Aneka Resep Olahan Telur Berbumbu yang Enak dan Lezat

Hidangkan dan nikmati sajian olahan telur berbumbu yang lezat dan enak di rumah anda. Tak perlu khawatir dengan urusan resep sebab dibawah ini kami akan berikan hanya untuk anda.

Resep Telur Bumbu Bali yang Lezat dan Mudah

 

Nama Resep

Resep Telur Bumbu Bali yang Lezat dan Mudah

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 25 menit
Memasak : 15 menit
Total : 40 Menit

Bahan-Bahan:

  • 6 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 2 batang serai, ambil putihnya, dimemarkan
  • 5 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 300 ml air
  • 1 sendok makan gula merah sisir
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 4 buah cabai merah besar
  • 3 siung bawang putih
  • 10 butir bawang merah
  • 1 sendok teh terasi goreng
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 1 cm jahe

Persiapan Membuat Telur Bumbu Bali yang Lezat dan Mudah:

  1. Untuk cara yang pertama dalam resep kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mengolah telur sebelum bahan ini dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya.
  2. Cara mengolah telur adalah dengan menyiapkan sebuah panci dan isikan air kedalamnya. Masukkan telur yang segar kedalam panci. Untuk selanjutnya anda akan dapat merebus telur sampai matang selama kurang lebih 10 menit sampai matang merata.
  3. Bila telur sudah matang, angkat sajian ini dan segera masukkan kedalam air yang dingin. Hal ini dilakukan agar ketika anda mengupas kulit telur maka nantinya bahan ini akan lebih mudah untuk dikupas merata.
  4. Selesai dengan mengupas telur selanjutnya silahkan simpan dalam wadah dan sisihkan. Anda akan dapat menggoreng telur sebelum anda mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya.
  5. Untuk menggoreng telur anda akan dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Biarkan sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  6. Goreng telur sampai matang dan berkulit. Baru selanjutnya silahkan masukkan kedalam wadah dan tiriskan terlebih dahulu minyaknya.

Cara Membuat Telur Bumbu Bali yang Lezat dan Mudah:

  1. Untuk membuat hidangan ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu memanaskan minyak didalam sebuah wajan. Kali ini anda bisa menggunakan sedikit saja minyak untuk menumis. Gunakan api yang sedang untuk memanaskan minyak agar panasnya merata.
  2. Bila minyak sudah panas, silahkan masukkan bumbu halus kedalamnya. Untuk selanjutnya aduk-aduk sajian ini secara merata sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.
  3. Kemudian masukkan pula serai bersama dengan tambahan bumbu lainnya yakni daun jeruk. Aduk-aduk secara merata dan tumis sajian ini hingga harum kembali dan tercium bau yang enak dan sedap.
  4. Itu artinya bumbu halus yang anda masak sudah harum dan matang. Anda akan bisa memasukkan telur kedalamnya. Aduk-aduk merata agar bumbu melumuri telur yang anda masukkan sebelumnya.
  5. Berikan dengan bumbu untuk menambah rasa dari hidangan ini. Jangan lupa masukkan pula gula merah bersama dengan air dan aduk-aduk secara sampai sajian ini tercampur.
  6. Masak hidangan diatas sampai matang hingga bumbu meresap kedalamnya secara merata. Baru setelah itu, angkat hidangan ini dan sajikan didalam mangkuk saji.

Kini sajian telur bumbu Bali sudah matang dan anda akan dapat menyantapnya selagi masih hangat. Jangan lupa berikan pula taburan bawang goreng dibagian atasnya untuk memberikan rasa yang lebih nikmat dan lezat.

Resep Telur Balado Berbumbu yang Enak dan Berempah

 

Nama Resep

Resep Telur Balado Berbumbu yang Enak dan Berempah

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 25 menit
Memasak : 15 menit
Total : 40 Menit

Bahan-Bahan:

  • 6 buah telur
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 1 sendok teh garam
  • 5 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 100 ml minyak untuk menumis
  • 1 sendok teh gula pasir
  • minyak untuk menggoreng
  • 1/2 sendok makan air asam jawa, (dari 1/2 sendok teh asam jawa dan 1 sendok makan air)

Bumbu yang Ditumbuk Kasar:

  • 6 buah cabai merah besar
  • 4 butir bawang merah
  • 5 buah cabai merah keriting

Persiapan Membuat Telur Balado Berbumbu yang Enak dan Berempah:

  1. Cara pertama yang akan kita lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan melakukan persiapan. Dengan persiapan maka anda akan dapat dengan lebih mudah membuat hidangan kali ini. Untuk itu, mengingat pentingnya sebuah persiapan maka sebaiknya jangan melewatkan langkah kali ini.
  2. Untuk persiapan kita akan olah terlebih dahulu telur ayamnya secara merata. Untuk itu, silahkan siapkan sebuah panci dan isikan dengan air. Kemudian simpan diatas kompor dan gunakan api yang sedang.
  3. Bila sudah selesai, lanjutkan dengan menuangkan telur kedalamnya satu demi satu dengan perlahan dan pelan-pelan. Bila sudah selesai maka biarkan telur dan rebus sajian ini sampai matang selama kurang lebih 10 menit.
  4. Setelah selesai dan telur dalam rebusan menjadi lebih matang, angkat sajian ini dan tiriskan untuk selanjutnya masukkan dalam air dingin. Cara ini dilakukan agar nantinya telur lebih mudah ketika dikupas dari kulitnya.
  5. Kemudian, silahkan kupas cangkang telur secara merata sampai sajian ini benar-benar bersih. Baru sisihkan dalam mangkuk atau wadah sebelum anda mencampur hidangan ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  6. Selesai dengan mengupas cangkang telur, silahkan siapkan penggorengan dan masukkan minyak goreng kedalamnya.
  7. Goreng telur sampai matang dan berkulit. Lalu angkat dan tiriskan. Kemudian masukkan dalam wadah dan anda akan siap pada tahapan untuk membuat bumbu balado untuk masakan telur kali ini.

Cara Membuat Telur Balado Berbumbu yang Enak dan Berempah:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wajan. Kemudian tuangkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
  2. Setelah panas, silahkan masukkan sajian bumbu halus dan tumis sajian ini sampai matang secara merata.
  3. Ditengah-tengah menumis bumbu silahkan masukkan daun jeruk bersama dengan tomat. Tumis kembali sajian ini sampai harum dan matang merata.
  4. Setelah selesai, anda akan dapat memasukkan telur satu demi satu yang sebelumnya sudah anda rebus dan anda goreng secara merata.
  5. Lalu tambahkan bumbu kedalamnya seperti telur, garam dan juga gula pasir. Aduk-aduk kembali sajian ini secara merata.
  6. Koreksi juga bumbunya secara merata, bila anda merasa bumbu masakan kali ini dirasa kurang pas. Maka jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya. Aduk-aduk kembali secara merata sampai tercampur dan teraduk.
  7. Setelah selesai dengan bumbu, maka silahkan masak kembali sampai bumbu meresap kedalam sajian ini secara merata.
  8. Tuangkan pula air asam jawa kedalamnya dan aduk-aduk sajian ini secara merata. Lalu angkat bila memang sudah matang dan meresap.

Kini sajian telur bumbu balado sudah siap anda buat. Selanjutnya anda akan dapat menikmati sajian ini bersama dengan keluarga sebagai menu hidangan utama yang sederhana namun lezat.

Resep Membuat Telur Bumbu Petis yang Enak dan Segar

Nama Resep

Resep Membuat Telur Bumbu Petis yang Enak dan Segar

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 25 menit
Memasak : 15 menit
Total : 40 Menit

Bahan-Bahan:

  • 6 butir telur
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 3 sendok makan petis udang
  • 1/2 sendok teh gula merah
  • 1 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 6 buah cabai rawit merah utuh
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 5 butir bawang merah
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • 2 siung bawang putih

Persiapan Membuat Telur Bumbu Petis yang Enak dan Segar:

  1. Cara yang pertama dapat anda awali dengan terlebih dahulu merebus telur ayam yang sudah anda persiapkan. Untuk itu, sebelumnya silahkan siapkan sebuah panci dan isikan air kedalamnya.
  2. Tempatkan panci berisi dengan air diatas kompor dan gunakan api yang sedang untuk memanaskan air didalam panci secara merata.
  3. Selanjutnya dengan perlahan tuangkan telur kedalamnya dengan perlahan. Lalu masukkan secara keseluruhan. Rebus sajian telur ini sampai matang secara merata selama kurang lebih 10 menit.
  4. Bila sudah matang, angkat sajian ini dan masukkan kedalam baskom berisikan dengan air yang dingin. Penggunaan air dingin untuk merendam telur rebus akan memudahkan anda untuk bisa mengupas kulit telur tanpa menempel pada daging telurnya.
  5. Setelah beberapa menit didalam air yang dingin, maka selanjutnya anda dapat mengupas sajian telur rebus secara merata. Kupas secara keseluruhan dan masukkan telur kedalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.
  6. Setelah telur dikupas merata, lakukan langkah selanjutnya dengan terlebih dahulu memanaskan minyak didalam wajan. Panaskan minyak sampai merata dengan menggunakan api yang sedang.
  7. Kemudian silahkan goreng telur kedalamnya sampai matang secara merata. Hingga telur berkulit anda bisa memasak sajian ini dengan merata.
  8. Angkat telur yang sudah matang dengan menggunakan serokan. Lalu tiriskan sementara sebelum anda membuat bumbu masakan untuk sajian telur yang satu ini.

Cara Membuat Telur Bumbu Petis yang Enak dan Segar:

  1. Untuk membuat hidangan telur kali ini anda akan dapat melakukannya dengan kembali menyiapkan sebuah wajan. Lalu gunakan sedikit saja minyak dari sisa anda menggoreng telur.
  2. Setelah itu, panaskan minyak diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang dan tunggu sampai panas secara merata.
  3. Tumis bumbu kedalamnya sampai matang dan harum. Aduk-aduk bumbu secara merata dan jangan lupa masukkan bahan bumbu tambahan seperti daun salam dan lengkuas. Aduk-aduk kembali sajian ini sampai matang dan tercium bau harum yang enak dan sedap.
  4. Bila bumbu sudah matang, baru anda akan dapat memasukkan telur kedalamnya. Ikuti dengan memasukkan bumbu petis bersama dengan kecap manis, gula merah, garam dan juga cabai rawit. Aduk-aduk sajian ini secara merata sampai matang dan meresap.
  5. Masak sajian telur didalam penggorengan sampai matang dan bumbu meresap kedalam telur secara merata.
  6. Tambahkan air kedalamnya dan kembali masak sampai sajian ini menjadi lebih matang dan bumbu lebih mengental secara merata.

Setelah matang angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji. Untuk kemudian anda akan dapat menikmatinya selagi masih hangat. Untuk menambah rasa dari sajian ini menjadi lebih lezat. Maka anda bisa menambahkan taburan cabai yang sudah anda iris sebelumnya.

Resep Membuat Telur Bumbu Pesmol yang Sedap dan Lezat

Nama Resep

Resep Membuat Telur Bumbu Pesmol yang Sedap dan Lezat

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 25 menit
Memasak : 15 menit
Total : 40 Menit

Bahan-Bahan:

  • 8 butir telur
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah cabai merah besar, potong 1 cm
  • 5 butir bawang merah kecil utuh
  • 10 buah cabai rawit merah utuh
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 buah cabai hijau besar, potong 1 cm
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh cuka
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 3/4 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 1 batang daun bawang, potong 1 cm
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 10 butir bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 8 butir kemiri, sangrai
  • 6 siung bawang putih
  • 3 cm kunyit, bakar

Persiapan Membuat Telur Bumbu Pesmol yang Sedap dan Lezat:

  1. Langkah persiapan sebelum terburu membuat hidangan pada masakan kali ini akan menjadi hal penting untuk senantiasa anda perhatikan dengan baik. Karena dari persiapan yang baik itu bumbu ataupun peralatan maka anda akan lebih mudah membuat sajian kali ini. Untuk itu, mengingat pentingnya persiapan kali ini. Maka tidak sebaiknya anda melewatkan langkah kali ini.
  2. Adapun persiapan kali ini penting dilakukan adalah dengan mengolah telurnya terlebih dahulu. Sebelum dicampurkan bersama dengan bumbu dan bahan-bahan lainnya. Bahan telur perlu kita masak terlebih dahulu.
  3. Untuk itu, silahkan siapkan sebuah wajan dan tuangkan sedikit minyak goreng kedalamnya. Gunakan api yang sedang untuk memudahkan anda menggoreng telur kedalamnya.
  4. Silahkan ceplok telur satu per satu kedalamnya dan masak sajian ini secara merata sampai matang. Jangan lupa untuk membulak-balik sajian ini agar telur bisa matang secara merata.
  5. Adapun bila anda menginginkan tekstur telur ceplok yang lebih crispy maka anda bisa menambahkan lebih banyak minyak goreng kedalamnya pada saat anda menggoreng telur. Dengan begini maka telur ceplok akan lebih berkulit dan matang merata.
  6. Ketika menggoreng telur jangan lupa untuk memberikan garam kedalamnya secara merata sedikit saja. Hal ini dilakukan agar sajian ini memiliki rasa yang lebih gurih.
  7. Selesai dengan menggoreng telur ceplok selanjutnya silahkan angkat sajian ini dan tiriskan dengan menggunakan serokan.
  8. Masukkan dalam wadah dan anda akan dapat menyisihkan sajian ini dalam wadah sebelum anda memasaknya dengan sajian yang lainnya.

Cara Membuat Telur Bumbu Pesmol yang Sedap dan Lezat:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan kembali memanaskan wajan. Lalu ambil sedikit bagian dari minyak yang anda gunakan untuk menggoreng telur.
  2. Tempatkan wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Lalu tunggu sampai sajian ini menjadi lebih panas secara merata.
  3. Setelah panas silahkan masukkan bumbu halus kedalamnya dan aduk-aduk secara merata. Lalu ikuti dengan memasukan daun salam, lengkuas bersama dengan duan jeruk dan serai. Aduk-aduk secara merata sampai harum dan tercampur.
  4. Setelah bumbu terasa harum dan enak, maka selanjutnya masukkan pula bumbu seperti cabai rawit merat, cabai rawit merah yang besar dan bawang merah. Tumis kembali sajian ini sampai harum dan jangan lupa untuk mengaduknya.
  5. Setelah itu, baru tuangkan air kedalamnya dan tunggu sampai sajian ini menjadi lebih mendidih dan merata.
  6. Selanjutnya masukkan bumbu seperti garam bersama dengan merica bubuk dan juga gula pasir. Aduk-aduk sajian ini secara merata sampai tercampur merata.
  7. Aduk sampai mengental baru setelah itu, masukkan telur ceplok goreng yang sudah anda masak sebelumnya. Aduk-aduk kembali bumbu agar meresap kedalam telur secara merata.
  8. Menjelang diangkat silahkan masukkan daun bawang kedalamnya bersama dengan cuka. Aduk-aduk kembali sajian ini secara merata sampai tercampur dan teraduk.

Setelah matang, anda akan dapat menyajikan hidangan ini diatas piring saji. Untuk kemudian berikan dengan taburan bawang goreng untuk memberikan rasa yang lebih enak dan segar pada masakan anda kali ini.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons