Aneka Resep Sajian Tempe yang Sedap Untuk Sajian yang Lebih Sehat

    Sajikan lezat dan nikmatnya hidangan tempe di rumah anda sebagai menu yang nikmat. Tempe memang menjadi salah satu hidangan yang umum dan menjadi makanan yang tidak asing untuk orang Indonesia. Hanya saja, untuk anda yang seringkali kebingungan mengolah tempe menjadi sajian yang variatif. Maka tak perlu khawatir dibawah ini kami sajikan untuk anda resep sajian tempe yang sedap untuk sajian yang lebih sehat di rumah.

    Resep Tempe Goreng Krispi Bumbu Ketumbar yang Enak dan Sedap

    Bahan-Bahan:

    • 200 gram tempe

    Bahan Larutan Tepung:

    • 1 3/4 sendok teh garam
    • 1 sendok makan tepung sagu
    • 100 gram tepung terigu protein sedang
    • 2 batang daun bawang kecil, diiris tipis
    • 1/2 sendok teh merica bubuk
    • 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
    • 250 ml air es
    • 2 sendok teh ketumbar bubuk

    Bahan Pelapis:

    • 1/2 sendok teh garam
    • 50 gram tepung terigu protein sedang

    Persiapan Membuat Tempe Goreng Krispi Bumbu Ketumbar yang Enak dan Sedap:

    1. Untuk cara pertama membuat sajian kali ini cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu untuk mempersiapkan semua bahan yang ada pada resep secara merata dan pastikan tidak ada bahan yang anda lewatkan.
    2. Cara diatas akan penting dilakukan guna memudahkan anda membuat sajian kali ini. Untuk itu, cek kembali bila mungkin anda melewatkan beberapa bahan yang ada pada resep.
    3. Kemudian cara selanjutnya adalah dengan mempersiapkan tempe sebagai bahan pertama dan utama dari sajian kali ini. Silahkan kupas tempe dari kemasannya.
    4. Lalu siapkan sebuah tatakan dan ambil sebuah pisau. Nantinya kedua alat ini akan anda gunakan untuk mempersiapkan tempe.
    5. Potong tempe dengan bentuk kotak secara merata. Kira-kira dengan ukuran 2x2 cm secara merata lalu iris dengan merata dan sisihkan dalam sebuah wadah sebelum anda mencampurkan hidangan ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.
    6. Selanjutnya adalah dengan menyiapkan bahan pelapis dalam sebuah wadah. Cara ini akan memudahkan anda untuk mencampurkan bahan ini atau melapiskannya bersama dengan tempe yang anda buat nantinya.

    Cara Membuat Tempe Goreng Krispi Bumbu Ketumbar yang Enak dan Sedap:

    1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu memastikan bahan larutan tepung dicampurkan dalam sebuah wadah secara merata.
    2. Caranya adalah dengan masukkan semua bahan larutan dalam satu wadah yang sama secara merata.
    3. Lalu dengan menggunakan sendok sayur atau pengocok campurkan semua bahan ini secara merata. Pastikan tidak ada tepung yang masih menggumpal.
    4. Setelah itu, gulingkan tempe diatas bahan pelapis secara merata. Gulingkan cukup dengan menggunakan tangan secara merata. Lalu sisihkan sebelum anda memasak sajian ini dengan bahan-bahan lainnya.
    5. Bila sudah selesai dengan bahan diatas maka silahkan siapkan sebuah wajan dan panaskan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang.
    6. Baru kemudian setelah itu, tunggu sampai panas. Setelah panas maka silahkan masukkan minyak kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih matang secara merata.
    7. Kemudian sebelum menggoreng tempe silahkan masukkan tempe kedalam bahan pencelup secara merata.
    8. Stelah itu, goreng didalam minyak panas dengan menggunakan api yang sedang sampai matang dan berwarna kecoklatan.

    Nah, setelah matang maka angkat sajian ini untuk kemudian anda akan senantiasa memasukkan sajian ini kedalam sebuah wadah dan tiriskan terlebih dahulu minyaknya sebelum anda menyajikan hidangan ini.

    Resep Membuat Tempe Goreng Lengkuas yang Renyah dan Enak

    Bahan-Bahan:

    • 1 papan (250 gram) tempe
    • 2 lembar daun jeruk, buang
    • 50 gram lengkuas
    • 400 ml air
    • 1 sendok teh gula
    • tulangnya, diiris tipis
    • 1 sendok teh garam
    • 500 gram minyak untuk menggoreng

    Bumbu yang Dihaluskan:

    • 5 butir bawang merah
    • 2 butir kemiri
    • 2 cm kunyit
    • 2 siung bawang putih
    • 1/2 sendok teh ketumbar sangrai

    Persiapan Membuat Tempe Goreng Lengkuas yang Renyah dan Enak:

    1. Untuk membuat sajian kali ini caranya cukup mudah anda hanya perlu memastikan bahwa bahan-bahan yang disebutkan diatas sudah dipersiapkan secara merata. Hal ini akan penting guna memudahkan anda membuat sajian kali ini. Untuk itu, melihat cukup pentingnya langkah diatas maka jangan lewatkan untuk mempersiapkan semua bahan yang ada pada resep.
    2. Kemudian setelah itu, siapkan pula sebuah pisau, sebuah tatakan dan sebuah wadah. Peralatan ini akan memudahkan anda untuk membuat sajian tempe kali ini.
    3. Langkah selanjutnya adalah dengan memotong atau mengiris tempe kira-kira dengan tebal 1 cm. Lakukan hal yang sama pada semua tempe yang masih tersisa.
    4. Lalu setelah itu, masukkan tempe kedalam sebuah wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan hidangan ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.
    5. Selanjutnya adalah dengan menyiapkan sebuah wadah dan ambil sebuah parutan kecil. Anda bisa menggunakan parutan keju untuk memudahkan anda.
    6. Kemudian parut lengkuas yang sudah anda siapkan. Hanya saja, pastikan anda membersihkannya secara merata sebelum anda menghaluskan sajian ini dengan menggunakan parutan.
    7. Setelah semua langkah diatas selesai dilakukan maka selanjutnya anda akan senantiasa menyisihkan lengkuas sebab nantinya bahan ini akan dicampurkan menjadi satu bagian.

    Cara Membuat Tempe Goreng Lengkuas yang Renyah dan Enak:

    1. Untuk membuat hidangan ini cukup mudah dan sederhana anda hanya perlu menyiapkan sebuah panci dan tempatkan diatas kompor.
    2. Lalu masukkan air kedalamnya dan kemudian masukkan bumbu halus yang sudah disiapkan kedalamnya.
    3. Tuangkan pula lengkuas kedalamnya bersama dengan daun salam, daun jeruk, gula dan juga bumbui dengan menggunakan garam.
    4. Masak semua bahan diatas secara merata sampai tercampur dan matang secara merata.
    5. Baru setelah itu, masukan tempe yang sebelumnya sudah dipotong-potong secara merata. Kemudian rebus sajian ini diatas api yang kecil sampai bumbu meresap kedalamnya secara merata dan kuah rebusan hampir habis.
    6. Siapkan wajan dan tempatkan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Setelah itu, tunggu sampai panas secara merata.
    7. Baru setelah itu, goreng hidangan ini kedalamnya sampai matang dan kering secara merata.

    Nah, setelah tempe matang anda akan dapat mengangkatnya dengan menggunakan serokan secara merata. Lalu tiriskan terlebih dahulu minyaknya secara merata. Baru setelah itu, anda akan dapat menyajikan hidangan ini dalam wadah secara merata dan nikmati sajian ini selagi masih hangat bersama degan nasi hangat.

    Resep Membuat Tempe Penyet Sambal Petai Cabai Hijau yang Sedap

    Bahan-Bahan:

    • 8 buah tempe segitiga
    • 8 mata petai
    • 2 tangkai kemangi

    Bahan Sambal:

    • 3 siung bawang putih, digoreng
    • 1 buah tomat merah, dipotong 2 bagian, digoreng
    • 20 buah cabai hijau keriting
    • digoreng
    • 8 butir bawang merah, digoreng
    • 1/2 sendok teh gula pasir
    • 1 potong terasi, digoreng
    • 1/2 sendok teh garam

    Persiapan Membuat Tempe Penyet Sambal Petai Cabai Hijau yang Sedap:

    1. Cara pertama yang akan senantiasa dapat anda lakukan untuk cara kali ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan-bahan yang ada pada resep. Langkah ini menjadi cara yang penting untuk memudahkan anda membuat sajian kali ini.
    2. Untuk itu, guna memudahkan anda membuat sajian kali ini maka pastikan anda mempersiapkan semua bahan yang ada pada resep.
    3. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan utama untuk masakan kali ini. Bahan tersebut adalah tempe, untuk bahan ini silahkan anda potong dengan bentuk segitiga dan kerat-kerat sajian ini dengan menggunakan pisau secara merata.
    4. Lalu kemudian siapkan pembakaran dan panggang tempe kedalamnya sampai tercium bau harum yang enak dan lezat.
    5. Bila sudah selesai maka keluarkan tempe dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan hidangan ini dengan bahan-bahan lainnya.
    6. Selanjutnya adalah dengan mempersiapkan petainya. Kupas kulit petai dengan menggunakan pisau secara merata.
    7. Kemudian setelah itu, iris halus petai secara merata dan sisihkan sebelum anda mencampurkan hidangan ini bersama dengan tempe yang dimasak.
    8. Selanjutnya adalah dengan memetiki daun kemangi dan sisihkan dalam sebuah wadah dimana sajian ini akan kita jadikan sebagai bahan taburan untuk hidangan kali ini.

    Cara Membuat Tempe Penyet Sambal Petai Cabai Hijau yang Sedap:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan senantiasa dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wajan dan letakkan wajan diatas kompor.
    2. Kemudian setelah itu, masukkan minyak goreng kedalamnya sedikit saja dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
    3. Kemudian tumis sajian petai kedalamnya secara merata sampai layu. Aduk-aduk lalu angkat sajian ini dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan hidangan ini dengan bahan-bahan lainnya.
    4. Selanjutnya silahkan siapkan sebuah ulekan dan masukkan kedalam cobek beberapa bahan seperti bawang putih, bawang merah, cabai keriting bersama dengan cabai rawit merah.
    5. Campurkan pula kemiri kedalamnya bersama dengan terasi dan bumbui dengan menggunakan garam bersama dengan gula merah. Ulek semua sajian ini sampai halus dan tercium enak secara merata.
    6. Lalu tuangkan tomat kedalamnya. Ulek kembali semua sajian ini secara merata. Baru setelah itu masukkan petai yang sudah ditumis kedalamnya secara merata. Ulek dengan menyebar secara merata.
    7. Masukkan kemangi diatas cobek untuk kemudian ulek dengan asal saja sampai sajian ini tertumbuk dengan kasar.
    8. Letakkan tempe diatas sambal yang sudah anda buat sebelumnya. Lalu tekan-tekan tempe dengan menggunakan ulekan sampai agak memar secara merata.

    Nah setelah selesai maka anda akan dapat menghidangkan sajian ini diatas meja berikut dengan ulekannya. Tata dengan cantik dan hidangan ini akan dapat anda jadikan sebagai sajian menu keluarga yang enak dan lezat. Apalagi disantap bersama dengan sepiring nasi hangat tentu saja akan menjadi sajian yang lezat untuk disantap untuk itu maka jangan lupakan untuk menyantap hidangan ini bersama dengan keluarga karena makan bersama akan tentu lebih terasa nikmat daripada makan seorang diri.

    Resep Membuat Pecak Tempe Sajian Khas yang Lezat

    Bahan-Bahan:

    • 350 gram tempe
    • 500 ml santan

    Bahan dan Bumbu yang Dihaluskan:

    • 2 buah cabai merah
    • 1/2 sendok teh terasi
    • 5 cm kencur
    • 3 siung bawang putih
    • 1/2 sendok teh gula pasir
    • 1 sendok teh garam
    • 4 lembar daun jeruk

    Persiapan Membuat Pecak Tempe Sajian Khas yang Lezat:

    1. Untuk membuat sajian kali ini persiapan yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu memastikan bahwa anda sudah mempersiapkan semua peralatan dan bahan-bahan yang ada pada resep. Sebab dengan begini nantinya anda akan dapat dengan mudah mengolah sajian ini.
    2. Mengingat pentingnya langkah diatas maka jangan lupakan untuk mempersiapkan peralatan dan bahan-bahan yang kami sebutkan diatas.
    3. Untuk langkah selanjutnya adalah menyiap[kan santannya. Untuk takaran santan diatas, ukuran tersebut didapatkan dari setengah butir kelapa yang sudah anda parut.
    4. Siapkan santan dalam sebuah wadah sebelum anda mencampurkan hidangan ini dengan bahan-bahan ini.
    5. Selesai dengan langkah diatas maka selanjutnya anda akan senantiasa dapat mempersiapkan tempenya. Ambil pisau dan sebuah tatakan guna memudahkan anda memotong atau mengiris tempe.
    6. Selanjutnya silahkan potong kotak-kotak tempe yang sudah disiapkan kira-kira dengan ketebalan 4x8 cm. Dan tebalnya 1 setengah cm. Atau mungkin anda akan dapat memotongnya dengan ukuran yang anda inginkan.
    7. Hanya saja, pada saat anda memotong tempe dengan ukuran yang anda inginkan jangan memotongnya terlalu tipis atau terlalu kecil. Sebab mungkin tempe akan dapat hancur pada saat digoreng atau dimasak.
    8. Selesai dengan mempersiapkan tempe maka langkah selanjutnya adalah dengan membakar tempe diatas wajan datar anti lengket.
    9. Pada saat membakar tempe anda tidak perlu menggunakan margarin atau minyak. Cukup tempatkan diatas wajan dengan menggunakan api yang sedang.
    10. Bulak-balik tempe bila sudah cukup matang secara merata. Lalu angkat dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan hidangan ini dengan bahan-bahan lainnya.

    Cara Membuat Pecak Tempe Sajian Khas yang Lezat:

    1. Untuk membuat hidangan ini anda akan senantiasa dapat melakukannya dengan cara menyiapkan sebuah panci diatas kompor dan gunakan api yang sedang.
    2. Kemudian masukkan air secukupnya saja kedalam panci tersebut. Baru ikuti dengan memasukan bumbu halus kedalamnya sambil diaduk-aduk secara merata.
    3. Rebus bumbu kedalamnya sampai mendidih secara merata sambil terus diaduk agar bumbu tercampur.
    4. Kemudian setelah itu, sialhakn masukkan santan kedalamnya dan aduk-aduk kembali hingga santan mendidih secara merata.
    5. Nah, setelah mendidih anda akan senantiasa dapat memasukkan tempe kedalamnya lalu aduk-aduk secara merata.
    6. Baru masak dengan menggunakan api yang sedang hingga matang dan bumbu meresap kedalam tempe dengan merata.

    Bila sudah matang maka silahkan angkat sajian ini dan hidangkan dalam sebuah wadah. Untuk kemudian anda akan dapat menikmati sajian ini selagi masih hangat. Bila anda penyuka sajian pedas maka anda bisa menuangkan sambal kedalamnya. Atau mungkin potongan cabai yang segar.

    Loading...