Aneka Resep Olahan Ikan Bandeng yang Enak dan Mantap

    Resep Membuat Otak-Otak Ikan Bandeng yang Gurih

    Bahan-Bahan:

    • 2 ekor ikan bandeng
    • 200 gram kelapa parut kasar
    • 2 butir telur
    • 4 butir telur asin pisahkan putih dan kuningnya
    • 200 ml santan dari 1 butir kelapa
    • 2 sendok makan minyak untuk menumis

    Bumbu yang Dihaluskan:

    • 4 buah cabai merah keriting
    • 2 cm lengkuas
    • 1/8 sendok teh jintan
    • 2 sendok teh ketumbar
    • 8 butir bawang merah
    • 2 cm kunyit, dibakar
    • 1 buah tomat
    • 4 siung bawang putih
    • 1 sedok teh gula merah sisir

    Persiapan Membuat Otak-Otak Ikan Bandeng yang Gurih:

    1. Untuk cara pertama yang akan dapat anda lakukan membuat sajian kali ini caranya cukup mudah dan sederhana. Yakni dengan membersihkan ikan bandengnya secara merat. Untuk itu, bawa ikan ke tempat cucian dan masukkan dalam wadah.
    2. Terlebih dahulu bersihkan isi perut ikan secara merata. Caranya kerat bagian perut ikan dengan menggunakan pisau secara merata. Sambil dikucuri dengan air silahkan keluarkan isinya dengan merata.
    3. Bila sudah bersih secara merata maka bersihkan pula sisik ikan dengan cara mengeriknya dengan menggunakan sendok dengan arah yang berlawanan.
    4. Jika sisik ikan sudah bersih merata maka silahkan lanjutkan dengan membersihkan bagian insang ikan secara merata dan bersihkan dengan seksama.
    5. Lalu setelah itu, buang bagian tulang ikan bandeng dan keluarkan pula dagingnya. Anda bisa melakukan cara ini dengan mengeriknya menggunakan sendok dan lakukan dengan perlahan.
    6. Lalu gunting bagian kulit pinggirnya secara merata. Setelah selesai maka silahkan masukkan daging ikan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan bahan ini bersama dengan bahan-bahan lainnya.
    7. Selesai dengan ikan selanjutnya anda akan dapat menyiapkan sebuah wadah dan masukkan telur kedalamnya. Untuk selanjutnya pecahkan telur dan kocok bahan ini dengan lepas secara merata.
    8. BIla sudah selesai kemudian parut kelapa dengan kasar dan tampung dalam wadah. Lalu panaskan wajan diatas kompor dengan api kecil dan gunakan untuk menyangrai kepala.
    9. Setelah selesai maka selanjutnya silahkan tumbuk kasar kelapa dengan merata dan masukkan kembali dalam wadah secara merata.

    Cara Membuat Otak-Otak Ikan Bandeng yang Gurih:

    1. Untuk membuat sajian kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah wajan dan sangrai ikan kedalamnya. Untuk kemudian buang bagian durinya dan haluskan dengan merata.
    2. Setelah itu, kemudian anda akan dapat memanaskan wajan yang baru dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Untuk kemudian panaskan secara merata.
    3. Masukkan bumbu halus kedalamnya dan tumis sajian ini secara merata sampai tercium bau harum yang enak dan sedap. Baru setelah itu, sisihkan secara merata.
    4. Aduk merata bahan bumbu ini bersama dengan daging ikan dan masukkan bumbu halus kedalamnya bersama engan telur, putih telur, kelapa parut dan juga santan. Aduk dalam baskom secara merata semua sajian ini hingga tercampur.
    5. Setelah itu, isikan bahan ini diatas kulit ikan dan jajarkan telur asin diatasnya agak berjarak secara merata. Lalu tutup adonan ikan dengan kulitnya yang lainnya.
    6. Bungkus adonan ini dengan menggunakan daun pisang secara merata dan bungkus dengan agak kertat agar bahan isian didalamnya tidak keluar atau berhamburan.
    7. Masukkan sajian ini kedalam kukusan dan masak selama kurang lebih 30 menit sampai matang dan enak. Setelah matang maka angkat dan keluarkan.

    Nah, kini sajian otak-otak ikan bandeng akan dapat anda nikmati selagi masih hangat. Celupkan dalam sambal cabai yang enak untuk memberikan rasa yang lebih mantap.

    Resep Membuat Ikan Bandeng Goreng Balut Tepung Aroma Daun Jeruk

    Bahan-Bahan:

    • 2 ekor ikan bandeng
    • 1 sendok teh garam
    • 1 buah jeruk nipis, diambil airnya
    • Bahan Pelapis:
    • 50 gram tepung terigu

    Bahan Pencelup:

    • 50 gram tepung terigu
    • 1/2 sendok teh garam
    • 10 lembar daun jeruk, iris halus
    • 2 sendok makan tepung beras
    • 1/4 sendok teh merica bubuk
    • 200 ml air

    Persiapan Membuat Ikan Bandeng Goreng Balut Tepung Aroma Daun Jeruk:

    1. Untuk mempersiapkan bahan kali ini cara penting yang akan dapat anda lakukan adalah dengan membersihkan ikan bandengnya secara merata. Cara ini penting dilakukan untuk memudahkan anda membuat sajian ini dan mengetahui bagaimana cara membersihkan ikan bandeng secara merata.
    2. Adapun cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan membawa ikan bandeng ke tempat cucian dan bersihkan bahan ini secara merata dibawa kucuran air.
    3. Lakukan dengan terlebih dahulu membersihkan bagian insang ikan secara merata. Korek bagian insang ikan dengan menggunakan tangan dan jari secara merata. Lalu setelah itu, keluarkan insang dengan menggunakan jari tangan secara merata.
    4. Bila insang sudah dibersihkan dengan baik maka silahkan bersihkan bagian ini dengan merata dan bilas dengan air bersih.
    5. Langkah selajutnya adalah dengan membersihkan bagian sisik ikan bandeng. Cara ini dapat anda lakukan dengan menggunakan sendok atau dengan pisau. Lalu kerik sisik ikan dengan arah yang berlawanan.
    6. Kucuri dengan air bersih dan bilas dengan merata sampai bisa dipastikan bahwa semua sajian ini dibersihkan dengan merata.
    7. Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan isi perut ikan. Caranya adalah dengan kerat perut ikan secara merata dan keluarkan isiannya secara merata. Lalu bilas dengan air bersih dan bersihkan bagian dalam perut ikan dengan merata.
    8. Potong ikan bandeng menjadi beberapa bagian secara merata. Lalu kerat bagian atasnya khusus untuk bagian potongan ekor dan badan ikan saja.

    Cara Membuat Ikan Bandeng Goreng Balut Tepung Aroma Daun Jeruk:

    1. Untuk membuat sajian kali ini silahkan masukkan ikan kedalam wadah dan kucuri dengan menggunakan air jeruk secara merata dan tambahkan garam kedalamnya. Untuk kemudian aduk-aduk secara merata sampai semua bahan ini tercampur dengan merata.
    2. Setelah diberikan dengan campuran bahan diatas maka diamkan ikan dengan bumbu ini selama kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap kedalamnya dengan sempurna dan merata.
    3. Kemuduian guingkan ikan diatas bahan pelapis secara merata. Lakukan hal ini pada sisa ikan yang masih ada. Lalu aduk dengan merata dan sisihkan.
    4. Aduk semua bahan pencelup dengan merata dan celupkan ikan kedalam bahan ini. Lakukan pula pada sisa ikan yang masih ada.
    5. Siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya secara merata. Tunggu minyak sampai panas secara merata.
    6. Baru masukkan ikan kedalamnya dan goreng secara merata sampai matang dan bewarna kecoklatan.

    Nah, setelah matang maka sajian ini akan dapat anda angkat dan tiriskan terlebih dahulu minyaknya secara merata. Nantinya tentu sajian ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat dan enak.

    Resep Bandeng Masak Saus Tiram yang Mantap dan Garing

    Bahan-Bahan:

    • 1 ekor bandeng
    • 1/2 buah jeruk nipis, diambil airnya
    • 750 ml minyak untuk menggoreng
    • 1/4 sendok teh merica bubuk
    • 1/2 sendok teh garam

    Bahan Saus:

    • 1/2 buah bawang bombay, dicincang kasar
    • 2 sendok makan kecap manis
    • 1 sendok makan saus tiram
    • 2 siung bawang putih, dicincang kasar
    • 1 sendok teh gula pasir
    • 1/4 sendok teh merica bubuk
    • 100 ml air
    • 1 batang daun bawang, diiris miring
    • 1 sendok makan minyak untuk menumis

    Persiapan Membuat Bandeng Masak Saus Tiram yang Mantap dan Garing:

    1. Untuk mengawali langkah kali ini anda akan dapat memulainya dengan cara membersihkan ikan bandeng secara merata. Cara ini akan penting untuk anda lakukan dengan mudah yakni dengan memasukkan ikan kedalam sebuah wadah secara merata. Lalu bawa bahan ini ke tempat cucian.
    2. Bersihkan ikan dimulai dari membersihkan bagian insangnya secara merata. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan insang ikan adalah dengan mengaitnya menggunakan jari.
    3. Setelah dibersihkan dengan merata maka silahkan bilas bagian kepala ikan dengan menggunakan air bersih secara merata.
    4. Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian isi perut ikan. Kerat bagian perut ikan dengan menggunakan pisau secara merata. Lalu bersihkan isi perut ikan dengan cara mengeluarkannya secara merata.
    5. Lalu bersihkan bagian dalamnya dan gosok dengan perlahan untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran atau bagian yang masih tersisa didalam perut ikan secara merata.
    6. Selanjutnya adalah dengan membersihkan sisik ikan. Kerik sisik ikan dengan menggunakan pisau dengan arah yang berlawanan. Lakukan cara ini sampai bersih dan merata.

    Cara Membuat Bandeng Masak Saus Tiram yang Mantap dan Garing:

    1. Untuk membuat sajian ini lakukan dengan cara melumuri ikan bandeng dengan menggunakan air jeruk nipis secara merata. Lalu aduk-aduk semua sajian ini agar semua bahan tercampur kedalamnya dengan merata. Tambahakn sedikit garam bersama dengan merica kedalamnya. Dan diamkan sajian ini selama kurang lebih 15 menit secara merata.
    2. Bila sudah selesai maka silahkan siapkan sebuah wajan dan panaskan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Setelah itu, masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak panas secara merata.
    3. Setelah panas maka goreng ikan kedalamnya sampai matang selama kurang lebih 15 menit hingga kering dan berwarna kecoklatan.
    4. Bila sudah selesai maka angkat sajian ini dan sisihkan dalam sebuah wadah agar minyaknya dapat ditiriskan secara merata.
    5. Untuk membuat saus anda akan dapat melakukannya dengan cara memanaskan sebuah wajan dan tuangkan minyak kedalamnya.
    6. Masukkan bawang bombay kedalamnya bersama dengan bawang putih secara merata dan tumis sajian ini sampai harum dan tercium bau harum yang enak dan mantap.
    7. Lalu setelah itu, masukkan ikan kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan matang.
    8. Setelah itu, masukkan saus tiram kedalamnya dan tuangkan pula kecap manis kedalamnya bersama dengan merica bubuk juga gula pasir. Aduk-aduk semu sajian ini dengan merata dan tuangkan air kedalamnya.
    9. Masak bahan ini dengan merata sampai mendidih dan tercampur. Ketika menjelang matang maka anda akan dapat menuangkan daun bawang kedalamnya. Lalu aduk merata semua bahan ini secara merata.

    Setelah matang maka angkat sajian ini dan anda akan dapat menuangkan saus ini diatas ikan bandeng yang sudah matang.

    Loading...