Aneka Resep Oreg Tempe yang Nikmat dan Lezat

    Sajikan dan nikmati hidangan oreg tempe yang lezat di rumah anda. Sajian ini akan bisa anda jadikan sebagai pelengkap makan yang lebih ceria. Selain menjadi tambahan untuk nasi uduk atau tumpeng, oreg tempe pun pada umumnya kita jumpai untuk sajian resep makanan yang lebih lezat dan enak.

    Nah, ada dua resep olahan oreg tempe yang akan kami berikan kali ini. Yakni resep oreg tempe kecap Bango dan yang lainnya adalah resep oreg tempe teri kacang yang sedap. Mari simak langsung resepnya dibawah ini.

    Resep Oreg Tempe Kecap Bango yang Enak

    Nama Resep

    Resep Oreg Tempe Kecap Bango yang Enak

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 25 menit
    Memasak : 10 menit
    Total : 35 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 300 g tempe
    • 3 siung bawang putih, iris tipis
    • 2 lembar daun salam
    • 2 cm lengkuas, memarkan
    • 3 sdm Kecap Bango Manis Pedas Gurih
    • 1/2 sdt gula pasir
    • 1 bungkus Royco ayam
    • 1 gelas (200 ml) air
    • 1/4 sdt garam
    • 3 sdm minyak, untuk menumis

    Persiapan Membuat Oreg Tempe Kecap Bango yang Enak:

    1. Untuk yang pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan tempenya. Tempe perlu kita olah terlebih dahulu sebelum kita campur bersama dengan bumbu lainnya menjadi hidangan yang enak.
    2. Adapun cara untuk mengolah tempe adalah dengan mengerat-ngerat tempe terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar nantinya hidangan masakan tempe memiliki rasa yang enak karena bumbu yang meresap kedalamnya dengan sempurna.
    3. Caranya adalah dengan menyiapkan tatakan dan sebuah pisau. Kemudian kerat-kerat tempe dengan menggunakan pisau secara merata. Buat keratan diseluruh bagian tempe secara merata.
    4. Baru setelah itu, potong tempe dengan bentuk dadu dengan menggunakan pisau. Hanya saja, sebaiknya jangan memotongnya dengan ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil. Sebab nantinya hidangan ini bisa mungkin hancur pada saat dimasak.
    5. Selesai dipotong, silahkan masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda siap untuk membuat hidangan kali ini bersama dengan bumbu lainnya.

    Cara Membuat Oreg Tempe Bango yang Enak:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu memanaskan minyak dalam sebuah wajan. Masukkan minyak secukupnya saja untuk menumis sajian bumbu kali ini.
    2. Setelah selesai, lakukan langkah kali ini dengan menumis bawang putih sampai sajian ini menjadi lebih harum secara merata dan matang.
    1. Baru setelah itu, lanjutkan dengan memasukan lengkuas bersama dengan duan salam. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan tercampur dan tercium harum enak.
    2. Baru setelah itu, masukkan tempe yang sudah anda potong dadu sebelumnya. Aduk-aduk sampai semua sajian ini tercampur dan teraduk bersama dengan bumbu yang anda masak.
    3. Setelah itu, silahkan masukkan Royco bersama dengan gula, kecap pedas, garam dan juga air. Aduk-aduk kembali sampai semua sajian ini tercampur secara merata.
    4. Masak sampai bumbu bacem meresap kedalam tempe secara merata dan kuahnya surut menjadi lebih mengental. Baru setelah itu angkat dari wajan dan sajikan dalam sebuah mangkuk.

    Kini hidangan oreg tempe Bango sudah dapat anda nikmati bersama dengan keluarga. Sajian ini akan dapat anda nikmati bersama dengan sepiring nasi putih yang enak dan sedap. Jangan lupa taburkan bawang goreng dibagian atasnya untuk menambah rasa dan selera dari sajian masakan kali ini agar lebih nikmat.

    Resep dan Cara Membuat Oreg Tempe Teri Kacang yang Mantap

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Oreg Tempe Teri Kacang yang Mantap

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 25 menit
    Memasak : 10 menit
    Total : 35 Menit

    Bahan-Bahan:

    • tempe 126 gram
    • teri medan 20 gram
    • kacang tanah 51 gram
    • gula merah 3 sendok makan
    • daun jeruk dua lembar
    • air 50 mili
    • minyak goreng
    • air asam jawa 2 sendok makan

    Bumbu yang Dihaluskan:

    • cabai merah (5 buah)
    • bawang putih (tiga siung)
    • bawang merah (6 siung)
    • garam (setengah sendok teh)
    • lengkuas (dua centi)

    Persiapan Membuat Oreg Tempe Teri Kacang yang Mantap:

    1. Hal penting pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat hidangan kali ini adalah dengan terlebih dahulu mengerat tempenya terlebih dahulu. Tempe perlu dikerat secara merata agar nantinya bumbu meresap kedalamnya secara merata. Sehingga rasa dari masakan kali ini semakin lezat dan semakin sedap.
    2. Cara untuk mengerat sendiri akan dapat anda lakukan dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah tatakan secara merata. Lalu ambil pisau dan siapkan tempe diatas tatakan. Kemudian tahan dengan menggunakan tangan dan kerat-kerat seluruh bagian tempe secara merata.
    3. Bila sudah selesai, silahkan potong tempe dengan bentuk korek api. Namun jangan memotongnya terlalu tipis. Atau nanti tempe akan mungkin hancur pada saat dimasak dan digoreng.
    4. Kemudian simpan diatas nampan dan sebaiknya jemur terlebih dahulu sebelum anda memasak sajian ini dengan bumbu dan hidangan lainnya.
    5. Selagi menunggu anda akan dapat membersihkan terinya terlebih dahulu secara merata. Silahkan cuci teri untuk membuang bagian yang terlalu asin pada ikan teri. Selain mencuci anda akan dapat merendam dengan menggunakan air hangat. Biarkan sementara dan sisihkan.
    6. Sementara untuk kacang tanahnya sendiri, silahkan goreng kacang tanah dengan menggunakan minyak panas dengan api yang kecil. Aduk-aduk dan bulak-balik agar matangnya secara merata.
    7. Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dapat piring sementara sebelum anda mencampurnya dengan sajian lainnya.

    Cara Membuat Oreg Tempe Teri Kacang:

    1. Untuk membuat hidangan ini silahkan siapkan sebuah wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu sampai minyak goreng menjadi panas secara merata.
    2. Baru setelah itu, goreng tempe kedalamnya sampai kering dan berwarna kecoklatan. Angkat bila sudah matang dan kering lalu tiriskan terlebih dahulu minyaknya sebelum anda mencampurnya dengan bahan lainnya.
    3. Sisa minyaknya dapat anda gunakan untuk menggoreng ikan teri medan sampai matang dan kering secara merata.
    4. Lalu silahkan sisakan sedikit minyak untuk menumis bumbu pada wajan yang sama. Tumis bumbu sampai harum, matang dan enak.
    5. Tambahkan beberapa bumbu seperti air asam jawa, daun jeruk, gula merah dan juga berikan sedikit air. Aduk-aduk dan biarkan bumbu sampai berminyak.
    6. Setelah itu, tuangkan tempe bersama dengan kacang dan ikan teri. Lalu aduk-aduk semua sajian ini sampai tercampur secara merata dengan bumbu yang anda masak sebelumnya. Aduk dengan menggunakan dua spatula untuk memudahkan anda mencampur kesemua bahan ini.

    Setelah semua sajian tercampur secara merata, anda akan mendapati teri, kacang tanah dan tempe berubah menjadi terlumuri dengan menggunakan bumbu.

    Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk selanjutnya anda akan dapat menyantapnya dengan sepiring nasi hangat yang enak dan lezat. Jangan lupa taburkan pula bawang goreng dibagian atasnya untuk memberikan rasa yang sedap.

    Demikianlah beberapa resep olahan oreg tempe yang enak dan lezat. Semoga dengan menyimak resep diatas akan membantu anda untuk bisa menyajikan aneka ragam resep lezat dari olahan tempe di rumah.