garam kemudian masukkan pandan kedalamnya. Lalu aduk sampai mendidih dan gula merah menjadi lebih tercampur dan larut secara merata.

    Nah, setelah matang maka tata serabi diatas wadah atau piring saji. Lalu kucuri bagian atasnya dengan kuah kinca yang sudah anda masak sebelumnya. Selanjutnya hidangan ini akan siap dinikmati.

    Resep Serabi Gulung Solo yang Enak dan Lembut

    Bahan-Bahan:

    • 1/2 sendok teh garam
    • 225 gram tepung beras
    • 75 gram gula pasir
    • 1/2 sendok teh ragi instan
    • 1 lembar daun pandan disimpulkan
    • 1 butir telur
    • 600 ml santan dari 1 butir kelapa
    • 1/2 sendok teh garam

    Bahan Isian Serabi:

    • 100 gram kelapa muda

    Bahan Areh:

    • 100 ml santan dari 1 butir kelapa
    • 4 lembar daun pandan
    • 1/4 sendok teh garam

    Persiapan Membuat Serabi Gulung Solo yang Enak dan Lembut:

    1. Untuk persiapan kali ini anda akan dapat melakukanya dengan terlebih dahulu mengeruk kelapa muda untuk isian serabi kita. Silahkan keruk sajian ini dengan merata dan masukkan dalam wadah untuk kemudian nantinya bahan ini akan kita masukkan sebagai filling dari serabi solo kali ini.
    2. Sementara itu, untuk cetakan serabi kali ini anda akan dapat menggunakan cetakan besi dan sisihkan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Lalu sisihkan.
    3. Kemudian simpulkan daun pandan dan jangan lupa sebelumnya bersihkan dahulu bahan ini dengan menggunakan air yang bersih.

    Cara Membuat Serabi Gulung Solo yang Enak dan Lembut:

    1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara merebus santan didalam sebuah panci. Lalu masukkan kedalamnya garam bersama dengan daun pandan dan aduk semua bahan ini secara merata sampai mendidih dan tercampur.
    2. Angkat santan dan dinginkan sementaa pada suhu ruangan. Lalu tuangkan bahan ini sebayak 150 ml kedlam campuran tepung beras.
    3. Lalu masukkan kedalamnya ragi instan bersama dengan ragi biasa. Lalu uleni semua bahan ini secara merata sampai tercampur.
    4. Kemudian setelah itu, anda akan senantiasa mengeplok adonan sampai tercampur dan masukkan sisa santan kedalamnya. Lalu keplok lagi selama 20 menit sampai semua bahan ini tercampur dengan merata.
    5. Kemudian sisihkan adonan selama 1 jam agar semua bahan ini tercampur dan beristirahat sejenak sebelum kita masak dan campurkan dengan bahan lainnya.
    6. Selagi menunggu anda akan dapat membuat arehnya. Caranya adalah dengan rebusa sangan dalam wadah dan campurkan daun pandan bersama dengan garam dan aduk dengan mengental.
    7. Angkat sajian ini dan sisihkan. Lalu panaskan wajan besi dan masukkan adonan kedalamnya.
    8. Tekan adonan dibagian tengahnya secara merata dengan bagian bawah sendok satur anda. Sambil egrakan ke arah pinggir hingga adonan menjadi lebih melebar.
    9. Masak dan diamkan adonan berlubang kemudian masukkan isian diatasnya dengan merata. Kemudian tutup dan masak sampai matang.
    10. Baru anda akan dapat mengoleskan areh dan tutup kembali lalu masak bahan ini sampai meresap dan matang. Lalu angkat.

    Letakkan diatas daun pisang dan gulung dengan daun pisangnya. Lalu lapisan luar bisa anda gulung dengan plastik.

    Loading...

    Baca Juga