Aneka Resep Kue Basah dari Ubi Jalar yang Enak dan Nikmat

    Menyajikan hidangan kue di rumah akan tentu menjadi sajian kudapan yang lezat. Dengan sajian ini, maka ketika anda ingin menyantap makanan yang ringan, atau mendambakan menyantap kue maka anda tidak perlu pergi jauh ke toko kue.

    Selain itu, bahan ubi jalar yang digunakan tentunya akan dapat memberikan sensasi baru dari hidangan kue yang anda santap. Sehingga demikian, resep aneka kue basah dari ubi jalar kali ini cocok sekali untuk anda simak dengan baik.

    Ingin tahu seperti apa saja aneka resep kue basah dari ubi jalar yang enak? Mari kita simak beberapa informasinya dibawah ini.

    Resep Kue Cupcake Ubi Jalar yang Nikmat

    Nama Resep

    Resep Kue Cupcake Ubi Jalar yang Nikmat

    Review

    • 4.9 review 76

    Waktu Memasak

    • Persiapan : 25 menit
      Memasak : 20 menit
      Total : 45 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 300 gram Ubi Jalar
    • 2 butir Telur Ayam
    • 50 gram Gula Merah
    • 300 gram Nanas
    • 80 ml Minyak Goreng
    • 1/2 sendok teh Baking Soda
    • 100 gram Tepung Terigu

    Bahan Topping:

    • Icing atau Whipped cream
    • Taburan ceres
    • Parutan Keju

    Persiapan Membuat Kue Cupcake Ubi Jalar yang Nikmat:

    1. Untuk yang pertama, terlebih dahulu kita persiapkan ubi jalar yang sudah anda beli sebelumnya. Hal ini dikarenakan pada umumnya ubi jalar memiliki kotoran dan beberapa bagian yang perlu disortir. Untuk itu, maka pastikan jika anda memasukkan ubi dalam wadah dan membawanya ke tempat cucian.
    2. Ditempat cucian, silahkan bersihkan secara merata ubi jalar dan buang bagian yang kotor atau masih terkena dengan tanah. Bila perlu gunakan sikat untuk melakukan pembersihan ini secara merata.
    3. Selain itu, jika masih ada tunas yang menempel pada ubi maka bersihkan pula bagian ini secara merata. Anda bisa memotongnya dengan menggunakan pisau pada bagian yang masih terdapat tunas.
    4. Selain itu, pada beberapa ubi yang cacat atau memiliki bagian yang kurang baik. Maka buang saja bagian ini dengan cara memotongnya dengan menggunakan pisau. Hal ini dikarenakan pada umumnya bagian ini akan pahit bila dikonsumsi. Untuk itu, maka perhatikan dengan baik sewaktu membersihkan bagian ini secara merata.
    5. Bila sudah selesai, masukkan kembali ubi kedalam wadah dan sisihkan sementara.
    6. Siapkan talenan dan potong-potong ubi menjadi bagian dadu kecil secara merata. Setelah itu, masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
    7. Selanjutnya, tiriskan air dalam wadah bila masih tersisa pada wadah penampung ubi.

    Cara Membuat Kue Cupcake Ubi Jalar yang Nikmat:

    1. Untuk membuat kue cupcake ubi jalar, anda akan dapat melakukannya dengan memasukkan potongan ubi jalar kedalam sebuah panci.
    2. Lalu bersihkan nanas dari kulitnya secara merata. Setelah itu, silahkan masukkan kedalam panci bersama dengan ubi jalar.
    3. Lalu rebus semua bahan ini secara merata hingga tercampur dan matang secara merata.
    4. Setelah itu, tambahkan gula merah bersama dengan air sedikit demi sedikit. Nah, bila air nanti habis dalam rebusan, namun ubi masih keras maka masukkan kembali air dan masak dua bahan ini sampai matang dan empuk.
    5. Dalam wadah yang terpisah silahkan masukkan tepung terigu bersama dengan baking soda. Lalu aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur.
    6. Bila sudah selesai, silahkan panaskan oven dengan suhu 180 derajat C. Lalu tuangkan minyak goreng kedalam adonan ubi jalar yang anda masak bersama dengan nanas.
    7. Aduk semua bahan ini dengan menggunakan mixer sampai tercampur secara merata. Lalu tambahkan campuran tepung terigu kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur merata.
    8. Alasi cetakan muffin dengan menggunakan kertas muffin, lalu tuangkan adonan kedalamnya secukupnya saja.
    9. Masukkan adonan kedalam oven dan panggang selama kurang lebih 25 menit sampai matang. Setelah matang, angkat dan sajikan dalam piring saji.

    Kini anda akan dapat menikmati hidangan ini bersama dengan keluarga dan sahabat anda. Jangan lupa berikan topping icing setelah kue menjadi lebih dingin dan taburkan meses bersama dengan parutan keju.

    Resep Brownies Ubi Jalar Kudapan yang Lezat Beraksen Tradisional

    Nama Resep

    Resep Brownies Ubi Jalar Kudapan yang Lezat Beraksen Tradisional

    Review

    • 4.9 review 76

    Waktu Memasak

    • Persiapan : 25 menit
      Memasak : 20 menit
      Total : 45 Menit

    Bahan-Bahan:

    • 200 gr ubi jalar putih
    • 2 butir telur
    • 100 gr dark coklat blok
    • 50 gr terigu segitiga
    • 50 gr gula
    • 1 sdm maizena
    • 75 gr margarin
    • 2 sdm selai coklat
    • 1 sdt baking powder
    • 2 sdm susu bubuk

    Persiapan Membuat Brownies Ubi Jalar Kudapan yang Lezat Beraksen Tradisional:

    1. Untuk membuat sajian kali ini, terlebih dahulu seperti cara diatas silahkan persiapkan semua bahan dan peralatan yang akan anda gunakan. Sebelumnya, silahkan siapkan loyang dan olesi dengan menggunakan margarin. Lalu taburi dengan menggunakan tepung terigu secara merata. Hal ini dilakukan agar loyang yang kita gunakan tidak lengket.
    2. Selanjutnya, bersihkan ubi jalar dan potong-potong menjadi bentuk dadu. Lalu angkat dan masukkan kedalam panci untuk kemudian rebus sampai matang.
    3. Setelahnya, anda bisa menyaring bahan-bahan kering pada resep seperti tepung terigu, baking powder, coklat bubuk dan juga garam. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan tesktur bahan kering yang baik. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.

    Cara Membuat Brownies Ubi Jalar Kudapan yang Lezat Beraksen Tradisional:

    1. Bila sudah selesai dengan langkah-langkah diatas dan ubi pada rebusan sudah matang, juga empuk. Maka angkat sajian ini dari panci dan tampung kedalam wadah.
    2. Selagi masih panas silahkan hancurkan sajian ini dengan menggunakan ulekan atau dihancurkan dengan menggunakan mesin food processor. Alat ini akan membantu anda mendapatkan tekstur ubi yang lebih halus sehingga lebih mudah dicampurkan.
    3. Bila sudah selesa, dalam wajan lain yang sudah anda panaskan. Silahkan masukan mentega dan masak sajian ini sampai matang dan meleleh.
    4. Kemudian masukkan dark coklat kedalamnya dan cairkan kembali secara merata. Setelah itu, aduk-aduk sampai semua bahan ini tercampur merata.
    5. Setelah itu, tuangkan ubi yang sudah dihaluskan. Lalu aduk-aduk kembali sampai ubi dan bahan lainnya tercampur merata.
    6. Dalam wadah yang lain, silahkan kocok telur bersama dengan gula secara merata. Lalu masukkan adonan ubi kedalamnya dan aduk-aduk sampai semua bahan tercampur.
    7. Masukkan pula bahan-bahan kering yang sudah anda campur dan saring sebelumnya. Aduk kembali sampai semua bahan ini merata dan tercampur.
    8. Panaskan oven dalam suhu 180 derajat. Lalu tuangkan adonan dalam oven yang sudah anda berikan mentega. Lalu aplikasikan kertas roti untuk melapisi loyang.
    9. Setelah itu, baru anda akan bisa memasukkan adonan kedalamnya dan masukkan kedalam oven. Lalu panggang sampai matang merata.

    Angkat sajian ini dan tunggu sampai agak hangat. Baru setelah itu, anda akan dapat menyajikan hidangan ini untuk keluarga. Tambahkan pula lelehan coklat dibagian atasnya untuk memberikan rasa dan penampilan yang lebih cantik. Setelah itu, bila perlu tambahkan parutan keju diatasnya.

    Loading...