Aneka Resep Praktis Sajian Sedap Nasi Goreng Thailand Khao Pat Kung yang Paling Mantap dan Nikmat

Jika anda pernah berkunjung ke Thailand, pasti anda pernah mendengar sebuah olahan dari beras atau nasi bernama Khao Phat.

Khao Phat ini merupakan sebuah olehan atau makanan berbahan utama nasi dengan berbagai jenis isian menarik dan tentunya menambah kelezatan olahan bernama Khao Phat ini. Jika dilihats secara sepintas, Khao Phat ini cukup mirip dengan olehan nasi goreng ala Indonesia, yang juga memiliki cita rasa tak kalah lezatnya dan bisa dipadukan degan berbagai macam isian menarik, hanya saja yang berbeda adalah dari segi pengolahan bumbu maupun bahan. Jika biasanya nsai goreng akan menggunakan beras atau nasi biasa maka Khao Phat ini menggunakan nasi melati yang khas, disamping itu juga dari segi bumbu Khao Pat lebih banyak menggunakan beragam jenis kecap sebagai perasa makanan.

Berikut ini kami coba sajikan sebuah menu Khao Pat bernama Khao Pat Kung. Khao Pat Kung ini adalah nasi goreng khas Thailand dengan udang sebagai bahan isiannya. Berikut resepnya, selamat mencoba dan semoga berhasil.

44 kao pad kung

Nama Resep

Aneka Resep Praktis Sajian Sedap Nasi Goreng Thailand Khao Pat Kung yang Paling Mantap dan Nikmat
4.9 80

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

3 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Nasi Goreng Thailand Khao Pat Kung yang Paling Mantap dan Nikmat

Bahan Utama

  • 500 gram nasi melati putih
  • 150 gram udang jerbung yang sudah dikupas bagian kulitnya
  • 1 buah bawang bombay, cincang
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 buah cabai merah besar, buang terlebih bijinya kemudian anda potong
  • 2 buah cabai rawit, potong serong kecil-kecil
  • 1 sendok teh kari bubuk
  • 2 sendok teh kecap ikan
  • 1 sendok teh kecap asin atau soy sauce
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 sendok makan minyak
  • 2 tangkai daun ketumbar sebagai garnish

Cara dan Langkah Untuk Membuat Nasi Goreng Thailand Khao Pat Kung yang Paling Mantap dan Nikmat

Cara Membuat Khao Pat Kung

  1. Siapkan terlebih wajan dan minyak kemudian anda panaskan dengan menggunakan api sedang.
  2. Masukan bawang bombay dan putih kemudian anda tumis hingga tercium wangi harum tumisan. Setelah tercium wangi tersebut anda kemudian masukan cabai merah dan cabai rawit ke dalam wajan. Lalu aduk hingga semuanya merata.
  3. Setelah itu baru anda tambahkan udang, masak udang tersebut hingga berubah warna dan bersatu dengan bahan lainnya.
  4. Masukkan nasi putih secara perlahan dalam maskan anda, jangan lupa tambahkan beberapa perasa makanan seperti kari bubuk, kecap ikan, soy sauce, garam, dan gula pasir. Masak dan terus aduk semua bahan hingga semuanya merata.
  5. Tambahkan daun bawang kemudian aduk kembali, cicipi terlebih dahulu, sehingga anda bisa menambahkan bumbu kembali jika terasa masih kurang.
  6. Setelah semuanya merata dan matang kemudian matikan api.
  7. Siapkan piring saji, kemudian tuangkan Khao Phat Kung buatan anda ke dalam piring saji, dan hiasi dengan daun ketumbar sebagai pelengkap sekaligus garnish dari masakan anda.

Demikian cara membuat Khao Phat Kung atau nasi goreng Thailand dengan isian udang yang lezat dan nikmat. Menu ini merupakan salahsatu menu otentik dari thailand tengah yang cocok anda sajikan kepada keluarga anda di rumah.

Bagikan artikel ini dengan cara menekan tombol share di bagian bawah halaman ini dan anda juga bisa turut berkomentar dengan menambahkan pendapat dalam kolom yang telah disediakan.

Loading...

Ilham

Ilham

Author at Selerasa
Lulusan terbaik Sekolah Tinggi Bahasa Asing ini memiliki segudang pengalaman dalam dunia tulis menulis. Selain itu, pengalaman job training di bidang Food and Beverage Service semakin menambah keahlian penulis dalam bidang kuliner. Pengalaman di dunia sastra dan tata boga menjadikannya salah satu kontributor terbaik di selerasa.com.
Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *