Aneka Resep Nugget Tempe yang Enak dan Praktis

    Hidangan nugget tempe adalah salah satu olahan kreasi dari tempe yang inovatif. Sajian ini akan dapat anda buat di rumah dengan mudah sebab kali ini kami akan berbagi resepnya hanya untuk anda. Ada resep nugget tempe original, ada pula resep nugget tempe kukus dan yang terbaru adalah sajian nugget tempe dengan campuran keju yang enak dan sedap.

    Nah, untuk bisa menyimak resep dari ketiga nugget tempe tersebut. Maka mari simak secara langsung informasinya dibawah ini.

    Resep Nugget Tempe Hidangan Sehat Keluarga

    Nama Resep

    Resep Nugget Tempe Hidangan Sehat Keluarga

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 25 menit
    Memasak : 20 menit
    Total : 45 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 2 sdm tepung terigu
    • 1/2 sdt merica bubuk
    • 1 siung bawang putih, parut
    • 2 sdm keju cheddar parut
    • 1 butir telur ayam
    • 10 g bawang bombay, cincang
    • 200 g tempe
    • 1 sdt garam

    Bahan Pelapis Tempe:

    • 2 putih telur ayam
    • 100 g tepung panir kasar

    Persiapan Membuat Nugget Tempe Hidangan Sehat Keluarga:

    1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan tempe sebagai bahan utamanya. Bahan ini akan dapat anda olah dengan terlebih dahulu membuang bagian bungkus tempe secara merata.
    2. Setelah itu, lakukan dengan mengerat tempe secara merata. Caranya adalah dengan menyiapkan sebuah pisau dan tatakan. Lalu silahkan kerat tempe dibagian atas tatakan. Cara ini dilakukan agar tempe bisa meresap bumbunya sampai kedalam.
    3. Bila sudah selesai selanjutnya, silahkan masukkan tempe kedalam wadah. Namun sebelumnya potong-potong tempe dengan ukuran yang kecil.
    4. Baru setelah itu, haluskan tempe secara merata dengan menggunakan ulekan. Atau anda bisa memblendernya secara merata sampai halus.
    5. Selanjutnya silahkan parut bawang putih dengan menggunakan parutan. Atau anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan ulekan secara merata.
    6. Selesai dengan bawang putih selanjutnya silahkan cincang bawang bombay secara merata. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sebelum anda mencampur sajian ini dengan bahan-bahan lainnya.

    Cara Membuat Nugget Tempe Hidangan Sehat Keluarga:

    1. Untuk membuat sajian nugget tempe ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mengambil mangkuk berisikan dengan tempe yang sudah anda haluskan.
    2. Selanjutnya silahkan campur sajian ini dengan semua bahan dan bumbu sampai merata. Lalu uleni sampai kalis dengan bahan-bahan lainnya. Aduk-aduk kembali hingga semua adonan tercampur.
    3. Setelah adonan dimasak dan tercampur merata, silahkan masukkan adonan tempe kedalam loyang dan rayakan semuanya secara merata.
    4. Setelah itu, silahkan kukus sajian ini dalam kukusan selama kurang lebih 10 menit sampai matang dan menyatu secara merata.
    5. Bila sudah matang, angkat sajian ini dan dinginkan terlebih dahulu sebelum anda mencampur sajian ini dengan bahan-bahan lainnya.
    6. Kemudian silahkan potong-potong adonan dengan ukuran yang anda inginkan. Anda bisa memotongnya dengan bentuk kotak atau bentuk memanjang. Tentukan pula ukurannya sesuai dengan selera anda.
    7. Dalam wadah yang lain silahkan aduk-aduk telur dan kocok sajian ini sampai mengembang dan lepas secara merata.
    8. Taburkan pula tepung panir kedalamnya dan siapkan atau dekatkan dengan jangkauan anda.
    9. Siapkan sebuah wajan berisikan minyak untuk menggoreng. Kemudian tunggu sampai minyak didalamnya menjadi panas secara merata.
    10. Celupkan tempe kedalam telur dan gulingkan diatas tepung panir secara merata hingga seluruh bagian permukaan tempe terbaluti dengan tepung tersebut.
    11. Baru setelah itu, goreng kedalam minyak panas secara merata sampai matang dan berwarna kekuningan. Jangan lupa untuk membulak-balik sajian ini agar matang secara merata.

    Resep Membuat Nugget Tempe Kukus yang Enak dan Sehat

    Nama Resep

    Resep Membuat Nugget Tempe Kukus yang Enak dan Sehat

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 25 menit
    Memasak : 20 menit
    Total : 45 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 500 gram tempe
    • 25 gram tepung roti
    • 2 butir telur
    • 2 siung bawang putih, dihaluskan
    • 1/2 sendok teh merica bubuk
    • 1 1/4 sendok teh garam
    • 1 batang daun bawang, diiris halus
    • 1/4 sendok teh pala bubuk

    Persiapan Membuat Membuat Nugget Tempe Kukus yang Enak dan Sehat:

    1. Cara pertama pada resep kali ini yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan tempenya. Untuk itu, silahkan siapkan kukusan dan tempatkan diatas sebuah kompor.
    2. Gunakan api yang sedang untuk bisa menyiapkan kukusan. Baru setelah itu, sisihkan sementara sampai kukusan menjadi lebih panas secara merata.
    3. Sementara itu, anda akan dapat memotong tempe secara merata dengan menggunakan pisau. Lalu masukkan dalam wadah.
    4. Kemudian masukkan tempe kedalam kukusan dan kukus sajian ini sampai menjadi lebih lunak secara merata. Setelah matang, angkat sajian ini dan masukkan dalam wadah untuk kemudian akan bisa anda olah.
    5. Selanjutnya silahkan haluskan tempe secara merata dengan menggunakan ulekan. Atau anda bisa terlebih dahulu menggunakan mesin blender secara merata.
    6. Setelah halus, anda akan dapat menuangkannya kedalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampur hidangan ini bersama dengan bahan-bahan lainnya secara merata.
    7. Sementara itu siapkan wadah yang lain dan masukan telur kedalamnya. Lalu silahkan kocok sajian ini secara merata sampai lepas dan mengembang. Lalu sisihkan sementara.

    Cara Membuat Membuat Nugget Tempe Kukus yang Enak dan Sehat:

    1. Untuk membuat hidangan ini anda akan dapat melakukannya dengan mengambil wadah tempe yang sudah anda haluskan.
    2. Kemudian setelah itu, silahkan masukkan telur kedalamnya bersama dengan tepung roti, bawang putih dan juga daun bawang. Aduk-aduk secara merata sampai tercampur.
    3. Setelah semua sajian ini tercampur, maka selanjutnya anda akan dapat memasukkan sajian bumbu kedalam campuran nugget tempe.
    4. Bumbu tersebut diantaranya adalah pala bubuk, merica bubuk dan garam. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai merata.
    5. Baru setelah itu, silahkan tuangkan sajian ini kedalam loyang dengan ukuran 20 kali 20 kali 3 cm yang sebelumnya loyang sudah dialasi dengan menggunakan plastik yang diberikan dengan minyak.
    6. Kemudian ratakan sajian ini secara merata dengan menggunakan sendok lidah. Tekan sedikit dengan perlahan untuk memadatkan adonan yang sudah anda buat.
    7. Bila sudah selesai, anda akan dapat meletakkan sajian ini kedalam kukusan secara merata. Lalu setelah itu, kukus sajian ini selama kurang lebih 30 menit sampai matang secara merata.

    Setelah sajian ini matang secara merata, anda akan dapat mengangkatnya dari pengukusan. Lalu dinginkan sementara. Baru setelah itu, anda akan dapat memotong-motongnya dan sajikan hidangan ini untuk keluarga di rumah.

    Sajikan pula dengan saus sambal dan saus tomat untuk menambah rasa dan selera dari sajian ini. Jangan lupa pula taburkan bawang goreng dibagian atas sajian ini untuk menambah tampilan dan gurih dari rasa sajian ini.

    Resep dan Cara Membuat Nugget Tempe Keju yang Lezat dan Enak

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Nugget Tempe Keju yang Lezat dan Enak

    Review

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 25 menit
    Memasak : 20 menit
    Total : 45 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 200 gram tempe
    • 50 gram daging giling
    • 1/4 sendok teh merica bubuk
    • 1 tangkai daun bawang iris
    • 50 gram keju cheddar parut
    • 100 gram bawang bombay cincang
    • 1 sendok teh garam
    • 4 butir telur
    • 1/2 sendok teh gula pasir
    • 2 sendok makan tepung panir

    Persiapan Membuat Nugget Tempe Keju yang Lezat dan Enak:

    1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat hidangan kali ini adalah dengan menyiapkan sebuah wajan terlebih dahulu. Tempatkan diatas kompor dan nyalakan api kompor yang sedang.
    2. Masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
    3. Baru setelah itu, goreng tempe kedalamnya sampai berkulit dan berwarna kecoklatan. Baru setelah itu, angkat sajian ini dengan menggunakan serokan.
    4. Biarkan sementara sampai minyak dari tempe menetes dan meniris secara merata. Baru setelah itu, masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara sebelum anda mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya.
    5. Setelah matang, silahkan haluskan bahan ini dengan menggunakan ulekan. Atau anda bisa memasukkannya kedalam mesin blender. Baru setelah itu, haluskan secara merata dan masukkan kembali pada wadah yang sama. Sisihkan sebelum anda mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya.
    6. Untuk keju dilahkan parut keju dengan menggunakan mesin parutan. Atau gunakan parutan manual untuk memudahkan anda memarut sajian ini secara merata. Tampung dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampur sajian ini dengan bahan-bahan lainnya.

    Cara Membuat Nugget Tempe Keju yang Lezat dan Enak:

    1. Untuk membuat hidangan ini, silahkan ambil tempe yang sudah anda haluskan. Lalu masukkan kedalamnya daging giling bersama dengan keju cheddar. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur.
    2. Setelah selesai, silahkan masukkan bawang bombay yang sudah dicincang. Lalu tambahkan pula daun bawang yang sudah diiris. Bersama dengan geram dan merica silahkan aduk-aduk semu sajian ini secara merata.
    3. Bumbu terakhir yang dimasukkan adalah gula. Aduk-aduk gula sampai tercampur secara merata bersama dengan bumbu lainnya sampai semua bumbu tercampur jangan hentikan mencampur adonan secara merata.
    4. Bila semua bumbu sudah tercampur merata, maka silahkan masukkan telur dan 2 sendok makan tepung panir kedalamnya. Aduk-aduk kembali sampai semua sajian ini tercampur secara merata.
    5. Setelah semuanya teraduk, silahkan siapkan sebuah loyang dan alasi dengan menggunakan plastik. Lalu lumuri dengan menggunakan minyak secara merata. Hal ini dilakukan agar nantinya loyang yang anda gunakan tidak lengket bersama dengan bahan adonan yang anda masukkan.
    6. Baru setelah itu, kukus sajian ini dalam kukusan selama kurang lebih 45 menit sampai matang secara merata.
    7. Bila sudah matang, angkat sajian ini dari kukusan dan dinginkan sementara sebelum anda memasak sajian ini.
    8. Setelah dingin, silahkan potong-potong sajian ini dengan ukuran yang anda inginkan. Baik dengan bentuk yang panjang atau kubus anda bisa menyesuaikan bentuknya sesuai dengan selera.
    9. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak didalamnya. Gunkan api yang sedang, untuk selanjutnya siapkan bahan pencelup dari telur dan tepung panir.
    10. Sebelum digoreng silahkan celupkan dalam telur dan gulingkan diatas tepung panir. Lalu goreng dalam minyak panas sampai matang secara merata. Jangan lupa dibulak-balik agar tidak gosong salah satu bagiannya.

    Setelah matang, angkat dan sajikan hidangan ini dalam wadah atau mangkuk. Jangan lupa sajikan bersama dengan tambahan saus sambal yang enak dan saus tomat yang segar. Selain itu, dibagian atasnya anda pun dapat memberikan parutan keju untuk topping yang cantik dan menarik.