Aneka Resep Olahan Tempe Sederhana yang Lezat dan Nikmat

    Tempe adalah salah satu makanan khas Indonesia yang belakangan mulai dikenal dunia. Tak heran karena makanan ini selain nikmat juga memiliki kandungan protein yang banyak. Bahkan kabarnya dibandingkan dengan tahu, protein didalam tempe jauh lebih baik dan bermanfaat. Hal ini dikarenakan kandungan protein pada tempe masih utuh.

    Tidak seperti pada tahu yang dihancurkan dan disaring yang mana kandungan proteinnya berkurang. Nah, selain bermanfaat dan baik untuk kesehatan, hidangan dari tempe pun akan dapat anda masak di rumah dengan mudah.

    Seperti salah satunya kali ini kami hadirkan resep olahan tempe mulai dari oreg tempe kering, bacem tempe sampai dengan tempe masak gurih yang sedap. Ingin tahu seperti apa resepnya? Simak dibawah ini.

    Resep dan Cara Membuat Oreg Tempe Kering

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Oreg Tempe Kering

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 15 menit
    Memasak : 10 menit
    Total : 25 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 250 gram tempe
    • 100 gram teri nasi

    Bumbu dan Bahan:

    • 3 siung bawang putih, iris
    • 1 cm lengkuas, memarkan
    • 1 lembar daun salam
    • 5 butir bawang merah, iris
    • 1 buah cabai hijau besar, iris serong
    • 1 batang serai, iris halus
    • 75 ml air
    • 1 buah cabai merah besar, iris serong
    • 1/2 sendok teh gula merah
    • 1/2 sendok teh garam
    • 1 sendok teh kecap manis
    • 2 sendok makan minyak untuk menumis

    Persiapan Membuat Oreg Tempe Kering:

    1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat hidangan kali ini adalah dengan memotong tempenya terlebih dahulu. Silahkan buang bungkus tempe dan siapkan sebuah pisau dan tatakan. Alat ini akan memudahkan anda untuk memotong tempe secara merata.
    2. Sebelum tempe di potong anda akan dapat mengerat seluruh bagian tempe secara merata. Hal ini dilakukan agar nantinya tempe dapat anda masak dan bumbu meresap kedalam tempe secara merata. Untuk itu, silahkan kerat tempe secara merata terlebih dahulu.
    3. Setelah itu, baru anda akan dapat memotong tempe dengan bentuk memanjang seperti korek api. Lalu tampung kedalam sebuah wadah dan jemur terlebih dahulu tempe agar nantinya ketika digoreng sajian ini menjadi lebih kering secara merata.
    4. Selagi menunggu tempe dijemur sampai kering, anda dapat melakukannya dengan mencuci teri nasi dalam wadah. Caranya adalah dengan menuangkan teri nasi kedalam wadah dan cuci sajian ini dengan menggunakan air yang mengalir sampai bersih dan berkurang kadar garamnya.
    5. Bila sudah selesai, anda akan dapat melanjutkan cara ini pada pembuatan bumbu setelah tempe kering dan teri disiapkan.

    Cara Membuat Oreg Tempe Kering:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dan gunakan api yang sedang. Tunggu sampai wajan menjadi lebih panas secara merata.
    2. Lalu tuangkan minyak goreng kedalamnya secukupnya untuk kita gunakan menggoreng tempe secara merata.
    3. Bila minyak sudah panas maka silahkan masukkan tempe kedalamnya. Lalu goreng sajian ini sampai matang secara merata hingga berwarna kecoklatan dan kering krispi.
    4. Setelah tempe matang, angkat sajian ini dengan menggunakan serokan dan tiriskan diatas kertas koran atau dengan menggunakan tisu secara merata.
    5. Kemudian goreng pula teri nasi sebentar saja sampai kering. Angkat dan tiriskan pula seperti anda melakukannya pada tempe.
    6. Selanjutnya, angkat minyak dan sisihkan sedikit untuk menumis. Tunggu kembali sampai panas merata, dan masukkan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas dan serai.
    7. Aduk-aduk bumbu tumisan ini sampai matang dan tercium bau harum yang enak dan lezat.
    8. Setelah itu, tambahkan dengan menggunakan cabai hijau bersama dengan cabai merah dan aduk-aduk sajian ini sampai layu dan matang secara merata.
    9. Masukkan kecap manis bersama dengan bumbu lain seperti garam dan gula merah dan asem jawa. Aduk-aduk kembali sajian ini sampai matang dan merata.
    10. Tuangkan sedikit air dan tunggu sampai bumbu berminyak, untuk selanjutnya tuangkan tempe bersama dengan teri nasi. Aduk-aduk sampai bumbu tercampur secara merata. Lalu angkat saat semua tempe terlumuri dengan bumbu.

    Resep Bacem Tempe Bumbu Nusantara yang Enak

    Nama Resep

    Resep Bacem Tempe Bumbu Nusantara yang Enak

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 15 menit
    Memasak : 10 menit
    Total : 25 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 10 buah tempe segitiga bungkus daun
    • 1 lembar daun jati, disobek-sobek
    • 1 1/2 sendok teh garam
    • 3 cm lengkuas, dimemarkan
    • 2 sendok makan margarin untuk olesan
    • 1 sendok makan gula merah
    • 2 lembar daun salam
    • 500 ml air kelapa muda

    Bumbu Halus:

    • 4 siung bawang putih
    • 1/2 sendok teh ketumbar
    • 2 butir kemiri, disangrai
    • 6 butir bawang merah

    Persiapan Membuat Bacem Tempe Bumbu Nusantara yang Enak:

    1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan dalam membuat sajian kali ini diantaranya adalah dengan mempersiapkan tempenya terlebih dahulu.
    2. Sebelum bahan ini dicampur dan dimasak dengan sajian lainnya. Penting sekali untuk anda membuka bungkus tempe secara merata.
    3. Setelah selesai, lanjutkan dengan mengerat-ngerat tempe diseluruh bagiannya secara merata. Hal ini dilakukan agar nantinya bumbu dapat meresap kedalam tempe secara merata. Untuk itu, silahkan kerat-kerat dengan menggunakan pisau secara merata.
    4. Bila sudah selesai, silahkan sisihkan tempe dalam sebuah wadah. Sementara penggunaan daun jati pada resep kali ini difungsikan untuk memberikan kesan warna yang lebih merah atau gelap pada tempe.
    5. Silahkan sobek-sobek daun jati secara merata dengan menggunakan tangan. Sebelumnya jangan lupa remas-remas daun jati secara merata.

    Cara Membuat Bacem Tempe Bumbu Nusantara yang Enak:

    1. Untuk membuat sajian kali ini, anda akan dapat mengawalinya dengan mencampurkan beberapa bahan untuk digunakan sebagai bumbu rendaman tempe. Untuk itu, silahkan siapkan sebuah wadah dengan ukuran yang sedang.
    2. Kemudian setelah itu, silahkan campurkan tempe bersama dengan air kelapa, daun jati, lengkuas, gula merah dan daun salam. Aduk-aduk secara merata sajian ini sampai tercampur.
    3. Kemudian jangan lupa untuk memasukkan garam bersama dengan bumbu halus kedalamnya. Aduk-aduk kembali sampai semua sajian bahan ini tercampur kedalamnya.
    4. Diamkan sementara selama kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap kedalam sajian tempe yang sudah anda persiapkan sebelumnya.
    5. Siapkan sebuah panci dan masukkan tempe bersama dengan bumbu kedalamnya. Lalu siapkan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang.
    6. Setelah itu, baru rebus sajian ini sampai meresap bumbunya kedalam tempe dan bumbu menjadi lebih mengental secara merata.
    7. Angkat tempe yang sudah matang dan sisihkan dalam wadah. Lalu matikan kompor yang anda gunakan untuk merebus sebelumnya.
    8. Siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Lalu tunggu sampai sajian ini menjadi lebih panas secara merata.
    9. Goreng dalam minyak panas sebentar saja hingga berkulit. Baru setelah itu, angkat dan tiriskan sementara agar minyaknya tidak terlalu banyak.

    Kini anda akan dapat menikmati sajian ini bersama dengan keluarga dan si kecil. Dihidangkan dengan sepiring nasi hangat sajian ini akan menjadi hidangan yang lezat.

    Resep Membuat Tempe Masak Gurih yang Enak

    Nama Resep

    Resep Membuat Tempe Masak Gurih yang Enak

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 15 menit
    Memasak : 10 menit
    Total : 25 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 400 gram tempe
    • 1 lembar daun salam
    • 1 1/4 sendok teh garam
    • 3 sendok makan minyak untuk menumis
    • 2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
    • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
    • 2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
    • 1 sendok teh gula merah sisir

    Bumbu Halus:

    • 4 buah cabai merah keriting
    • 5 butir bawang merah
    • 2 siung bawang putih
    • 2 buah cabai merah besar
    • 3 butir kemiri, disangrai

    Persiapan Membuat Tempe Masak Gurih yang Enak:

    1. Cara pertama untuk membuat sajian kali ini dapat dilakukan dengan memperhatikan persiapan terlebih dahulu. Persiapan menjadi hal penting yang akan dapat anda lakukan. Karena nantinya persiapan akan memudahkan anda untuk membuat sajian kali ini. Untuk itu, melihat pentingnya persiapan kali ini maka jangan lewatkan langkah yang satu ini.
    2. Untuk persiapan bahan yang pertama adalah dengan membersihkan bungkus tempe secara merata. Lalu siapakan sebuah tatakan dan pisau untuk memudahkan anda membuat sajian kali ini.
    3. Setelah dibersihkan secara merata dari semuanya. Tempe dapat anda kerat-kerat secara merata dengan menggunakan pisau. Mengerat tempe dengan menggunakan pisau dilakukan agar bumbu meresap kedalamnya dengan merata. Untuk itu, silahkan kerat terlebih dahulu tempe secara merata.
    4. Bila sudah selesai, siapkan tatakan dan pisau dan potong tempe dengan ukuran 6 kali 4 kali 1 cm. Atau anda bisa memotongnya dengan ukuran yang anda inginkan. Hanya saja, jangan memotongnya terlalu kecil atau nanti masakan tempe yang anda buat akan mungkin hancur.
    5. Setelah selesai, anda akan dapat melanjutkannya terhadap cara lainnya untuk membuat masakan kali ini.

    Cara Membuat Tempe Masak Gurih yang Enak:

    1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah pembakaran untuk membakar tempe. Pembakaran akan bisa anda gunakan dari arang atau membakarnya diatas wajan anti lengket yang datar.
    2. Silahkan bakar tempe secara merata sampai kekuningan dan matang secara merata. Jangan lupa untuk dibalikkan agar bagian satunya lagi tidak gosong.
    3. Setelah selesai, angkat sajian ini dan tampung kedalam wadah. Untuk selanjutnya anda akan dapat membumbui hidangan ini dengan bumbu yang sudah disiapkan.
    4. Panaskan wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Lalu tuangkan minyak kedalamnya dan tunggu sampai minyak didalamnya menjadi lebih panas secara merata.
    5. Baru setelah itu, tumis bumbu halus kedalamnya bersama dengan duan salam,. daun jeruk dan serai. Aduk-aduk sampai matang dan tericum bau harum yang enak.
    6. Bila bumbu sudah matang secara merata, silhakan masukkan tempe kedalamnya dan aduk-aduk sajian ini sampai meresap. Masak sampai semua bumbu masuk kedalam tempe.
    7. Tambahkan bumbu seperti gula merah, garam dan juga santan. Aduk-aduk sajian ini sampai matang dan bumbu meresap kedalam tempe yang anda masak.
    8. Jangan lupa cicipi bumbu. Apabila bumbu sudah pas maka anda akan dapat memasaknya sampai matang dan angkat untuk kemudian hidangan ini dapat anda santap.

    Untuk memberikan citarasa yang lebih lezat. Hidangan ini akan bisa anda tambah dengan taburan bawang goreng dibagian atasnya. Santap sajian ini dengan menggunakan nasi hangat dan dijamin rasa dari masakan ini akan semakin lezat.