Aneka Resep Martabak Manis Mini yang Sedap dan Enak

Sajikan lezat dan nikmatnya hidangan martabak manis mini yang akan dapat menjadi cemilan sedap di rumah anda. Aneka topping yang nikmat akan menjadi kreasi pilihan rasa yang beragam untuk olahan martabak kali ini. Nah, untuk anda yang penasaran seperti apa saja aneka resep martabak manis mini. Maka tak perlu khawatir simak informasinya dibawah ini.

Resep Martabak Manis Mini Original yang Mudah dan Praktis

Aneka Resep Martabak Manis Mini yang Sedap dan Enak

Bahan-Bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 650 ml air

Bahan Taburan Per Loyang:

  • 1 sendok makan meises
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok makan mentega asin 
  • 25 gram keju parut
  • 1/4 sendok teh wijen sangrai
  • 1/2 sendok makan susu kental manis

Persiapan Martabak Manis Mini Original yang Mudah dan Praktis:

  1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kue kali ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan. Persiapan peralatan adalah hal penting yang perlu anda lakukan karena dengan persiapan nantinya anda akan dapat lebih mudah membuat adonan karena terkesan lebih fokus. Untuk itu, melihat pentingnya peralatan kali ini maka jangan lewatkan langkah yang satu ini.
  2. Peralatan pertama yang perlu anda persiapkan adalah cetakan martabak mini. Bentuk dari cetakan ini adalah satu rangkaian cetakan yang dibagian dalamnya terdapat bolongan yang tidak terlalu cekung. Untuk itu, maka silahkan persiapkan peralatan yang satu ini.
  3. Setelah mempersiapkan peralatan diatas selanjutnya siapkan pula sebuah baskom. Yang nantinya alat ini akan kita gunakan untuk membuat adonan martabak dari semua bahan yang ada pada resep.
  4. Kemudian setelah itu, silahkan ambil baskom yang sudah anda siapkan sebelumnya. Lalu masukkan telur dan pecahkan kedalamnya satu demi satu. Lalu dengan menggunakan kocokan silahkan kocok sajian ini secara merata sampai mengembang.
  5. Bila sudah selesai, sisihkan terlebih dahulu bahan diatas sebab anda akan dapat melanjutkan langkah kali ini dengan cara membuat martabak manis mini dibawah ini.

Cara Martabak Manis Mini Original yang Mudah dan Praktis:

  1. Untuk membuat sajian kulit martabak anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mengayak tepung terigu bersama dengan baking powder. Ayak semua sajian ini secara merata sampai tidak ada bagian partikel kasar yang terdapat dalam bahan-bahan ini.
  2. Masukkan dalam wadah yang berbeda dan sisihkan sebelum kita mencampur sajian bahan ini dengan bahan-bahan lainnya.
  3. Setelah itu, ambil baskom yang berisikan dengan telur dan masukkan gula pasir kedalamnya bersama dengan vanili bubuk dan garam. Aduk-aduk semua sajian ini sampai merata dan tercampur.
  4. Baru setelah sajian diatas tercampur, maka anda akan dapat memasukkan sajian campuran tepung terigu kedalamnya. Aduk-aduk kembali sampai semua sajian ini tercampur secara merata dan tidak ada bahan yang mengelembung.
  5. Tuangkan air kedalam adonan sedikit demi sedikit dengan perlahan sambil terus dikocok secara merata dengan kecepatan yang sedang selama kurang lebih 20 menit sampai adonan benar-benar lembut secara merata.
  6. Setelah selesai, silahkan timbang adonan sebanyak 125 gram. Lalu tambahkan kedalamnya sebanyak 1/4 sendok teh baking powder dan aduk-aduk sajian ini secara merata.
  7. Panaskan cetakan martabak dan olesi dengan menggunakan margarin. Lalu tuangkan adonan kebagian atasnya secara merata. Lalu tabuti dengan gula dan biarkan sampai berbusa lalu panggang dengan api yang kecil. Biarkan sampai berlubang. Tutup dan masak sajian ini sampai matang.
  8. Setelah matang, angkat dan sisihkan dalam tatakan. Lalu berikan dengan toping yang sudah anda siapkan. Anda bisa memasukkan topping dengan takaran yang anda inginkan.

Resep Membuat Martabak Manis Mini Keju Susu yang Mantap

Aneka Resep Martabak Manis Mini yang Sedap dan Enak

Bahan-Bahan:

  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 650 ml air

Bahan Topping Martabak:

  • 1/2 sendok makan mentega asin
  • 1/2 sendok makan susu kental manis
  • 50 gram keju parut
  • 1/2 sendok teh gula pasir

Persiapan Membuat Martabak Manis Mini Keju Susu yang Mantap:

  1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mengocok telur sampai lepas dalam sebuah wadah. Caranya adalah dengan pecahkan telur dengan satu persatu dalam sebuah wadah. Kemudian dengan menggunakan mixer pada kecepatan tinggi, silahkan aduk secara merata semua bagian telur sampai mengembang.
  2. Bila bahan ini sudah tercampur dan mengembang maka sisihkan sajian ini sebelum anda mencampurkannya dengan bahan-bahan lainnya.
  3. Selagi menunggu silahkan siapkan pula peralatan lain seperti sebuah baskom yang lain dan juga sebuah cetakan martabak.
  4. Untuk cetakan martabak sendiri ada cetakan khusus yang dibagian tengahnya terdapat cekungan yang tidak terlalu dalam untuk membuat martabak.
  5. Bila semua bahan sudah disiapkan anda akan bisa melanjutkan cara ini pada langkah yang selanjutnya.

Persiapan Membuat Martabak Manis Mini Keju Susu yang Mantap:

  1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu membuat kulit martabaknya. Cara ini akan dapat anda lakukan dengan menyiapkan telur yang sudah anda kocok. Lalu masukkan gula kedalamnya.
  2. Dengan menggunakan mixer silahkan kocok sajian ini secara merata sampai tercampur dan teraduk. Gunakan kecepatan tinggi pada mixer sampai semua sajian ini tercampur dan gula menjadi lebih halus.
  3. Kemudian setelah itu, masukkan pula vanili bubuk bersama dengan garam. Aduk merata dan kecilkan kecepatan pada mixer lalu perlahan tuangkan tepung terigu bersama dengan baking powder sambil diayak dengan perlahan.
  4. Setelah itu, baru tuangkan air sedikit demi sedikit dengan perlahan sambil dikocok dengan kecepatan yang rendah. Aduk semua sajian ini selama kurang lebih 20 menit sampai tercampur.
  5. Lalu diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam agar menjadi lebih mengembang secara merata.
  6. Setelah itu, takar adonan sebanyak 125 gram. lalu tambahkan dengan sebanyak 1/4 teh baking powder yang sudah anda siapkan. Aduk kembali semua sajian ini secara merata.
  7. Masukkan adonan kedalam cetakan martabak mini. Lalu panaskan adonan selama kurang lebih 15 menit. Lalu biarkan berbusa. Setelah itu, kecilkan api dan tabuti dengan 1/2 sendok teh gula pasir bagian atasnya.
  8. Masak martabak sampai berlubang. Lalu tutupi bagian atasnya dengan menggunakan penutup. Biarkan sampai matang.

Setelah matang, angkat dan olesi bagian permukaannya dengan menggunakan mentega secara merata. Setelah itu, kucuri dengan susu kental manis dan berikan taburan keju dibagian atas secara merata.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons