Aneka Resep Nasi Sajian Setelah Lebaran yang Enak

Resep Nasi Bumbu Rempah Kari yang Enak dan Hangat

Bahan-Bahan:

  • 600 gram nasi putih
  • 1/2 buah dada ayam
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 2 butir telur
  • 200 gram emping goreng untuk pelengkap
  • 1/2 sendok teh bumbu ngohiong
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 buah pekak
  • 2 sendok makan bawang goreng untuk pelengkap
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 3 siung bawang putih

Persiapan Membuat Nasi Bumbu Rempah Kari:

  1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu memperhatikan untuk menyiapkan beberapa bahan yang ada pada resep sebelum sajian ini dicampur dan dimasak bersama dengan bahan lainnya secara merata.
  2. Bahan pertama adalah ayamnya, sajian ini perlu kita bersihkan sebelum dicampurkan dengan bumbu dan bahan lainnya. Untuk itu, masukkan ayam kedalam wadah atau kedalam baskom. Lalu bawa sajian ini ke tempat cucian.
  3. Sebelum ayam dibersihkan maka silahkan siapkan sebuah tatakan dan sebuah pisau. Lalu kemudian potong-potong ayam dalam bentuk kotak secara merata. Masukkan kembali ayam kedalam wadah dan sisihkan lalu bawa ke tempat cucian.
  4. Kucurkan ayam dibawah air yang mengalir dan remas-remas dada ayam ayam kotoran bisa dibersihkan secara merata. Lalu angkat dan masukkan kembali kedalam baskom.
  5. Selanjutnya adalah diamkan ayam didalam wadah dan tiriskan air cuciannya secara merata. Setelah itu, kucuri daging ayam dengan menggunakan perasan air jeruk nipis dan taburi dengan menggunakan garam secara merata.
  6. Setelah itu,d iamkan sajian ini selama kurang lebih 15 menit sampai bahan ini meresap kedalam daging dan tercampur secara merata.
  7. Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan sebuah wadah kecil dan pecahkan telur kedalamnya. Lalu kocok sajian ini secara merata sampai lepas. Lalu sisihkan dalam wadah.

Cara Membuat Nasi Bumbu Rempah Kari:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini cara pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan apin yang sedang. Lalu tunggu sampai wajan menjadi lebih panas secara merata.
  2. Setelah itu, masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas. Baru masukkan bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan bunga pekak. Dan aduk-aduk semua sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.
  3. Kemudian setelah itu, tuangkan potongan ayam kedalamnya dan aduk-aduk sampai ayam berubah warnanya dan teksturnya menjadi lebih padat secara merata.
  4. Sisihkan bumbu tumisan bersama dengan ayam ke pinggir wajan. Baru masukkan kocokan telur kebagian tengahnya secara merata dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga berbutir dan matang merata.
  5. Kemudian setelah itu, baru masukkan nasi kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini dengan merata. Baru masukkan bumbu ngohiong dan aduk kembali secara mrata.
  6. Tambahakn garam bersama dengan merica bubuk dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan teraduk bersama dengan sajian ini.
  7. Cicipi apakah bumbu sudah pas, bila belum maka anda bisa menambahkan bumbu sesuai dengan sleera anda.

Nah, setelah matang maka angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian sajian ini akan dapat anda nikmati pada saat masih hangat. Selain itu, untuk sajian daging ayam anda bisa menggantinya dengan potongan daging sapi ataupu daging kambing yang sedap.

Resep Nasi Goreng Merah Sajian Sarapan yang Enak

Bahan-Bahan:

  • 500 gram nasi
  • 1 sendok makan angkak
  • 2 butir telur
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1/2 buah bawang bombay iris panjang
  • 2 siung bawang putih cincang halus
  • 150 gram ayam fillet cincang kasar
  • 2 batang daun bawang potong miring
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam

Persiapan Membuat Nasi Goreng Merah Sajian Sarapan yang Enak:

  1. Untuk pertama kali dalam membuat sajian kali ini, persiapan menjadi langkah penting yang harus anda perhatikan dengan baik. Sebab dari persiapan kali ini maka ada beberapa bahan yang perlu diolah sebelum sajian ini dicampur dan dimasak bersama dengan bahan lainnya. Untuk itu, maka perhatikan dengan baik agar persiapan ini memudahkan anda dalam membuat sajian dari resep nasi kali ini.
  2. Persiapan yang pertama adalah dengan mempersiapkan angkaknya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menyiapkan sebauh wadah dan isikan dengan air panas secukupnya.
  3. Lalu masukkan angkak kedalamnya dan diamkan selama beberapa saat. Lalu kemudian anda akan senantiasa menyeduh kembali bahan ini selama 3 kali secara merata. Setelah diseduh sisihkan sajian ini sebelum anda mencampurkan angkak atau beras merah fermentasi ini dengan nasi.
  4. Selanjutny adalah dengan menyiapkan sebuah mangkuk kecil dan masukkan telur kedalamnya. Untuk kemudian aduk sajian ini secara merata hingga lepas sampai kuning telur dan putih telur tercampur secara merata.
  5. Selanjutnya setelah semua persiapan diatas sudah dilakukan maka anda akan siap untuk membuat sajiannasi goreng kali ini. Untuk itu, mari simak informasinya dibawah ini.

Cara Membuat Nasi Goreng Merah Sajian Sarapan yang Enak:

  1. Untuk membuat sajian nasi goreng silahkan nyalakan api sedang pada kompor. Kemudian letakkan wajan dibagian atasnya secara merata dan tunggu sampai wajan menjadi lebih panas secara merata.
  2. Setelah itu kemudian anda akan senantiasa menuangkan minyak sedikit saja kira-kira sebanyak 2 sendok makan yang sudah anda siapkan sebelumnya.
  3. Kemudian baru masukkan bumbu seperti bawang putih bersama dengan baang bombay dan tumis sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.
  4. Selanjutnya sisihkan tumisan bawang ini kebagian pinggir secara merata dengan menggunakan spatula. Lalu masukkan telur dibagian tengahnya.
  5. Aduk-aduk telur secara merata sampai hancur dan tercampur merata bersama dengan bahan lainnya. Kira-kira telur sudah mengering dan matang.
  6. Lalu anda akan dapat menuangkan ayam kedalamnya bersama dengan angkak yang sudah diseduh sebelumnya. Lalu aduk-aduk semua sajian ini sampai berubah warnanya merata.
  7. Baru anda akan dapat menuangkan nasi kedalamnya dan aduk-aduk semua bahan ini sampai nasi tercampur bersama dengan bumbu dan bahan lainnya secara merata.
  8. Setelah itu, baru masukkan bumbu kedalamnya seperti saus tiram bersama dengan garam, merica bubuk dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai semua bahan ini tercampur.
  9. Masak sampai sajian nasi berubah menajdi matang secara merata dan menjelang diangkat anda akan senantiasa menambahkan daun bawang kebagian atasnya. Lalu aduk-aduk semua bahan ini dengan merata sampai tercampur.

Nah, kini sajian nasi goreng merah sudah matang dan anda akan senantiasa dapat mengangkat sajian ini dari wajan dan hidangkan diatas piring saji. Untuk kemudian santap sajian ini bersama dengan potongan timun dan kerupuk kering yang enak dan renyah.

Resep Membuat Nasi Goreng Tomat Kreasi Sarapan Khas Keluarga Sehat

Bahan-Bahan:

  • 3 piring nasi
  • 4 buah telur
  • 4 lembar daging asap
  • 25 gram kacang polong
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 1/2 buah paprika, potong kotak
  • 1/2 sendok makan tomat pasta
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1/4 sendok teh oregano
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 tangkai daun bawang, potong halus
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Persiapan Membuat Nasi Goreng Tomat:

  1. Untuk membuat sajian kali ini kita akan awali dengan langkah persiapan dimana cara ini akan membantu anda untuk lebih mudah mengolah dan memasak sajian ini dengan lebih sederhana. Nah, melihat pentingnya langkah persiapan kali ini maka tidak sebaiknya anda melewatkan cara kali ini. Untuk itu, simak langkah persiapan dibawah ini.
  2. Bahan pertama yang akan dibuat atau dipersiapkan sebelum kita membuat sajian nasi goreng kali ini adalah dengan membuat telur ceploknya. Untuk itu, silahkan siapkan sebuah wajan diatas kompor.
  3. Nyalakan api yang sedang pada wajan dan tunggu sampai wajan menjadi lebih panas secara merata. Setelah itu, baru masukkan minyak goreng sedikit saja kira-kira sebanyak 2 sendok makan dan tunggu sampai matang.
  4. Lalu siapkan telur satu buah dan pecahkan diatas wajan dengan minyak yang sudah panas. Setelah telur berada didalam wajan maka ambil sejumput garam dan taburkan bahan ini dibagian atasnya secara merata.
  5. Setelah itu, balikan dan tunggu sampai matang. Lalu angkat dengan menggunakan spatula dan sisihkan dalam serokan.
  6. Tunggu sampai minyaknya meniris dan masukkan sajian ini dalam piring untuk kemudian sajian ini akan dapat anda sajikan. Lakukan cara yang sama pada telur yang masih ada lalu sisihkan sebentar dan hidangkan dalam wadah.
  7. Sementara untuk daging asap, anda akan dapat mengambil sebuah pisau dan sebuah tatakan. Lalu potong-potong sajian ini dengan bentuk memanjang dan sisihkan dalam sebuah wadah.

Cara Membuat Nasi Goreng Tomat:

  1. Untuk membuat sajian kali ini, panaskan minyak bekas menggoreng telur lalu masukkan bawang bombay kedalamnya. Lalu tumis sajian ini sampai tercium bau harum yang enak dan sedap.
  2. Baru setelah itu, masukkan bahan lainnya seperti paprika dan aduk-aduk kembali semua sajian ini secara merata sampai setengah layu dan tercium bau enak yang sedap.
  3. Kemudian setelah itu, masukkan daging asap kedalamnya dan aduk-aduk sajian ini sebentar saja sampai daging berubah warnanya menjadi lebih pucat dan matang.
  4. Setelah itu, baru anda akan senantiasa dapat menambahkan nasi kedalam sajian ini dan masukkan dengan perlahan. Lalu aduk-aduk semua sajian ini sampai merata dan tercampur bersama dengan bumbu lainnya dengan merata.
  5. Bumbui dengan mengguankan saus timat, pasta tomat dan berikan merica bersama dengan garam dan sedikit oregano. Lalu aduk-aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur.
  6. Selanjutnya adalah dengan menambahkan potongan daun bawang kedalamnya bersama dengan kacang polong dan aduk-aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur merata.
  7. Jangan lupa cicipi pula rasanya apakah sudah pas atau belum. Bila rasanya belum sesuai dengan selera anda maka anda bisa menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya.

Nah, setelah matang hidangan ini akan senantiasa menyajikannya dalam sebuah wadah. Untuk kemudian nikmati hidangan ini bersama dengan kerupuk dan acar untuk memberikan rasa yang lebih enak dan lezat.

Resep Nasi Goreng Tabur Telur Dadar Bekal yang Sederhana Namun Enak

Bahan-Bahan:

  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok makan air
  • 1/8 sendok teh garam

Bahan-Bahan:

  • 3 piring nasi putih
  • 1 buah paha ayam
  • 2 buah cabai hijau, potong serong
  • 1/2 buah bawang bombay, potong 1×1 cm
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • 1/2 sendok teh kecap ikan
  • 2 tangkai daun bawang, iris halus
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh angciu
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Persiapan Membuat Nasi Goreng Tabur Telur Dadar:

  1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan. Apalagi ada beberapa bahan pada resep yang perlu untuk kita olah terlebih dahulu sebelum sajian ini dicampurkan bersama dengan bahan-bahan lainnya. Bila anda mengolahnya terlebih dahulu tentunya akan lebih mudah untuk anda meracik sajian nasi goreng kali ini.
  2. Adapun persiapan yang perlu didahulukan adalah dengan membuat telur dadaranya. Caranya adalah siapkan sebuah wajan datar diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Lalu masukkan margarin kedalamnya.
  3. Selagi menunggu margarin mencair dan panas maka silahkan pecahkan telur dalam wadah dan aduk-aduk secara merata. Lalu tambahkan kedalamnya air bersama dengan garam untuk memberikan rasa.
  4. Setelah itu, aduk-aduk semua sajian ini secara merata dan tuangkan kedalam wajan. Namun bagi menjadi dua adonan.
  5. Tunggu sampai matang dan angkat sajian ini setelah matang. Lalu gulung diatas tatakan dan potong dengan menggunakan pisau dengan tipis saja. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sebelum anda mencampurkan bahan ini bersama dengan bahan lainnya.
  6. Untuk bahan lainnya anda akan dapat menyiapkan ayam dan bersihkan sajian ini dengan merata dengan mengcurkannya dibawah air yang mengalir.
  7. Bila sudah selesai maka selanjutnya potong kecil-kecil ayam dengan bentuk dadu dan sisihkan dalam wadah sebab sajian ini akan kita campurkan dengan bahan lainnya secara merata.

Cara Membuat Nasi Goreng Tabur Telur Dadar:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan senantiasa dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Silahkan siapkan sebuah wajan dan simpan diatas kompor. Lalu kemudian nyalakan api sedang pada kompor.
  2. Setelah itu, tunggu sampai wajan menjadi lebih panas secara merata. Baru masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas merata.
  3. Kemudian setelah itu, baru masukkan bawang putih bersama dengan bawang bombay dan juga cabai hijau. Lalu aduk-aduk dan tumis sajian ini sampai harum dan lebih layu secara merata.
  4. Selanjutnya adalah dengan memasukkan ayam kedalanya dan aduk-aduk sajian ini secara merata hingga ayam berubah warnanya dan lebih matang secara merata.
  5. Setelah itu, baru anda akna senantiasa akan dapat memasukkan nasi kedalanya dan aduk secara merata sampai nasi tercampur merata bersama dengan bumbu yang anda masak.
  6. Setelah itu, baru tambahkan kecap ikan dan masukkan kecap manis juga saus tiram bersama angciu. Lalu aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur merata.
  7. Masukkan daun baang menjelang matang dan tercampur secara merata. Lalu bumbui dengan garam bersama dengan merica dan juga minyak wijen dan aduk-aduk kembali semua sajian ini secara merata hingga matan.
  8. Angkat sajian ini dari wajan dan masukkan dalam sebauh wadah untuk kemudian hidangan ini akan tentu dapat anda nikmati saat masih hangat.

Taburkan telur dadar yang sudah anda potong-potong sebelumnya. Nikmati sajian ini dengan taburan bawang goreng untuk memberikan rasa yang lebih enak dan nikmat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons