Aneka Resep Oblok-Oblok Tempe Sederhana Buatan Rumah yang Enak

    Nikmati sajian oblok-oblok tempe hidangan nusantara yang akan dapat anda buat di rumah. Sajian ini adalah hidangan khas tanah air yang seringkali banyak dihidangkan untuk beberapa masakan Nusantara. Oblok-oblok tempe kali ini hadir dalam berbagai sajian ada hidangan oblok-oblok tempe yang hanya disajikan dengan bumbu yang sederhana. Dan adapula sajian oblok-oblok tempeĀ  yang dibuat dengan teri medan yang enak.

    Nah, untuk anda yang penasaran seperti apa saja resep membuat hidangan oblok-oblok tempe yang sedap. Maka tak perlu khawatir kita simak secara langsung informasi mengenai resep oblok-oblok tempe sederhana yang enak dibawah ini.

    Resep Oblok Tempe Sederhana yang Enak dan Lezat

    Bahan-Bahan:

    • Tempe 5 potong
    • Kelapa 1/2 butir
    • Petai 10 mata
    • Daun melinjo

    Bumbu-Bumbu:

    • Bawang merah 4 buah
    • Gula merah 1 sendok makan
    • Cabai merah 10 biji
    • Daun salam 1 lembar
    • Garam 1 sendok makan
    • Laos 1 potong

    Persiapan Membuat Oblok Tempe Sederhana yang Enak dan Lezat:

    1. Untuk yang pertama kali ini kita akan mendahulukan persiapan untuk mengolah tempenya terlebih dahulu. Cara ini akan sangat penting untuk dilakukan dengan baik agar nantinya tempe dapat langsung kita campur menjadi hidangan yang enak dan sedap.
    2. Adapun cara untuk mengolah tempe dapat anda lakukan dengan terlebih dahulu mengerat tempe secara merata. Gunakan pisau untuk mengerat tempe secara merata. Letakkan tempe diatas tatakan dan kerat secara keseluruhan bagian permukaan tempe.
    3. Cara keratan diatas dilakukan agar bumbu yang anda masak pada resep kali ini dapat meresap kedalam tempe secara merata. Untuk itu, pentingnya mengerat tempe kali ini sebaiknya anda lakukan dengan merata.
    4. Bila sudah selesai mengerat tempe secara merata. Silahkan potong tempe dengan bentuk dadu. Kira-kira saja ukurannya jangan dibuat terlalu besar atau terlalu kecil. Karena kalo potongannya terlalu kecil nantinya dikhawatirkan tempe akan hancur pada saat dimasak.
    5. Setelah selesai memotong tempe, masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda memasukan sajian ini dengan bahan-bahan lainnya secara merata.
    6. Selanjutnya untuk daun melinjo kita akan bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih. Caranya, masukkan daun melinjo kedalam sebuah wadah dan cuci dengan menggunakan air bersih secara merata.
    7. Bila daun melinjo sudah bersih secara merata. Silahkan ikat daun melinjo sebelum anda mencampurkan sajian ini dengan tempe dan bahan-bahan lainnya.

    Cara Membuat Oblok Tempe Sederhana yang Enak dan Lezat:

    1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mengiris cabai merah dengan menggunakan pisau dan tatakan.
    2. Setelah selesai, silahkan masukkan irisan cabai merah ini kedalam wadah dan selanjutnya sisihkan sementara sebelum anda melanjutkan mengiris bahan berikutnya.
    3. Bahan berikutnya adalah daun melinjo yang dipotong-potong secara merata dengan menggunakan pisau. Masukkan dan campurkan kedalam wadah yang berisi dengan cabai merah. Aduk-aduk secara merata dan sisihkan.
    4. Setelah selesai, silahkan parut kelapa dengan menggunakan parutan yang manual. Hanya saja, bila anda kesulitan untuk memarut sajian ini karena ribet atau memakan banyak waktu. Maka belilah kelapa parut yang sudah diparut secara merata.
    5. Lalu ambil santan sebanyak kurang lebih 6 gelas dari sajian kelapa parut yang anda siapkan. Setelah itu, sisihkan secara merata sebelum anda mencampurnya dengan bahan-bahan yang lainnya.
    6. Untuk bumbu-bumbu silahkan haluskan kecuali laos bersama dengan duan salam. Setelah itu, tumis bumbu halus ini dalam wajan yang berisi dengan minyak panas. Tumis bumbu sampai harum dan tercium bau yang enak.
    7. Kemudian setelkah itu, silahkan masukkan bumbu yang tidak anda haluskan. Dan tumis semua sajian ini secara merata sampai tercampur merata.
    8. Setlah selesi, silahkan masukkan tempe kedalamnya bersama dengan santan dan aduk-aduk sajian ini secara merata.
    9. Terakhir petai diiris kecil lalu masukkan kedalam tumisan dan masak sajian ini sampai matang dan merata.

    Setelah matang, sajikan hidangan ini dalam wadah untuk selanjutnya akan dapat anda nikmati bersama dengan keluarga di rumah.

    Resep dan Cara Membuat Oblok-Oblok Tempe Bosok Khas Purwakarta

    Bahan-Bahan:

    • Tempe 5 potong
    • Kelapa 1/2 butir
    • Petai 10 mata
    • Daun melinjo

    Bumbu-Bumbu:

    • Bawang merah 4 buah
    • Gula merah 1 sendok makan
    • Cabai merah 10 biji
    • Daun salam 1 lembar
    • Garam 1 sendok makan
    • Laos 1 potong

    Persiapan Membuat Oblok-Oblok Tempe Bosok Khas Purwakarta:

    1. Untuk membuat sajian kali ini silahkan kerat tempe secara merata dengan menggunakan pisau diatas tatakan. Setelah tempe dikerat secara keseluruhan selanjutnya silahkan potong tempe dengan bentuk dadu sesuai dengan ukuran secara merata.
    2. Selesai dengan tempe, silahkan lanjutkan langkah kali ini dengan membersihkan daun melinjo secara merata. Hal ini penting sekali dilakukan agar nantinya sajian masakan kali ini benar-benar bersih secara merata.
    3. Caranya adalah dengan memasukkan daun melinjo kedalam sebuah wadah dan bawa ke tempat cucian. Di tempat ini silahkan bersihkan daun melinjo dibawah air yang mengalir secara merata.
    4. Angkat daun melinjo dan masukkan kedalam wadah untuk selanjutnya tiriskan air cuciannya secara merata. Lalu ikat daun melinjo secara merata dan sisihkan sebelum anda mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya.
    5. Bila sudah selesai, selanjutnya silahkan iris petai dengan tipis secara merata. Gunakan pisau untuk mengiris petai sampai merata. Lalu tampung dalam wadah dan sisihkan.

    Cara Membuat Oblok-Oblok Tempe Bosok Khas Purwakarta:

    1. Untuk membuat sajian kali ini silahkan iris daun melinjo dengan menggunakan pisau. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampur hidangan ini dengan bahan-bahan lainnnya.
    2. Selanjutnya iris pula cabai merah dengan menggunakan pisau diatas tatakan secara merata. Lalu masukkan dalam wadah yang terpisah sebelum dicampur dengan bahan lainnya.
    3. Kemudian siapkan kelapa parut. Bila anda malas memarut kelapa maka sebelumnya lebih baik gunakan kelapa yang memang sudah di parut secara merata.
    4. Ambil sebanyak 6 gelas santan dari sajian kelapa parut yang sudah anda siapkan. Lalu sisihkan sementara sebelum anda membuat hidangan kali ini.
    5. Haluskan juga bumbu terkecuali untuk laos bersama dengan daun salam. Setelah semua bumbu halus secara merata. Tampung bumbu dalam sebuah wadah dan anda akan siap membuat hidangan kali ini.
    6. Siapkan sebuah wajan dan berikan secukupnya minyak goreng kedalamnya. Setelah itu, tunggu minyak dalam wajan menjadi lebih panas secara merata.
    7. Bila sudah selesai, baru tumis bumbu yang sudah anda haluskan sebelumnya. Aduk-aduk semua sajian ini sampai harum. Lalu masukkan daun salam dan laos kedalamnya. Aduk-aduk kembali semua sajian ini secara merata.
    8. Bila bumbu sudah harum, silahkan masukkan daun melinjo kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai daun melinjo menjadi lebih layu.
    9. Selanjutnya masukkan santan kedalamnya dan rebus sajian ini sampai mendidih. Lalu masukkan tempe dan tambahkan bumbu kedalamnya.
    10. Biarkan mendidih dan bumbu meresap kedalam tempe dan masukkan petai kedalamnya. Aduk-aduk kembali secara merata.

    Setelah matang dan merata, anda akan dapat mengangkat sajian ini dan hidangkan dalam sebuah mangkuk. Sajian ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat untuk menambah selera jangan lupa taburkan bawang goreng dibagian atasnya.

    Resep Oblok-Oblok Tempe Teri Kreasi Rumahan

    Bahan-Bahan:

    • 1/2 papan tempe
    • 3 sdm teri nasi
    • 1/4 butir parutan kelapa

    Bumbu-Bumbu:

    • 1 butir kemiri
    • 2 siung bawang putih
    • 1/2 sdt ketumbar
    • 3 gelas air
    • 4 siung bawang merah
    • 3/4 sdt garam
    • 3 buah cabe keriting
    • 1 lembar daun jeruk
    • 1 lembar daun salam
    • 3/4 sdt garam
    • sedikit penyedap(optional)

    Persiapan Membuat Oblok-Oblok Tempe Teri Kreasi Rumahan:

    1. Hal penting pertama yang perlu untuk dilakukan pada langkah kali ini adalah dengan mempersiapkan tempenya terlebih dahulu. Hal ini akan dapat anda lakukan dengan mengerat tempe secara merata. Caranya adalah dengan menggunakan pisau dan kerat tempe diatas tatakan secara merata.
    2. Lalu kerat seluruh bagian tempe dengan menggunakan secara merata. Setelah itu, baru potong-potong tempe secara merata dengan menggunakan pisau. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampur sajian ini dengan bahan-bahan lainnya.
    3. Kemudian setelah itu, silahkan parut kelapa secara manual dengan menggunakan parutan. Lalu setelah ambil santannya secara merata. Hanya saja, bila anda kesulitan memarut kelapa di rumah. Maka sebelumnya anda bisa menggunakan kelapa yang memang sudah diparut.
    4. Setelah itu, silahkan rendam teri nasi dengan menggunakan air hangat. Cara ini dilakukan untuk mengurangi rasa asin pada teri secara merata. Untuk itu, maka pastikan anda membiarkan sajian ini selama kurang lebih 5 menit direndam dengan menggunakan air hangat.

    Cara Membuat Oblok-Oblok Tempe Teri Kreasi Rumahan:

    1. Selesai dengan persiapan diatas anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menguleg kasar bawang merah bersama dengan kemiri dan juga bawang putih. Ulek secara merata dan sisihkan sementara.
    2. Setelah itu, silahkan iris sering cabai keriting dengan menggunakan pisau. Lalu sobek daun jeruk untuk memberikan aroma yang lebih sedap pada masakan.
    3. Sangrai bumbu yang sudah diuleg barusan sampai sajian ini menjadi lebih harum secara merata. Lalu masukkan teri nasi atau teri medan. Aduk-aduk secara merata sampai sajian ini menjadi lebih harum.
    4. Masukkan air kedalamnya dan biarkan sajian bumbu dan teri bercampur menjadi satu dan air mendidih didalamnya.
    5. Masukkan pula daun salam bersama dengan daun jeruk kedalamnya dan aduk-aduk secara merata sampai sajian ini menjadi lebih harum dan enak.
    6. Setelah itu, baru anda masukkan tempe kedalamnya yang sudah diuleg kasar saja. Dan tambahkan pula parutan kelapa. Aduk-aduk secara merata sampai semuanya tercampur.
    7. Masak hidangan diatas sampai mendidih dan matikan kompor bila sudah matang dan airnya lebih surut.
    8. Menjelang dihidangkan anda akan dapat menaburi garam secukupnya. Jangan lupa untuk mencicipi sajian ini dan tambahkan sajian bumbu bila anda merasa bumbu kurang.

    Kini sajian oblok-oblok tempe sudah matang. Anda akan dapat menikmati hidangan ini bersama dengan teman dan sahabat dan berikan pula taburan bawang goreng untuk menambah rasa dan selera dari masakan ini.

    Resep Membuat Oblok-Oblok Tempe Telur yang Enak

    Bahan-Bahan:

    • 1 papan kecil Tempe sangit
    • 1 bungkus santan instan 65 ml
    • 6 buah Telor
    • 1 sdm Ikan Teri Medan

    Bumbu yang Dihaluskan:

    • 10 buah Cabe Merah
    • 1 buah lengkuas
    • 7 buah Bawang Merah
    • Sedikit Penyedap
    • 7 buah Cabe rawit
    • 2 lembar Daun Salam
    • 4 buah Bawang putih
    • secukupnya Garam
    • secukupnya Air

    Persiapan Membuat Oblok-Oblok Tempe Telur yang Enak

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mengerat tempe secara merata. Cara ini akan penting anda lakukan agar nantinya sajian kali ini dapat meresap bumbu yang anda masak kedalamnya. Untuk itu, maka pastikan anda mengerat seluruh permukaan tempe secara merata.
    2. Setelah selesai dengan sajian kali ini, anda akan dapat melakukannya dengan merebus telur yang sudah anda siapkan. Caranya adalah siapkan air dalam panci. Kemudian masukkan telur kedalamnya.
    3. Rebus telur selama kurang lebih 8 sampai dengan 7 menit sampai matang secara merata. Taburi dengan garam untuk menambah rasa dan selera dari hidangan telur ini.
    4. Setelah selesai secara merata, silahkan angkat telur dan kupas kulitnya secara merata. Agar kulit telur lebih mudah dikupa maka silahkan masukkan terlebih dahulu kedalam air dingin dan segera kupas sampai bersih.
    5. Selesai dengan telur, lanjutkan langkah kali ini dengan merendam teri Medan dalam sebuah wadah berikan air hangat secara merata.
    6. Kemudian diamkan sementara sebelum anda mencampurnya dengan hidangan lainnya. Hal ini dilakukan agar nantinya rasa asin pada teri bisa sedikit dibasuh agar tidak terlalu kentara.

    Cara Membuat Oblok-Oblok Tempe Telur yang Enak

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan air dalam sebuah panci. Kemudian rebus tempe bersama dengan teri secara merata.
    2. Setelah itu, rebus bumbu halus kedalamnya secara merata sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.
    3. Bila sudah selesai, kemudian ulek tempe yang sudah anda rebus sebelumnya. Ulek sajian ini dengan bumbu halus dan haluskan merata.
    4. Siapkan sebuah wajan dan tumis bumbu kedalamnya. Lalu masukkan tempe bersama dengan duan salam, lengkuas, garam dan penyedap. Aduk-aduk secara merata sajian ini hingga tercampur.
    5. Tambahkan pula bumbu kedalamnya bersama dengan penyedap dan masak sampai mendidih.
    6. Kemudian masukkan telur dan santan kedalamnya dan aduk-aduk sajian ini secara merata sampai tercampur.
    7. Masukkan kacang panjang sampai mendidih sajian ini sampai merata. Lalu koreksi juga bumbunya dan bila sudah matang. Jangan lupa untuk mematikan kompor dan anda akan dapat menghidangkan sajian ini dalam wadah.

    Untuk menambah rasa dan tampilan menarik dari sajian ini, anda akan dapat menaburkan bawang goreng. Selain itu, berikan pula tambahan seperti irisan daun bawang dan cabai.