Aneka Resep Martabak Manis Aneka Topping yang Sedap

    Kini setiap kali anda ngiler ingin menciptakan hidangan yang lezat dari olahan martabak. Anda tak perlu lagi pusing atau menyengaja pergi ke tempat penjual martabak untuk bisa menikmati lezatnya sajian yang satu ini. Sebab dengan resep kali ini anda akan tentu dapat membuat hidangan ini dengan mudah di rumah. Mari kita simak aneka resep martabak manis dengan aneka topping yang khas.

    Resep Martabak Manis Klasik yang Nikmat

    Nama Resep

    Resep Martabak Manis Klasik yang Nikmat

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 75 menit
    Memasak : 15 menit
    Total : 90 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 500 gr tepung terigu
    • 150 gr gula
    • 1 kuning telur
    • 1/2 sdt garam
    • 1 butir telur
    • 250 ml air
    • 5 gr soda kue
    • 10 gr susu bubuk
    • 300 ml air

    Bahan Topping:

    • Margarin, secukupnya
    • 100 ml susu kental manis putih
    • 50 gr meises cokelat
    • 200 gr keju Cheddar, parut
    • 100 gr kacang tanah, cincang kasar

    Persiapan Membuat Martabak Manis Klasik yang Nikmat:

    1. Cara pertama yang akan kita lakukan untuk membuat hidangan kali ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan semua peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat hidangan kali ini. Beberapa peralatan penting diantaranya adalah cetakan martabak, sebuah baskom dan beberapa buah wadah.
    2. Setelah selesai dengan mempersiapkan peralatan diatas silahkan siapkan sebuah wadah dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Lalu masukkan kedalamnya telur bersama dengan gula dan kocok semua sajian ini secara merata.
    3. Jangan lupa pula untuk mengolesi cetakan martabak dengan menggunakan margarin. Hal ini dilakukan agar cetakan martabak tidak lengket pada saat adonan dimasukkan kedalamnya.
    4. Sambil mengocok bahan yang sudah anda persiapkan pastikan bila adonan mengembang. Nah, untuk memudahkan adonan mengembang secara merata silahkan gunakan kecepatan tinggi pada mixer secara merata.

    Cara Membuat Martabak Manis Klasik yang Nikmat:

    1. Untuk membuat sajian kali ini lakukan dengan menambahkan garam bersama dengan air kedalam campuran telur dan gula. Aduk kembali semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan adonan berubah menjadi lebih berbusa secara merata.
    2. Setelah itu, masukkan p[ula adonan seperti tepung kedalamnya bersama dengan bahan kering lainnya, yakni susu bubuk bersama dengan soda kue. Aduk-aduk dan masukkan sajian ini dengan mengayaknya secara perlahan dan merata.
    3. Kemudian setelah itu, silahkan masukkan p[ula air kedalamnya dan kali ini anda akan dapat menggunakan spatula untuk mengaduk adonan secara merata.
    4. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit sampai agak naik. Lalu masukkan kuning telur kedalamnya dan aduk kembali dengan menggunakan mixer secara merata sampai adonan berubah warnanya menjadi lebih kuning secara merata.
    5. Selanjutnya silahkan sisihkan adonan dan panaskan cetakan martabak diatas api kecil tunggu sampai alat ini menjadi lebih panas secara merata.
    6. Kemudian setelah itu, silahkan tuangkan setengah adonan kedalamnya dan tutupi dengan menggunakan tutup panci atau penutup cetakan. Biarkan adonan menjadi berbolong bagian tengahnya secara merata.
    7. Angkat penutup dan tambahkan gula dibagian atasnya secara merata biarkan dan masak sajian ini sampai matang dan merata.
    8. Bila sudah matang, angkat sajian ini dan olesi dengan menggunakan margarin secara merata. Lalu berikan dengan topping diawali dengan memberikan kucuran susu kental manis secara merata.
    9. Lalu tambahkan kedalamnya parutan keju bersama dengan meises dan kacang yang sudah anda rajang dengan halus.
    10. Tutupi dengan setengah bagian lainnya lalu tumpuk secara merata. Kini anda mendapati martabak manis original anda sudah matang dan akan siap disantap bersama dengan keluarga.

    Resep Martabak Mini Teflon yang Mudah dan Sederhana

    Nama Resep

    Resep Martabak Mini Teflon yang Mudah dan Sederhana

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 75 menit
    Memasak : 15 menit
    Total : 90 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 250 gr terigu
    • 350 ml air
    • 1/2 sdt garam
    • 2 sdm gula pasir
    • 1 sdt baking soda
    • 1 butir telur
    • 1 sachet susu bubuk
    • Optional vanilli/matcha/perisa

    Bahan Topping:

    • Secukupnya margarin
    • Secukupnya susu kental manis
    • Topping pilihan keju/kacang/meises/nutella/dll

    Cara Membuat Adonan Martabak Mini Teflon yang Mudah dan Sederhana:

    1. Untuk membuat adonan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa peralatan untuk membuat sajian martabak kali ini. Beberapa peralatan yang anda butuhkan diantaranya adalah beberapa buah baskom, satu buah baskom adonan dan sebuah teflon atau yang sering kali disebut dengan wajan datar anti lengket.
    2. Setelah mempersiapkan semua peralatan diatas kini anda akan dapat memulai untuk membuat adonan. Caranya silahkan siapkan sebuah wadah atau baskom adonan.
    3. Lalu masukkan kedalamnya beberapa bahan kering seperti susu bubuk, tepung terigu dan garam. Aduk-aduk semua sajian ini dan saring sampai tidak ada partikel besar yang masih ada pada bahan-bahan ini. Masukkan bahan yang sudah dicampur kedalam sebuah wadah dan sisihkan sementara.
    4. Kemudian masukkan beberapa bahan kedalam wadah adonan yakni telur bersama dengan gula pasir. Kemudian dengan menggunakan mixer silahkan kocok semua bahan ini pada kecepatan yang tinggi sampai adonan menjadi lebih mengembang dan gula menjadi larut bersama dengan telur yang anda kocok.
    5. Setelah adonan tercampur secara merata, selanjutnya silahkan masukkan kedalamnya campuran bahan kering yang sudah kita aduk sebelumnya. Kemudian masukkan dengan perlahan sambil diayak secara merata.
    6. Bila adonan sudah tercampur secara merata, silahkan selanjutnya masukkan air kedalam adonan secukupnya saja. Kemudian aduk-aduk kembali sampai adonan berubah menjadi lebih mengental secara merata.
    7. Nah, setelah adonan sudah dikocok dan mengembang secara merata. Baru tutupi dengan menggunakan plastik wrap secara merata. Atau gunakan handuk yang lembab yang sudah anda basahi sebelumnya. Bila sudah selesai tinggalkan dan diamkan selama kurang lebih 1 jam agar adonan mengembang secara merata.
    8. Nah, setelah 1 jam baru masukkan baking soda bersama dengan perisa dan aduk-aduk kembali semua adonan ini secara merata sampai tercampur.

    Cara Membuat Martabak Manis Teflon:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini silahkan panaskan terlebih dahulu teflon atau wajan datar anti lengket diatas api dengan panas yang kecil saja.
    2. Setelah itu, jangan lupa lumuri bagian permukaannya dengan menggunakan margarin secara merata. Cara ini dilakukan agar adonan tidak lengket pada saat anda memasukkannya kedalam teflon.
    3. Setelah mentega atau margarin menjadi lebih leleh, selanjutnya silahkan sendokan adonan kedalamnya dan masak secara merata. Lalu tutupi dengan menggunakan penutup atau dengan menggunakan panci.
    4. Kemudian setelah adonan berubah menjadi berongga bagian permukaannya. Silahkan masukkan gula pasir dibagian atasnya secara merata. Lalu masak kembali dan tutup sampai adonan menjadi matang dan bagian pinggirnya berubah menjadi krispi.
    5. Bila sudah matang, angkat dan oleskan margarin dibagian permukaan martabak. Lalu berikan dengan susu kental manis secara merata dan taburi dengan menggunakan keju dan topping yang anda pilih.

    Tumpuk menjadi dua dengan bagian yang tidak diberikan toping. Kemudian anda akan dapat memotong sajian ini sebelum anda menghidangkannya dalam sebuah wadah.

    Resep dan Cara Membuat Martabak Bangka yang Asli dan Lembut

    Nama Resep

    Resep dan Cara Membuat Martabak Bangka yang Asli dan Lembut

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 75 menit
    Memasak : 15 menit
    Total : 90 Menit

    Bahan-Bahan:

    • tepung terigu 125 gram
    • telur 2 butir
    • gula pasir 50 gram
    • baking powder 1/4 sendok teh
    • ragi instan 1 sendok teh
    • air 175 cc
    • garam 1/4 sendok teh

    Bahan Taburan:

    • gula pasir
    • Keju cheddar
    • susu kental manis
    • meises

    Cara Membuat Adonan Martabak Bangka yang Asli dan Lembut:

    1. Untuk membuat sajian adonan dari masakan kue kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mempersiapkan wadah dan peralatan untuk membuat adonan kali ini. Beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah beberapa buah baskom, sebuah mixer, cetakan martabak dan sebuah penutup untuk cetakan martabak. Setelah semua peralatan ini disediakan secara merata selanjutnya anda akan dapat membuat hidangan masakan kali ini.
    2. Untuk membuat adonan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mencampurkan bahan-bahan kering pada resep menjadi satu. Hal ini penting sekali agar adonan bahan kering tercampur secara merata dengan lebih mudah.
    3. Bahan-bahan kering yang perlu dicampur diantaranya adalah tepung terigu bersama dengan garam dan baking powder. Aduk-aduk semua bahan ini dalam sebuah wadah secara merata.
    4. Setelah selesai mencampurkan semua bahan ini, selanjutnya sisihkan dan ambil sebuah baskom untuk mencampurkan adonan secara merata.
    5. Masukkan kedalamnya telur bersama dengan gula pasir secara merata. Kemudian dengan menggunakan mixer set kecepatan paling tinggi dan aduk semua sajian ini secara merata sampai mengembang dan tercampur.
    6. Setelah semua bahan tercampur, selanjutnya silahkan masukkan air kedalam adonan dan kocok sampai adonan menjadi lebih kental secara merata.
    7. Baru setelah itu, masukkan adonan kering yang sudah anda campur sebelumnya sampai adonan ini berubah menjadi lebih mengental bersama dengan adonan yang anda masukkan dalam sebuah wadah.
    8. Setelah adonan mengental baru masukkan ragi instan yang sudah anda siapkan. Kemudian aduk-aduk kembali semua sajian ini secara merata sampai tercampur.
    9. Baru setelah itu, diamkan adonan selama kurang lebih 2 jam agar adonan menjadi lebih mengembang secara merata.

    Cara Membuat Martabak Bangka yang Asli dan Lembut:

    1. Untuk membuat adonan kali ini, silahkan panaskan cetakan dan olesi dengan margarin agar adonan dapat dimasak pada cetakan secara merata.
    2. Setelah cetakan panas secara merata, silahkan masukkan adonan kedalam cetakan dan ratakan bagian sisinya agar lebih tipis secara merata.
    3. Setelah itu, tutupi cetakan dengan menggunakan penutup agar adonan yang anda masak bisa matang secara merata dan kering bagian pinggirnya.
    4. Setelah setengah matang dan adonan menjadi berongga bagian tengahnya dan permukaannya. Silahkan taburkan gula pasir dibagian tengahnya secara merata.
    5. Lalu masak kembali sajian ini sampai matang secara merata. Gunakan api kecil pada saat anda memanggang adonan margarin secara merata.
    6. Setelah matang, angkat sajian ini dari cetakan dan tempatkan diatas tatakan. Selanjutnya anda akan dapat menaburkan topping dibagian atasnya secara merata.
    7. Tumpuk martabak yang sudah matang menjadi dua bagian dan kini anda akan dapat menikmati hidangan ini dengan cara memotongnya terlebih dahulu menjadi bentuk persegi dengan ukuran yang anda inginkan.

    Resep Martabak Manis Terang Bulan yang Mudah dan Praktis

    Nama Resep

    Resep Martabak Manis Terang Bulan yang Mudah dan Praktis

    4.9 review 76

    Waktu Memasak

    Persiapan : 75 menit
    Memasak : 15 menit
    Total : 90 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 400 gram tepung terigu
    • 2 butir telur
    • 5 gram ragi instan
    • 80 gram gula pasir
    • 4 gram garam halus
    • sedikit vanili
    • 450 ml air
    • 2 gram soda kue
    • 50 gram mentega

    Bahan Olesan dan Topping:

    • margarin secukupnya
    • meises secukupnya
    • keju parut secukupnya

    Cara Membuat Adonan Martabak Manis Terang Bulan yang Mudah dan Praktis:

    1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat hidangan kali ini adalah dengan terlebih dahulu melakukan persiapan pada semua peralatan yang akan anda butuhkan. Hal ini akan memudahkan anda untuk bisa membuat adonan dengan lebih praktis dan lebih cepat. Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah cetakan martabak mini. Lalu sebuah mixer, beberapa buah baskom dan beberapa wadah.
    2. Setelah mempersiapkan semua peralatan yang akan dibutuhkan selanjutnya anda akan siap untuk membuat hidangan masakan kue kali ini. Namun terlebih dahulu silahkan cairkan mentega dalam sebuah wajan.
    3. Bila mentega sudah mencair, angkat sajian ini dan sisihkan dalam sebuah wadah. Tunggu agar hidangan ini menjadi lebih hangat pada suhu ruangan.
    4. Untuk membuat adonan kali ini silahkan masukkan kedalam sebuah baskom telur bersama dengan gula. Lalu siapkan mixer dan set dengan kecepatan paling tinggi. Kemudian aduk sajian ini secara merata sampai mengembang dan telur menjadi lebih pucat serta gula menjadi lebih larut dengan telur yang anda kocok.
    5. Bila adonan sudah mengembang seperti yang diharapkan, selanjutnya silahkan masukkan ragi instan kedalamnya dan aduk-aduk kembali dengan menggunakan kecepatan tinggi sampai semua adonan ini berubah menjadi lebih mengembang secara merata.
    6. Kemudian setelah itu, masukkan tepung terigu kedalamnya dengan diayak secara perlahan dan hati-hati agar adonan tidak berhamburan.
    7. Setelah itu, baru masukkan soda kue bersama dengan vanili. Aduk-aduk kembali sampai semua sajian ini tercampur secara merata dan teraduk.
    8. Kini anda akan dapat menambahkan mentega yang sudah anda cairkan kedalamnya. Lalu masukkan pula air secukupnya untuk selanjutnya aduk semua sajian in secara merata sampai tercampur dan merata.
    9. Setelah adonan tercampur diamkan atau sisihkan terlebih dahulu adonan selama kurang lebih 1 jam agar adonan mengembang. Lalu tutupi dengan menggunakan lap basah yang lembab.

    Cara Membuat Martabak Manis Terang Bulan yang Mudah dan Praktis:

    1. Untuk membuat hidangan masakan kali ini silahkan lakukan dengan memanaskan cetakan martabak diatas api yang kecil. Lalu olesi dengan menggunakan margarin secara merata. Tunggu sampai margarin meleleh secara merata.
    2. Bila sudah selesai, selanjutnya silahkan masukkan adonan kedalamnya dan ratakan bagian pinggirnya dengan menggunakan sendok adonan. Hal ini dilakukan agar nantinya adonan memiliki bagian pinggir yang krispi dan renyah.
    3. Setelah itu, tutupi bagian cetakan martabak dengan menggunakan penutup secara merata. Lalu masak sajian ini sampai setengah matang dan bagian permukaannya berubah menjadi berongga.
    4. Setelah setengah matang, buka penutup cetakan dan taburkan gula pasir dibagian atasnya secara merata. Tutupi kembali cetakan dengan menggunakan penutupnya dan masak sajian kali ini sampai matang secara merata.
    5. Bila sudah matang selagi masih hangat, silahkan lumuri dengan menggunakan margarin secara merata. Lalu berikan topping disalah seluruh bagian martabak secara merata.

    Kini setelah matang sajian martabak manis terang bulan akan dapat anda nikmati dan cicipi bersama dengan keluarga.

    Loading...