Aneka Resep Oseng-Oseng Tempe yang Sedap dan Mantap

    Sajian oseng-oseng tempe adalah salah satu menu hidangan yang lezat dan mudah untuk dibuat. Bahan utama tempe ini pun cenderung mudah sekali untuk ditemukan karena masyarakat Indonesia menjadi tempe dan tahu sebagai salah satu makanan yang banyak dikonsumsi.

    Nah, untuk anda yang kebingungan mengolah tempe di rumah menjadi hidangan yang enak dan sedap. Maka tak perlu khawatir kali ini kami akan berikan untuk anda resep oseng-oseng tempe yang enak dan mantap. Seperti apa? Simak langsung informasinya dibawah ini.

    Resep Oseng Tempe Kecap yang Mudah dan Praktis

    Nama Resep

    Resep Oseng Tempe Kecap yang Mudah dan Praktis

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 15 menit
    Memasak : 15 menit
    Total : 30 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 250 g tempe
    • 6 butir bawang merah, iris tipis
    • 2 buah cabai merah, potong serong
    • 3 siung bawang putih, iris tipis
    • 1 lembar daun salam
    • 2 cm lengkuas, memarkan
    • 2 buah cabai hijau, potong serong
    • 2 sdm Kecap Manis
    • 1 sdt garam
    • 1/2 sdt merica putih bubuk
    • 100 ml air
    • 3 sdm minyak, untuk menumis

    Persiapan Membuat Oseng Tempe Kecap yang Mudah dan Praktis:

    1. Cara pertama dalam membuat hidangan masakan kali ini akan dapat anda lakukan dengan persiapan terlebih dahulu. Persiapan menjadi hal penting yang perlu untuk anda perhatikan dengan baik sebab dengan persiapan ini nantinya anda akan dapat lebih mudah membuat hidangan masakan tempe oseng kecap kali ini.
    2. Adapun persiapan yang dimaksud adalah dengan mempersiapkan tempe yang akan kita masak sebagai bahan utama dari hidangan kali ini. Silahkan kupas bungkus tempe secara merata dengan menggunakan pisau.
    3. Setelah dikupas secara merata, silahkan siapkan sebuah tatakan dan sebuah pisau. Lalu kerat tempe dengan menggunakan pisau secara merata. Caranya anda akan dapat mengerat dengan bentuk sesuai dengan selera. Atau kerat dengan sembarang saja. Hal ini dilakukan agar bumbu yang anda masak bersama dengan sajian ini bisa meresap kedalam tempe secara merata.
    4. Bila sudah selesai, silahkan lanjutkan langkah kali ini dengan memotong tempe dengan bentuk dadu. Namun jangan memotongnya terlalu tebal atau terlalu tipis. Sebab nantinya tempe yang dimasak akan mungkin hancur bila potongannya terlalu kecil.
    5. Masukkan potongan tempe kedalam wadah dan sisihkan sebentar saja sebelum anda mencampurnya dengan bumbu masakan lainnya.

    Cara Membuat Membuat Oseng Tempe Kecap yang Mudah dan Praktis:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu memanaskan minyak didalam wajan. Gunakan api yang sedang untuk memanaskan minyak agar minyak lebih cepat panas secara merata.
    2. Setelah minyak panas, silahkan tumis bawang merah bersama dengan bawang putih kedalamnya. Aduk-aduk secara merata sampai tercium bau enak yang sedap.
    3. Kemudian masukkan cabai merah bersama dengan duan salam, cabai hijau dan juga lengkuas. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata hingga semuanya tercampur dan menjadi lebih layu.
    4. Bila sudah selesai, baru anda bisa masukkan tempe kedalamnya. Masukkan dengan merata dan perlahan. Jangan memasukkan tempe terlalu tinggi dari wajan sebab bumbu yang tengah anda tumis bisa mungkin berhamburan keluar.
    5. Bila tempe sudah ada dalam wajan secara keseluruhan. Selanjutnya silahkan aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur dan terbumbui secara merata. Baru bumbui dengan menggunakan merica dan garam. Aduk kembali sampai semua sajian ini tercampur.
    6. Tambahkan kecap manis kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua sajian ini tercampur serta tempe berwarna lebih coklat merata.
    7. Tuangkan air kedalamnya dan masak sajian ini sampai bumbu mengental dan lebih surut. Biarkan meresap dan tutupi dengan menggunakan tutup panci. Lalu masak sampai matang dan merata.

    Setelah matang, angkat hidangan ini dan sajikan dalam piring saji. Untuk kemudian anda akan dapat menikmati hidangan ini bersama dengan keluarga. Jangan lupa berikan taburan bawang goreng untuk menambah rasanya lebih enak dan sedap.

    Resep dan Cara Membuat Oseng Tempe Kacang Pajang yang Sederhana

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Oseng Tempe Kacang Pajang yang Sederhana

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 15 menit
    Memasak : 15 menit
    Total : 30 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 10 kacang panjang
    • 200 g tempe
    • 10 buah mata petai

    Bumbu-Bumbu:

    • 3 butir bawang merah, iris tipis
    • 1 lembar daun salam
    • 2 buah cabai merah besar, buang bijinya, iris serong
    • 2 siung bawang putih, iris tipis
    • 1/4 sdt merica putih bubuk
    • 1 cm lengkuas, memarkan
    • 150 ml air
    • 1 sdm kecap manis
    • 1/2 sdt garam
    • 1/2 sdt gula pasir
    • 1 sdm minyak, untuk menumis

    Persiapan Membuat Oseng Tempe Kacang Pajang yang Sederhana:

    1. Cara pertama kita akan kerat terlebih dahulu tempenya dengan menggunakan pisau secara merata. Hal ini dilakukan agar bumbu yang anda campur dengan sajian ini bisa meresap kedalamnya secara merata. Untuk itu, pastikan bila sebelumnya anda mengerat tempe dengan merata.
    2. Setelah selesai, silahkan potong tempe dengan ukuran 1x1x1 cm. Atau anda bisa memotongnya sesuai dengan selera anda. Baik itu dengan bentuk korek api atau dengan bentuk kubus. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampur hidangan ini dengan sajian lainnya secara merata.
    3. Selesai memotong tempe, silahkan siapkan sebuah kukusan dan tempatkan diatas kompor untuk selanjutnya masukkan tempe kedalamnya.
    4. Kukus tempe selama kurang lebih 10 menit sampai matang dan merata. Lalu keluarkan dari kukusan bila sudah matang. Angkat kembali dan sisihkan dalam wadah.
    5. Selesai dengan tempe kukus, selanjutnya silahkan siangi kacang panjang secara merata dengan menggunakan pisau. Lalu potong dengan ukuran kurang lebih 3 cm. Masukkan dalam wadah dan cuci bahan ini secara merata sebelum anda mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya.
    6. Setelah itu, silahkan lanjutkan cara ini dengan memotong petai dengan bentuk memanjang. Lalu masukkan dalam wadah dan lakukan pencucian secara merata untuk membersihkan kotoran yang mungkin masih ada didalamnya.

    Cara Membuat Oseng Tempe Kacang Pajang yang Sederhana:

    1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu memanaskan minyak dalam wajan dengan menggunakan api yang sedang. Tunggu sampai minyak lebih panas secara merata.
    2. Setelah itu, baru masukkan bawang merah kedalamnya bersama dengan bumbu lainnya seperti cabai merah bawang putih, daun salam, lengkas. Lalu tumis semua sajian bumbu ini sampai harum dan tercium bau enak yang sedap.
    3. Bila sudah selesai, lanjutkan dengan memasukkan petai kedalamnya dan tumis sebentar sampai petai menjadi lebih berkulit secara merata.
    4. Masukkan pula kacang panjang kedalamnya dan tempe. Aduk-aduk sajian ini secara merata sampai merata dan tercampur dengan bumbu.
    5. Setelah itu, masukkan kecap manis untuk membuat warnanya menjadi lebih coklat dan menambah selera yang lebih enak.
    6. Tambahkan bumbu seperti merica, gula, garam dan air. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai bumbunya meresap dan pas kedalam tempe.
    7. Tuangkan air kedalamnya dan aduk-aduk secara merata sajian ini sampai mendidih. Kecilkan api lalu lanjutkan memasak sampai bumbu meresap kedalam tempe dan lebih mengering.

    Angkat sajian ini dan hidangkan untuk keluarga anda di rumah. Untuk menambah selera anda akan bisa menaburkan potongan cabai dibagian atasnya secara merata.

    Resep dan Cara Membuat Oseng Tempe Cabe Ijo yang Enak dan Praktis

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Oseng Tempe Cabe Ijo yang Enak dan Praktis

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 15 menit
    Memasak : 15 menit
    Total : 30 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 1 bh tempe
    • Secukupnya cumi kecil segar

    Bumbu-Bumbu:

    • 2 sdm kecap (disesuaikan selera)
    • 2 siung bawang merah (iris tipis)
    • Garam (secukupnya)
    • 6 bh cabe besar hijau
    • 1/2 siung bawang bombay (iris tipis)
    • 1 sdm saos tomat
    • 3 siung bawang putih (iris tipis)
    • Gula (secukupnya)
    • Minyak untuk tumisan dan goreng

    Persiapan Membuat Oseng Tempe Cabe Ijo yang Enak dan Praktis:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini seperti biasa kita akan perlu untuk mengerat bagian permukaan tempe secara merata. Hal ini dilakukan agar bumbu yang dibuat bersama dengan sajian ini dapat meresap kedalam sajian tempe secara merata. Sehingga rasa dari sajian ini semakin lezat dan nikmat.
    2. Setelah tempe dikerat secara merata, silahkan potong-potong tempe dengan ukuran yang kecil. Caranya, gunakan pisau dan potong tempe diatas tatakan. Untuk selanjutnya masukkan tempe kedalam wadah atau mangkuk dan sisihkan semenatar.
    3. Bila sudah, lanjutkan dengan menyiapkan wajan dan panaskan minyak didalamnya dengan menggunakan api yang sedang.
    4. Setelah panas, silahkan masukkan tempe kedalamnya dan goreng sajian ini secara merata sampai kering dan berwarna kecoklatan secara merata.
    5. Angkat dengan menggunakan serokan dan tiriskan secara merata minyaknya sebelum anda mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya.
    6. Bila sudah selesai, anda bisa membersihkan cuminya secara merata. Caranya bawa cumi ke tempat cucian dan bersihkan cumi secara merata.
    7. Masukkan dalam mangkuk dan tiriskan airnya sebelum anda mengangkat sajian ini dari cucian. Setelah selesai, silahkan kucuri cumi dengan menggunakan air jeruk nipis dan tambahkan sedikit garam kedalamnya. Aduk-aduk dan sisihkan sementara.

    Cara Membuat Oseng Tempe Cabe Ijo yang Enak dan Praktis:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah wajan. Gunakan minyak sedikit saja dari minyak yang anda gunakan untuk menggoreng tempe.
    2. Panaskan minyak dalam wajan dengan menggunakan api yang sedang. Tunggu sampai panas secara merata. Baru setelah itu, tumis bumbu kedalamnya seperti bawang putih bersama dengan bawang merah dan bawang bombay.
    3. Aduk-aduk sajian tumisan bumbu diatas secara merata sampai merata dan lebih layu. Baru setelah itu, masukkan cumi kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai hidangan ini menjadi lebih matang dan pucat warnanya.
    4. Setelah selesai, lanjutkan langkah kali ini dengan memasukkan cabe ijo kedalamnya. Aduk-aduk kembali sampai cabe ijo menjadi lebih layu.
    5. Masukkan pula tempe kedalamnya dan tambahkan dengan kecap, saus tomat dan aduk-aduk kembali sampai sajian ini meresap kedalam bumbunya secara merata.
    6. Tuangkan bumbu seperti garam dan gula. Aduk-aduk sampai semua sajian ini tercampur dan meresap. Cicipi bumbu yang anda masak, jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak bumbu saat anda merasa bumbu belum pas.
    7. Lalu kecilkan api dan masak sajian ini sampai mengental dan meresap secara merata.

    Angkat dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan dapat menikmatinya bersama dengan sepiring nasi hangat yang enak dan sedap.