Aneka Resep Kue Balok Khas Bandung  yang Original dan Enak

Hidangkan dan cicipi lezatnya olahan kue balok khas yang enak dan sedap. Sajian ini datang dengan berbagai kreasi yang sedap dan istimewa. Mari simak resep mudahnya dibawah ini hanya untuk anda.

Resep Membuat Kue Balok yang Khas

Aneka Resep Kue Balok Khas Bandung  yang Original dan Enak

Nama Resep

Resep Membuat Kue Balok yang Khas

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 35 menit
Memasak : 10 menit
Total : 45 Menit

Bahan-Bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 1 buah susu sachet
  • 1/2 kg gula pasir
  • 2 sdt soda kue
  • 1/2 kg telur
  • Margarin secukupnya
  • 2 sdt vanili bubuk

Persiapan Membuat Kue Balok yang Khas:

  1. Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat hidangan kue kali ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan dan peralatan yang akan anda gunakan untuk membuat sajian kue kali ini. Adapun beberapa peralatan yang penting untuk dipersiapkan dengan baik diantaranya adalah sebuah cetakan kue balok dengan dua penutup yang sama. Hal ini dikarenakan cetakan kue balok sendiri memang memiliki dua bagian penutup. Sebab nantinya masing-masing penutup perlu dipanaskan silih berganti pada saat digunakan untuk memanggang kue balok diatas kompor. Untuk itu, agar proses pemanggangan lebih mudah maka silahkan gunakan dua penutup cetakan kue balok.
  2. Selesai dengan mempersiapkan penutup kue balok. Selanjutnya silahkan siapkan beberapa baskom dan cangkir takar untuk kita gunakan sebagai penampung adonan yang nantinya akan kita masukkan kedalam cetakan.
  3. Nah, bila semua peralatan sudah dipersiapkan secara merata. Lanjutkan langkah kali ini dengan terlebih dahulu mengayak bahan-bahan yang kering. Silahkan siapkan sebuah baskom.
  4. Lalu masukakn kedalamnya tepung terigu bersama dengan susu sachet dan juga vanili bubuk bersama dengan soda kue. Ayak semua bahan ini sampai tercampur secara merata.
  5. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan sajian ini dengan bahan-bahan lainnya secara merata.

Cara Membuat Kue Balok yang Khas:

  1. Untuk membuat sajian kue balok kali ini silahkan siapkan sebuah wadah dengan ukuran yang sedang saja. Lalu masukkan ke dalamnya beberapa bahan seperti gula pasir dengan telur yang bisa anda pecahkan satu demi satu dengan perlahan.
  2. Ambil sebuah mixer dan kocok semua sajian ini secara merata sampai berbuih dan mengembang juga warnanya menjadi lebih pucat secara merata.
  3. Bila sudah selesai silahkan masukkan ke dalamnya margarin bersama-sama secara merata. Kemudian dengan menggunakan mixer kocok kembali semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan teraduk.
  4. Campurkan tepung kedalam adonan diatas dan masukkan dengan perlahan untuk kemudian kecilkan kecepatan pada mixer dengan merata. Hal ini dilakukan agar adonan tepung yang anda masukkan tidak berhamburan keluar.
  5. Kemudian setelah itu, aduk kembali sajian ini dan masukkan sisa adonan kedalamnya. Adu-aduk semuanya sampai tercampur dan tidak ada adonan yang masih menggumpal.
  6. Tambahkan sedikit air kedalam sajian ini namun jangan terlalu banyak agar sajian adonan kali ini tidak berubah menjadi encer. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur.
  7. Panaskan cetakan kue balok dan tutupi dengan menggunakan penutup yang sudah anda panaskan sebelumnya.
  8. Kemudian tuangkan adonan kedalamnya dengan tidak terlalu penuh. Lalu tutup kembali dengan menggunakan penutup yang sudah anda panaskan.
  9. Pada saat memanggang sajian ini jangan lupa untuk menggunta-ganti tutupnya dan pastikan penutup anda buat dengan panas secara merata. Masak sampai matang dan mengembang.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan dapat menikmati hidangan ini bersama dengan keluarga dan sahabat.

Resep dan Cara Membuat Kue Balok Khas Bandung

Aneka Resep Kue Balok Khas Bandung  yang Original dan Enak

Nama Resep

Resep dan Cara Membuat Kue Balok Khas Bandung

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 35 menit
Memasak : 10 menit
Total : 45 Menit

Bahan-Bahan:

  • Margarin secukupnya
  • 1/2 kg telur
  • 1/2 kg gula pasir
  • 500 gram tepung terigu
  • 2 bungkus vanili bubuk
  • 1 buah susu sachet
  • 2 buah soda kue

Persiapan Membuat Kue Balok Khas Bandung:

  1. Kita awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan kita gunakan untuk membuat sajian masakan kue kali ini. Adapun beberapa peralatan yang akan anda butuhkan diantaranya adalah sebuah mixer, sebuah baskom dan cetakan kue balok. Untuk cetakan kue balok sendiri ada cetakan khusus yang digunakan. Jadi demikian, pastikan anda menggunakan cetakan yang satu ini.
  2. Sementara itu, untuk cetakan kue balok sendiri nantinya penggunaan tutup cetakan perlu dipanaskan. Hal ini dilakukan agar sajian kue yang dipanggang bisa matang secara merata. Jadi demikian, untuk memudahkan anda melakukannya. Maka silahkan gunakan dua tutup pemanggang untuk cetakan kue balok.
  3. Nah, selesai dengan peralatan yang anda gunakan. Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan sebuah wadah atau baskom.
  4. Lalu masukkan kedalamnya telur yang sudah anda siapkan. Kemudian silahkan pecahkan telur dengan menggunakan pisau atau dengan menggunakan garpu.
  5. Kemudian tuangkan pula gula pasir kedalamnya dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan sajian ini dengan bahan-bahan lainnya.
  6. Sambil menunggu sebelum membuat adonan masakan kali ini. Silahkan simpan cetakan kue balok diatas api dengan menggunakan api yang sedang. Lalu panaskan dibagian pinggir api lainnya untuk tutup cetakan kue baloknya.
  7. Biarkan cetakan ini agar lebih panas secara merata dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan hidangan ini dan memanggangnya diatas cetakan yang sudah anda panaskan.

Cara Membuat Kue Balok Khas Bandung:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mengambil wadah yang sudah berisikan dengan telur dan gula pasir yang sebelumnya sudah anda masukkan. Lalu ambil sebuah mixer dan dengan menggunakan kecepatan yang tinggi silahkan kocok dan aduk sajian ini secara merata sampai tercampur.
  2. Hingga adonan mengembang dan berbuih jangan matikan mixer. Baru setelah itu, tuangkan margarin kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua sajian ini tercampur secara merata hingga mengembang kembali.
  3. Bila sudah selesai silahkan masukkan tepung terigu kedalamnya dan kecilkan kecepatan pada mixer dengan perlahan dan hati-hati. Hal ini dilakukan agar nantinya adonan yang anda masukkan tidak berhamburan keluar karena angin dari mixer yang cukup kencang.
  4. Setelah memasukkan tepung terigu, silahkan masukkan p[ula soda kue bersama dengan vanili dan susu sachet yang sudah anda siapkan. Aduk-aduk semuanya secara merata sampai tercampur.
  5. Baru setelah itu, masukkan air kedalamnya sedikit demi sedikit dengan perlahan dan hati-hati. Upayakan untuk tidak menuangkan air terlalu banyak kedalam sajian adonan. Atau nantinya adonan akan berubah menjadi encer.
  6. Masukkan adonan kedalam cangkir ukur dan masukkan pada cetakan yang sudah dipanaskan. Namun sebelumnya jangan lupa untuk melumuri cetakan dengan menggunakan margarin secara merata. Hal ini dilakukan agar cetakan tidak lengket pada saat hidangan ini anda masak.
  7. Masak sampai matang dan mengembang kebagian atas. Bila sudah kering dan bagian bawahnya terlihat lebih kecoklatan. Maka angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji.

Untuk selanjutnya anda akan dapat menikmati sajian ini selagi masih hangat dan rasanya akan semakin sedap bila dinikmati bersama dengan secangkir teh hangat.

Resep Kue Balok Kang Didin yang Khas Sunda

Aneka Resep Kue Balok Khas Bandung  yang Original dan Enak

Nama Resep

Resep Kue Balok Kang Didin yang Khas Sunda

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 35 menit
Memasak : 10 menit
Total : 45 Menit

Bahan-Bahan:

  • 400 gram tepung terigu
  • 9 butir telur ayam
  • 20 gram baking soda
  • 400 gram gula pasir
  • 2 gram bubuk vanili
  • Air Secukupnya
  • 15 gram susu bubuk
  • 25 gram margarin

Persiapan Membuat Kue Balok Kang Didin yang Khas Sunda:

  1. Cara yang pertama yang akan dapat anda lakukan kali ini adalah dengan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat sajian masakan kue kali ini. Persiapan peralatan akan menjadi langkah yang penting untuk anda dahulukan. Hal ini dikarenakan dengan mempersiapkan peralatan nantinya akan jauh lebih mudah untuk anda membuat sajian kali ini. Untuk itu, melihat pentingnya langkah kali ini maka jangan lewatkan langkah satu ini.
  2. Peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah sebuah wadah, sebuah mixer, cangkir ukur dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini maka nantinya anda tidak akan lagi bingung dengan semua wadah yang akan butuhkan.
  3. Selesai dengan peralatan kita akan panaskan terlebih dahulu cetakan kue baloknya. Hal ini dikarenakan pada saat dimasak nantinya sajian ini perlu menggunakan cetakan yang panasnya merata. Untuk itulah maka silahkan siapkan cetakan diatas kompor dengan api yang kecil namun stabil.
  4. Kemudian ambil sebuah wajan datar dan tempatkan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Lalu tunggu sampai bagian permukaannya menjadi lebih panas. Baru setelah itu, silahkan masukkan margarin dibagian atasnya secara merata. Tunggu sampai sajian ini menjadi lebih cair dan larut.
  5. Angkat bila sudah cair dan sisihkan dalam sebuah wadah untuk kemudian sisihkan sebelum anda mencampurkan sajian ini dengan bahan-bahan lainnya dalam resep.

Cara Membuat Kue Balok Kang Didin yang Khas Sunda:

  1. Untuk membuat sajian kue balok Kang Didin kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mengambil sebuah baskom yang sudah anda siapkan.
  2. Lalu masukkan telur kedalamnya bersama dengan gula pasir. Lalu gunakan mixer untuk mengaduk sajian ini sampai tercampur dan mengembang secara merata.
  3. Setelah adonan berbuih dan kental merata, masukkan margarin yang sebelumnya sudah dicairkan secara merata. Aduk-aduk secara merata dan kocok kembali hingga tercampur.
  4. Kemudian setelah itu, masukkan tepung kedalamnya namun silahkan kecilkan kecepatan pada mixer. Hal ini dilakukan agar nantinya adonan yang anda kocok tidak berhamburan keluar.
  5. Baru setelah itu, masukkan susu bubuk bersama dengan baking soda bersama dengan vanili untuk menambah rasa dari sajian masakan kali ini.
  6. Kembali aduk merata semua sajian yang baru saja anda masukkan. Aduk-aduk kembali sampai tercampur merata.
  7. Masukkan air kedalamnya dan aduk-aduk kembali sampai semua sajian ini secara merata. Baru setelah itu, masukkan adonan kedalam cangkir ukur atau sebuah botol. Hal ini dilakukan untuk memudahkan anda menuangkan adonan dalam cetakan.
  8. Setelah cetakan panas dan merata, baru silahkan tuangkan adonan dibagian atasnya. Jangan terlalu penuh mengisi cetakan dengan adonan sebab nantinya adonan akan mengembang.
  9. Masak sampai matang secara merata hingga bagian pinggirnya menjadi lebih mengering dan bagian bawahnya berwarna kecoklatan.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk selanjutnya anda akan dapat menikmati hidangan ini bersama dengan keluarga.

Resep Membuat Kue Balok Green Tea Bandung yang Enak

Aneka Resep Kue Balok Khas Bandung  yang Original dan Enak

Nama Resep

Resep Membuat Kue Balok Green Tea Bandung yang Enak

4.9 review 76

Waktu Memasak

Persiapan : 35 menit
Memasak : 10 menit
Total : 45 Menit

Bahan-Bahan:

  • 250 gr tepung terigu
  • Margarin secukupnya
  • 1/4 kg gula pasir
  • 1/4 kg telur
  • vanili bubuk
  • soda kue
  • 1/2 sendok teh ekstrak green tea
  • Sedikit Air Panas
  • Topping Tambahan
  • Susu kental Manis
  • Parutan Keju

Persiapan Membuat Kue Balok Green Tea Bandung yang Enak:

  1. Hal penting pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan menyiapkan beberapa peralatan yang akan anda gunakan untuk membuat sajian kue kali ini. Adapun persiapan peralatan ini akan sangat diperlukan untuk memudahkan anda untuk membuat hidangan kali ini. Dengan demikian, anda tidak akan kebingungan mengenai beberapa peralatan yang perlu anda persiapkan.
  2. Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah sebuah baskom, sebuah mixer, cetakan kue balok, sebuah cangkir ukur atau botol untuk wadah yang digunakan untuk menampung adonan.
  3. Bila semua peralatan sudah dipersiapkan secara merata. Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan sebuah wajan dan panaskan diatas kompor. Gunakan api yang sedang dan tunggu sampai wajan menjadi lebih panas secara merata.
  4. Setelah itu, masukkan margarin kedalamnya dan cairkan sajian ini sampai larut. Baru setelah itu, angkat sajian ini dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkannya dengan bahan-bahan lainnya.
  5. Selesai dengan mencairkan margarin, langkah selanjutnya adalah dengan memanaskan cetakan kue balok. Hal ini dilakukan agar nantinya adonan yang sudah anda buat tinggal anda masukkan dan dipanggang saja tanpa menunggu memanaskan sajian kali ini. Karena hal ini sudah anda lakukan terlebih dahulu dengan begini anda menghemat lebih banyak waktu.
  6. Seduh pula ekstrak green tea dengan menggunakan sedikit air panas. Lalu aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur gunakan sendok dan aduk-aduk secara merata.
  7. Sisihkan sajian ini sebelum anda mencampurnya dengan bahan-bahan lain pada resep yang sudah anda siapkan.

Cara Membuat Kue Balok Green Tea Bandung yang Enak:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda bisa melakukannya dengan mengambil sebuah baskom atau wadah. Lalu masukkan kedalamnya gula pasir bersama dengan kuning telur. Aduk-aduk secara merata semua sajian ini sampai berbuih dan tercampur secara merata.
  2. Masukkan margarin yang sudah anda cairkan sebelumnya dan aduk-aduk kembali dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang tinggi sampai semua sajian ini tercampur merata dan mengental.
  3. Masukkan pula soda kue bersama dengan vanili dan susu sachet dan juga ekstrak green tea. Aduk-aduk secara merata sampai adonan berubah menjadi warna hijau pucat.
  4. Tambahkan kembali air kedalam adonan secara merata dan aduk-aduk kembali sampai semua sajian ini kali ini menjadi lebih tercampur.
  5. Masukkan adonan kedalam botol atau kedalam cangkir ukur. Hal ini dilakukan untuk memudahkan anda memasukkan adonan kedalam cetakan kue balok.
  6. Tuangkan adonan kedalam cetakan kue balok namun jangan memasukan terlalu banyak. Hal ini dikarenakan nantinya adonan menjadi lebih mengembang secara merata.
  7. Tutup dengan menggunakan tutup cetakan dan masak sampai matang hidangan ini hingga bagian pinggirnya menjadi lebih garing dan bagian bawahnya terlihat kecoklatan.

Setelah matang angkat sajian ini dan kucuri dengan menggunakan susu kental manis. Lalu berikan parutan keju dibagian atasnya secara merata. Lalu sajikan hidangan ini untuk keluarga di rumah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons