Aneka Resep Sate Kerang dengan Olahan Bumbu yang Variatif

Resep Membuat Sate Kerang Bumbu Pedas Manis yang Dijamin Nikmat

Aneka Resep Sate Kerang dengan Olahan Bumbu yang Variatif

Nama Resep

Resep Membuat Sate Kerang Bumbu Pedas Manis yang Dijamin Nikmat

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 15 menit
Memasak : 10 menit
Total : 25 Menit

Bahan-Bahan:

  • 300 gram kerang dara
  • 400 ml air kelapa
  • 2 batang serai, ambil putihnya, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3/4 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok makan kecap manis
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 1/2 sendok teh gula merah
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 17 buah tusuk sate

Bumbu Sate yang Dihaluskan:

  • 6 butir bawang merah
  • 1 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 2 siung bawang putih 
  • 1 cm kunyit, bakar
  • 1 cm jahe

Persiapan Membuat Sate Kerang Bumbu Pedas Manis yang Dijamin Nikmat:

  1. Cara yang pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat hdiangan kali ini sebenarnya cukup mudah. Yakni cukup memastikan bahwa semua peralatan dan bahan-bahan yang ada pada resep dibersihkan secara merata. Untuk itu, maka pastikan bila peralatan yang anda butuhkan dipersiapkan dengan baik.
  2. Setelah persiapan peralatan dilakukan secara keseluruhan, langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan kerang yang sudah anda beli dan masukkan kedalam wadah.
  3. Bila anda menggunakan kerang yang belum dikupas dari cangkangnya maka silahkan bersihkan kerang dengan menggunakan air bersih secara merata.
  4. Masukkan kerang kedalam baskom dan aduk-aduk secara merata untuk selanjutnya tiriskan air cuciannya secara merata.
  5. Masukkan kerang kedalam rebusan atau sebuah panci yang berisikan dengan air. Kemudian tuangkan sedikit garam kedalamnya.
  6. Masak sajian diatas sampai matang dan mendidih sampai kulit kerang terbuka dan memiliki sedikit celah.
  7. Bila sudah matang dan celah pada kerang sudah terbuka maka anda akan dapat mematikan api dan mengangkat kerang kedalam sebuah wadah.
  8. Setelah hangat silahkan kupas dan pisahkan kerang dari cangkangnya. Lalu masukkan daging kerang kedalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan hidangan ini bersama dengan bumbu lainnya secara merata.

Cara Membuat Sate Kerang Bumbu Pedas Manis yang Dijamin Nikmat:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat dengan mudah melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wajan diatas sebuah kompor dan gunakan api yang sedang. Tunggu sampai wajan menjadi lebih panas sceara merata.
  2. Kemudian setelah itu, tuangkan minyak goreng kedalamnya dan lagi tunggu sampai minyak menjadi lebih panas dan matang merata.
  3. Baru setelah itu, masukkan bumbu yang sudah anda haluskan dari resep. Kemudian tambahkan pula kedalamnya serai bersama dengan salam dan juga daun jeruk.
  4. Aduk-aduk semua bumbu yang anda tumis sampai harum dan masak sajian ini hingga matang secara merata dan bumbu yang ditumis menjadi lebih layu secara merata.
  5. Baru setelah itu, masukkan kerang dara yang sudah dikupas dan aduk-aduk semua sajian ini hingga tercampur dan merata.
  6. Tuangkan kecap manis kedalamnya bersama dengan garam dan juga gula merah. Aduk-aduk kembali hingga semua sajian ini tercampur dan teraduk.
  7. Tuangkan air kelapa kedalamnya dan masak hidangan ini dengan menggunakan api nyang kecil hingga matang dan meresap kedalam daging kerang yang sedang anda masak.
  8. Setelah meresap angkat hidangan ini dan tunggu sampai agak hangat. Baru setelah itu, ambil tusukan sate dan anda akan dapat menusuk sajian daging kerang dengan menggunakan tusukan sesuai dengan jumlah yang anda inginkan per tusukannya.

Nah, setelah jadi kini anda akan dapat menyajikan  hidangan ini dalam piring saji dan mempermudah santap kerang dalam menu spesial kali ini.

Resep Membuat Sate Kerang Bumbu Manis yang Mudah dalam Beberapa Langkah

Aneka Resep Sate Kerang dengan Olahan Bumbu yang Variatif

Nama Resep

Resep Membuat Sate Kerang Bumbu Manis yang Mudah dalam Beberapa Langkah

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 15 menit
Memasak : 10 menit
Total : 25 Menit

Bahan-Bahan:

  • 500 gram kerang dara
  • 25 buah tusuk sate
  • 150 ml air
  • 2 sendok makan kecap manis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 3 buah cabai merah
  • 2 cm kunyit
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 25 gram gula merah
  • 1 sendok teh garam

Persiapan Membuat Sate Kerang Bumbu Manis yang Mudah dalam Beberapa Langkah:

  1. Untuk langkah pertama yang akan dapat anda lakukan dalam membuat hidangan kali ini adalah dengan mempersiapkan kerang dara yang masih mentah berikut dengan cangkangnya. Tentunya sebelum dimasak dan dicampurkan bersama dengan bahan-bahan lainnya. Sajian ini perlu dimasak sehingga akan lebih mudah untuk anda mendapatkan daging kerang yang ada didalamnya.
  2. Untuk itu, silahkan masukkan kerang kedalam sebuah wadah dan bersihkan di tempat cucian. Anda bisa menggosok atau mengaduk kerang dengan kedua tangan pada saat membersihkannya di tempat cucian.
  3. Pastikan untuk mengayak kerang untuk membersihkan lendir atau kotoran yang mungkin masih ada pada kerang.
  4. Nah, setelah kerang dibersihkan secara merata maka silahkan masukkan kerang kedalam wadah dan tiriskan sementara air cuciannya sampai kering.
  5. Setelah itu, siapkan sebuah panci dan masukkan air kedalamnya. Untuk selanjutnya anda akan dapat memasukkan kerang kedalamnya dan berikan taburan garam dan kucuran air jeruk nipis.
  6. Masak sajian diatas sampai matang dan mendidih hingga cangkang kerang terbuka sedikit bagian yang mana ini menandakan sajian kerang sudah matang dan anda akan dapat mengangkatnya dan mematikan kompor.
  7. Masukkan kerang kedalam sebuah wadah atau saringan dan tiriskan airnya secara merata. Kemudian setelah itu, silahkan buka cangkang kerang dan masukkkan dagingnya kedalam wadah. Lakukan hal ini sampai semua bagian kerang dipisahkan dagingnya.
  8. Bila sudah selesai anda akan dapat melanjutkan untuk membuat hidangan ini dan memasaknya bersama dengan bumbu-bumbu lainnya.

Cara Membuat Sate Kerang Bumbu Manis yang Mudah dalam Beberapa Langkah:

  1. Untuk memasak sajian ini anda akan dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dan tunggu sampai wajan menjadi lebih panas. Gunakan api yang sedang untuk memasak dan memanaskan wajan.
  2. Kemudian masukkan minyak kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  3. Baru setelah itu, anda akan dapat menuangkan bumbu halus kedalamnya dan tumis sajian ini sampai harum dan merata.
  4. Kemudian setelah bumbu harum anda akan dapat menuangkan kecap kedalamnya dan masukkan pula kerang. Aduk-aduk secara merata hidangan ini sampai tercampur merata.
  5. Baru setelah itu masukkan air kedalamnya dan rebus sampai bumbu meresap kedalamnya dengan merata. Kemudian aduk-aduk kembali.
  6. Setelah bumbu meresap anda akan dapat mematikan kompor dan masukkan kerang kedalam wadah. Tunggu sampai kerang menjadi lebih hangat untuk memudahkank anda menusuknya.
  7. Ambil tusukan sate dan anda akan dapat memulai untuk menusuk sate satu demi satu secara merata. Untuk jumlah per tusukan anda sendiri akan dapat menyesuaikannya dengan selera anda.

Bila sudah matang silahkan hidangkan sajian ini kedalam wadah dan nikmati bersama dengan sepiring nasi hangat yang lezat.

Resep Membuat Sate Kerang hijau dengan Bumbu Serai

Aneka Resep Sate Kerang dengan Olahan Bumbu yang Variatif

Nama Resep

Resep Membuat Sate Kerang hijau dengan Bumbu Serai

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 25 menit
Memasak : 10 menit
Total : 35 Menit

Bahan-Bahan:

  • 350 gram kerang hijau
  • 2 lembar daun salam
  • 3 batang serai, diiris miring
  • 1 buah jeruk nipis, diambil airnya
  • 1 sendok teh garam
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 300 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 3 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 1 cm kunyit, dibakar

Persiapan Membuat Sate Kerang hijau dengan Bumbu Serai:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu membersihkan kerang hijau yang sudah anda persiapkan. Hal ini akan penting untuk dilakukan sebab kita sendiri tidak bisa selalu menjamin bahwa hidangan kerang yang dibeli dalam keadaan bersih.
  2. Kemudian setelah itu, bawa ke tempat cucian dan bersihkan dengan menggunakan kucuran air. Dan aduk-aduk atau ayak-ayak sampai lendir pada kerang dibersihkan secara merata.
  3. Bila sudah bersih secara merata anda akan dapat mengangkat dan memasukkan hidangan ini kedalam wadah atau baskom. Kemudian tiriskan terlebih dahulu air cuciannya secara merata.
  4. Lalu setelah itu, siapkan sebuah panci dan masukkan air kedalamnya. Kemudian rebus diatas api yang sedang dan masukkan kerang kedalamnya. Lalu taburi dengan menggunakan garam dan berikan dengan kucuran air jeruk nipis. Rebus sampai cangkang kerang terbuka dan bercelah.
  5. Bila sudah bercelah ini artinya kerang sudah matang dan anda akan dapat mengangkat sajian ini dari rebusan. Kemudian matikkan api dan masukkan kerang kedalam wadah atau kedalam sariangan.
  6. Buang air cuciannya dan blah kerang untuk selanjutnya ambil bagian dagingnya saja secara merata dan untuk cangkangnya anda akan dapat membuangnya dan menyisihkannya.
  7. Nah, setelah selesai dengan membuka kerang maka selanjutnya anda akan dapat mencampur dan memasak sajian ini bersama dengan bahan dan bumbu lainnya.

Cara Membuat Sate Kerang hijau dengan Bumbu Serai:

  1. Untuk membuat hidangan ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mempersiapkan sebuah wajan dan tempatkan diatas kompor.
  2. Nyalakan api yang sedang pada kompor dan tunggu sampai wajan menjadi lebih panas secara merata. Baru setelah itu, masukkan minyak goreng kedalamnya sedikit saja untuk menumis.
  3. Bila minyak sudah panas maka anda akan dapat memasukkan bumbu halus kedalamnya dan masukkan pula daun salam bersama dengan lengkuas dan salam. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur.
  4. Kemudian setelah itu, masukkan pula kerang hijau kedalamnya dan masak sampai bumbu meresap dan merata kedalam sajian kerang yang anda masak kali ini.
  5. Selanjutnya silahkan masukkan santan bersama dengan gula pasir dan garam. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur dan teraduk. Masak sajian ini sampai mengental dan merata.
  6. Bila sudah matang maka angkat sajian ini dan masukkan kedalam wadah. Untuk selanjutnya tunggu sementara sampai hidangan ini menjadi lebih hangat.
  7. Baru setelah maka ambil tusukan sate dan tusuk-tusuk dengan menggunakan tusuk sate hidangan kerang yang sudah anda masak sebelumnya.

Setelah matang maka anda akan dapat menyajikan hidangan ini didalam piring dan taburi dengan potongan cabai untuk memberikan tampilan yang lebih cantik pada hidangan masakan yang anda buat kali ini.

Resep Membuat Sate Kerang Goreng yang Renyah dan Kriuk

Aneka Resep Sate Kerang dengan Olahan Bumbu yang Variatif

Nama Resep

Resep Membuat Sate Kerang Goreng yang Renyah dan Kriuk

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 25 menit
Memasak : 10 menit
Total : 35 Menit

Bahan-Bahan:

  • 500 gram kerang hijau
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 100 gram tepung terigu untuk pelapis

Bahan Pencelup Kerang:

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1 sendok teh seledri, cincang halus, peras
  • 25 gram tepung maizena
  • 150 ml air es
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 sendok makan minyak goreng Sate Kerang Goreng

Persiapan Membuat Sate Kerang Goreng yang Renyah dan Kriuk:

  1. Cara pertama yang akan kita lakukan untuk membaut resep kali ini adalah dengan membersihkan kerang hijau yang masih memiliki cangkang. Untuk itu, silahkan masukkan kerang kedalam sebuah wadah atau baskom dan bawa ke tempat cucian.
  2. Ditempat cucian silahkan bersihkan sajian ini dengan menggunakan air. Lalu aduk-aduk dan gosok-gosok sajian ini secara merata dengan menggunakan tangan. Cara ini dilakukan untuk membersihkan lendir yang masih menempel pada cangkang kerang.
  3. Nah, setelah kerang dibersihkan secara merata maka masukkan kerang kedalam wadah dan sisihkan sementara untuk kemudian tiriskan pula air cuciannya.
  4. Baru siapkan sebuah panci dan masukkan secukupnya air kedalamnya. Panaskan air sampai mendidih dan meletup-letup secara merata. Kemudian setelah itu, rebus kerang hijau kedalamnya bersama dengan sejumput garam dan sedikit kucuran jeruk nipis ditambah jaeh yang digeprek.
  5. Masak dan rebus sampai matang hingga kerang becelah dan bagian cangkang terbuka sedikit. Kemudian setelah matang maka anda akan dapat mengangkatnya dari rebusan.
  6. Nah, setelah matang masukkan dalam wadah atau saringan dan buang airnya. Untuk kemudian anda akan dapat membelah cangkang kerang dan ambil bagian dagingnya.
  7. Kemudian pisahkan daging kerang dalam sebuah wadah dan sisihkan sementara sebab kini anda akan dapat membuat hidangan kerang dengan olahan bumbu yang anda siapkan kali ini.

Cara Membuat Sate Kerang Goreng yang Renyah dan Kriuk:

  1. Untuk membuat sajian kali ini, silahkan lumuri kerang yang sudah direbus dengan menggunakan air jeruk secara merata dan berikan pula taburan garam. Aduk-aduk semua sajian ini dan diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai tercampur merata.
  2. Ambil sebuah tusukan sate dan tusuk kerang beberapa biji dalam satu tusukan. Kemudian lakukan hal yang sama pada kerang yang masih tersisa.
  3. Setelah itu, maka silahkan masukkan kerang kedalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan hidangan ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  4. Siapkan semua bahan pencelup yang sudah anda siapkan. Kemudian gulingkan sate kerang diatas tepung terigu sampai seluruh bagian sate terbaluti dengan menggunakan tepung secara merata.
  5. Baru setelah itu, aduk semua bahan pencelup secara merata sampai tercampur dan teraduk.
  6. Kemudian celupkan kerang kedalam bahan pendelup secara merata dan lakukan hal yang sama pada sisa kerang yang masih ada.
  7. Baru setelah itu, siapkan sebuah wajan dan panaskan diatas kompor. Kemudian masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  8. Setelah panas, baru masukkan kerang yang sudah anda celupkan kedalam minyak panas dan goreng sampai kering serta matang secara merata.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan dapat menikmati sajian ini bersama dengan sepiring nasi hangat yang lezat dan enak.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons