Aneka Resep Kue Klasik Natal Sajian Ceria

Momen Natal selalu khas dengan aneka sajian makanan termasuk dengan kue-kue klasik dengan cita rasa yang manis. Nah, untuk anda yang ingin menyajikan hidangan kue pada saat Natal namun kebingungan menu kue apa yang akan dihidangkan. Tak perlu khawatir kali ini mari kita simak aneka resep kue klasik yang selalu ada pada momen perayaan Natal. Ingin tahu seperti apa resepnya? Simak langsung dibawah ini hanya untuk anda.

Resep Membuat Panettone Khas Natal yang Nikmat

Aneka Resep Kue Klasik Natal Sajian Ceria

Bahan-Bahan:

  • 1000 g terigu protein tinggi
  • 25 g ragi kering instant
  • 3 g baking powder
  • 5 g bread improver
  • 150 g gula pasir
  • 100 g air es
  • 50 g susu bubuk
  • 350 g telur utuh
  • 150 g kuning telur
  • 100 g margarin
  • 15 g garam
  • 200 g mentega unsalted
  • 150 g sukade/mixfruit/choco

Persiapan Membuat Panettone Khas Natal yang Nikmat:

  1. Untuk yang pertama akan dapat anda lakukan dengan terlebih dahulu menyiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat hidangan roti kali ini. Beberapa peralatan yang akan dibutuhkan diantaranya adalah sebuah loyang telah diolesi dengan menggunakan mentega dan ditaburi dengan sedikit tepung. Cara ini dilakukan agar adonan yang disimpan diatas loyang tidak lengket pada saat dikeluarkan.
  2. Setelah melumeri loyang dengan menggunakan margarin, langkah selanjutnya adalah dengan memanaskan oven pada suhu 180 derajat Celcius. Lalu sisihkan sementara.
  3. Bila sudah selesai maka selanjutnya anda akan siap untuk memulai membuat adonan.

Cara Membuat Panettone Khas Natal yang Nikmat:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini silahkan siapkan sebuah wadah atau baskom dengan ukuran yang sedang. Lalu masukkan kedalamnya terigu bersama dengan gula pasir, gula bubuk, ragi, baking powder dan bread improver. Masukkan dalam wadah yang sama dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata.
  2. Lalu aduk semua sajian ini dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang sedang sampai gula menjadi lebih larut secara merata.
  3. Setelah itu, masukkan air es kedalamnya bersama dengan bahan lain yakni kuning telur dan juga telur utuh. Aduk terus dengan kecepatan yang rendah agar semua sajian ini tercampur merata.
  4. Tambahkan garam, margarin dan mentega kemudian aduk merata semua sajian ini dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang sedang. Lanjutkan mengaduk sampai semua adonan berubah menjadi kalis atau tidak lengket pada tangan.
  5. Bila adonan sudah kalis, baru selanjutnya angkat adonan dari mixer kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit dan tutup dengan menggunakan plastik.
  6. Kemudian timbang adonan sebanyak masing-masing 60 gram, bulatkan dengan menggunakan tangan dan tempatkan diatas paper cup. Kemudian susun adonan diatas loyang yang sebelumnya sudah dilumuri dengan menggunakan margarin.
  7. Fermentasikan adonan kurang lebih 75 menit sebelum anda memanggang hidangan ini didalam oven.
  8. Masukkan kedalam oven dan panggang selama kurang lebih 12 menit atau sampai mengembang dan matang secara merata.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji. Nikmati panettone ini dengan hidangan kue lainnya yang anda buat untuk sajian hari Natal dan tahun baru. Sebagai tambahan anda akan dapat menaburkan

Resep Membuat Stick Cheese Kudapan Natal yang Khas

Aneka Resep Kue Klasik Natal Sajian Ceria

Bahan-Bahan:

  • 5 g bread improver
  • 400 g terigu protein rendah
  • 15 g ragi kering instant
  • 150 g gula pasir
  • 600 g terigu protein tinggi
  • 120 g margarin
  • 50 g susu bubuk
  • bubuk oregano secukupnya
  • 15 g garam
  • 550 g air es
  • 100 g keju parut

Persiapan Membuat Stick Cheese Kudapan Natal yang Khas:

  1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mempersiapkan beberapa peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat hidangan kali ini. Beberapa peralatan untuk membuat kue diantaranya adalah sebuah loyang, oven dan sebuah mixer juga beberapa buah baskom.
  2. Selanjutnya kita akan olesi terlebih dahulu loyang dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini dilakukan agar nantinya loyang tidak lengket pada saat anda memasukkan adonan kedalamnya. Setelah selesai, sisihkan sementara sebelum anda melanjutkan langkah berikutnya.
  3. Kemudian panaskan oven pada suhu 170 derajat Celcius. Set suhu dengan baik dan tekan tombol Start agar oven mulai panas.
  4. Nah, setelah semua peralatan dan persiapkan sudah anda lakukan. Selanjutnya anda akan dapat membuat adonan stick cheese kali ini dengan merata.

Cara Membuat Stick Cheese Kudapan Natal yang Khas:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini silahkan siapkan sebuah baskom atau sebuah wadah. Kemudian masukkan kedalamnya terigu bersama dengan gula pasir, tepung terigu, susu bubuk dan juga bread improver.
  2. Lalu dengan menggunakan mixer silahkan aduk dengan kecepatan tinggi sampai semua sajian ini tercampur secara merata.
  3. Tuangkan air kedalamnya dan aduk-aduk kembali dengan menggunakan mixer pada kesempatan yang sedang. Pastikan semua sajian ini tercampur merata dan teraduk.
  4. Masukkan garam bersama dengan margarin kedalamnya untuk selanjutnya kembali mixer sampai semua sajian ini menjadi lebih tercampur dan kalis secara merata.
  5. Angkat adonan bila sudah kalis dan tercampur. Sisihkan mixer yang baru saja anda gunakan. Lalu istirahatkan sajian ini diatas meja selama kurang lebih 10 menit sampai mengembang. Gunakan penutup dengan plastik pastikan anda membungkusnya secara merata dan keseluruhan.
  6. Setelah didiamkan, selanjutnya potong adonan dan ukur sebanyak masing-masing 20 gram. Lalu bulatkan dengan menggunakan tangan dengan merata dan istirahatkan kembali adonan selama 10 menit lagi. Lalu sisihkan.
  7. Setelah itu, ambil adonan dan roll dengan memanjang untuk selanjutnya susun diatas loyang dengan ukuran 60×40 yang sebelumnya sudah anda lumuri dengan menggunakan margarin dan ditaburi dengan tepung.
  8. Sebelum anda memanggang adonan didalam oven, silahkan fermentasikan terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam sampai lebih mengembang.
  9. Lalu poles bagian atasnya dengan menggunakan susu cair dan taburi bagian permukaannya dengan keju parut dan juga oregano secukupnya saja.
  10. Baru setelah itu panggang didalam oven yang sudah anda panaskan sebelumnya. Panggang selama kurang lebih 12 menit atau sampai matang secara merata.

Setelah matang, angkat dan keluarkan dari oven. Tunggu sampai stick cheese menjadi lebih hangat baru angkat dari Loyang dan anda akan mendapati sajian kue kali ini kering dan krispi.

Resep Membuat Kue Muffin Coklat yang Sedap dan Lembut

Aneka Resep Kue Klasik Natal Sajian Ceria

Bahan-Bahan:

  • 150 gram tepung terigu
  • 15 gram cokelat bubuk
  • 1 butir telur
  • 35 gram margarin
  • 1 1/2 sendok teh baking powder
  • 60 gram gula pasir
  • 25 gram keping cokelat
  • 100 gram cokelat masak pekat
  • 100 ml susu cair

Persiapan Membuat Kue Muffin Coklat yang Sedap dan Lembut:

  1. Siapkan terlebih dahulu sebuah baskom, sebuah mixer, sebuah oven dan juga beberapa lembar cup muffin. Beberapa peralatan ini akan penting untuk anda siapkan untuk memudahkan anda membuat sajian kue muffin coklat kali ini.
  2. Setelah selesai, silahkan panaskan terlebih dahulu oven dengan suhu 190 derajat Celcius. Lalu tekan tombol Start untuk memulai suhu pada oven. Lalu diamkan sementara sebelum anda melakukan langkah lainnya.
  3. Kemudian siapkan pula loyang muffin yang mana bagian tengahnya terdapat bolongan untuk cup muffin. Lalu semprot dengan minyak atau dilumuri dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini dilakukan agar loyang yang anda gunakan tidak lengket pada saat anda mengeluarkan adonan yang sudah jadi.
  4. Bila sudah selesai, kemudian silahkan siapkan sebuah wajan dan tempatkan diatas api yang sedang. Kemudian masukkan margarin kedalamnya dan cairkan margarin dengan menggunakan api yang sedang.
  5. Setelah cair, angkat sajian ini dan sisihkan dalam sebuah wadah. Untuk kemudian anda akan dapat mencairkan bahan lainnya pada resep.
  6. Bahan berikutnya yang perlu untuk dicairkan adalah coklat masak pekat. Caranya adalah dengan mendidihkan air dalam sebuah panci. Kemudian masukkan mangkuk anti panas kedalamnya.
  7. Tuangkan coklat kedalamnya dan tunggu sampai bahan tersebut menjadi lebih cair. Jangan lupa untuk mengaduknya dengan perlahan secara merata.

Cara Membuat Membuat Kue Muffin Coklat yang Sedap dan Lembut:

  1. Untuk membuat kue muffin kali ini anda akan dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah wadah. Kemudian ayak beberapa bahan kering seperti tepung, coklat bubuk dan juga baking powder. Aduk-aduk dan saring bahan ini dengan menggunakan sarangan secara merata.
  2. Tambahkan margarin leleh dan gula pasir kedalamnya. Lalu aduk-aduk secara merata bahan ini dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang sedang. Pastikan semua sajian didalam adonan tercampur dan mengental secara merata.
  3. Dalam wadah yang lain, silahkan pecahkan telur dan masukkan pula susu cair kedalamnya. Aduk-aduk secara merata dan kocok sajian ini sampai lepas dan lebih mengembang secara merata.
  4. Masukkan coklat masak pekat yang sudah anda cairkan sebelumnya. Lalu tuangkan pula kepingan coklat kedalamnya dan aduk-aduk secara merata semua sajian ini sampai merata.
  5. Tuangkan kedalam cetakan muffin dan pastikan anda menempatkan cup muffin diatas loyang. Sendokkan adonan kedalamnya, namun jangan memasukkan adonan terlalu banyak.
  6. Bila sudah selesai, baru masukkan loyang kedalam oven dan panggang selama kurang lebih 25 menit sampai merata dan matang serta mengembang.

Bila anda khawatir dengan tingkat kematangan kue muffin anda akan dapat mengeceknya dengan menusukan tusuk gigi kebagian tengah kue. Apalagi ketika dikeluarkan tusuk gigi bersih dan tidak ada adonan yang menempel. Ini artinya anda akan dapat mengangkatnya dari oven.

Resep Membuat Cupcake Natal yang Ceria

Aneka Resep Kue Klasik Natal Sajian Ceria

Bahan-Bahan:

  • 390 g terigu protein sedang
  • 500 g margarin
  • 320 g gula
  • 70 g tepung maizena
  • 40 g madu
  • 550 g telur utuh
  • 420 g susu cair evaporasi

Bahan Dekorasi:

  • Fondant warna hitam secukupnya
  • Fondant warna merah secukupnya
  • Permen mini
  • Sprinkle

Persiapan Membuat Cupcake Natal yang Ceria:

  1. Persiapan menjadi langkah penting yang perlu untuk dipersiapkan dengan baik, termasuk dengan persiapan peralatan untuk membuat hidangan kali ini. Beberapa peralatan yang mungkin dibutuhkan untuk membuat hidangan ini diantaranya adalah sebuah baskom, sebuah mixer, beberapa loyang cupcake dan beberapa lembar cup untuk cupcake.
  2. Untuk loyang silahkan lumuri terlebih dahulu loyang dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini dilakukan agar nantinya loyang pada saat digunakan tidak lengket yang mana mungkin hal ini akan membuat adonan sulit dikeluarkan.
  3. Kemudian panaskan oven dan set suhu pada ukuran 180 derajat Celcius. Lalu sisihkan sementara dan biarkan oven menjadi lebih panas dimana hal ini akan lebih memudahkan kita untuk bisa memanggang adonan saat oven sudah lebih panas.
  4. Jangan lupa untuk mengayak beberapa bahan kering dan mencampurkannya menjadi satu. Beberapa bahan tersebut diantaranya adalah tepung terigu bersama dengan tepung mazeina dan aduk-aduk secara merata. Untuk kemudian sisihkan sebelum anda mencampurnya dengan bahan-bahan lainnya.
  5. Setelah mempersiapkan semua persiapan diatas selanjutnya anda akan bisa untuk membuat adonan cupcake kali ini.

Cara Membuat Cupcake Natal yang Ceria:

  1. Untuk membuat hidangan ini, silahkan lakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan sebuah baskom. Kemudian masukkan kedalam telur bersama dengan gula pasir. Siapkan mixer dan aduk serta kocok semua bahan ini secara merata sampai mengembang dan warnanya menjadi lebih pucat.
  2. Baru setelah itu, masukkan campuran tepung terigu dengan mengayaknya perlahan dan sebentar. Jangan lupa kecilkan volume pada mixer sebelum anda mengaduknya. Cara ini dilakukan agar adonan yang anda buat tidak berhamburan sebab belum larut dengan campuran adonan lainnya.
  3. Baru setelah itu, masukkan kedalamnya margarin bersama dengan madu dan juga susu. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan teraduk.
  4. Aduk kembali semua adonan ini selama kurang lebih 10 sampai dengan 12 menit sampai tercampur dan teraduk merata.
  5. Bila adonan sudah tercampur merata, silahkan siapkan loyang dan alasi dengan menggunakan kertas cupcake secara merata. Lakukan hal yang sama pada semua lubang loyang yang masih ada.
  6. Baru sendokkan adonan kedalamnya secara merata namun jangan membuatnya terlalu penuh sebab mungkin adonan akan tumpah bila terlalu banyak.
  7. Setelah semua adonan dimasukkan dalam cetakan, baru bawa ke oven dan panggang didalamnya selama kurang lebih 30 menit atau sampai sajian ini matang secara merata.

Cara Menghias Cupcake:

  1. Untuk menghias cupcake yang sudah matang terlebih dahulu pastikan cupcake yang akan anda dekorasi tidak panas dan sudah lebih dingin.
  2. Setelah itu, ambil secukupnya fondant dan roll atau tipiskan sesuai dengan selera. Baru gunakan untuk menyelimuti bagian permukaan kue cupcake.
  3. Sementara untuk menaburkan bahan tambahan lainnya anda akan bisa mengoleskan sedikit air dengan kuas pada permukaan fondant.
  4. Kemudian taburkan permen mini dan sprinkle sesuai dengan selera anda.

Kini sajian cupcake Natal kita sudah selesai dan anda akan bisa menata sajian cupcake ini diatas meja dengan hiasan yang anda inginkan. Tata diatas piring untuk selanjutnya anda akan bisa menikmatinya kapanpun anda inginkan. Lebih menarik bila anda menata kue-kue ini dalam wadah cupcake dan ditata dengan cantik.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons