Aneka Resep Kari Ikan Kreasi Chef Rudy yang Mudah dan Enak

Resep Kari Ikan Tongkol Kreasi Chef Rudy yang Mudah dan Enak

Sajikan dan nikmati lezatnya olahan ikan tongkol yang dibuat menjadi hidangan enak dan mantap. Resep special kali ini sengaja dibagikan oleh sang master chef Rudy Choirudin untuk memperbanyak koleksi resep istimewa di rumah. Penasaran seperti apa sajian lezat dari masakan kali ini? Simak informasinya dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword chef rudy choirudin, kari ikan tongkol, resep ikan tongkol
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 20 menit
Total Waktu 40 menit
Kalori 131.9 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan Utama:

  • 700 gram ikan tongkol potong bulat
  • 3 batang daun kemangi
  • 3 buah cabe hijau dirajang serong
  • 10 buah cabe rawit merah

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 4 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • 4 butir kemiri

Bahan dan Bumbu:

  • 6 sdm minyak goreng
  • 1 sdt garam
  • 1 sachet Desaku Bubuk Kari Nusantara
  • 500 ml santan sedang kentalnya
  • 1 sdt gula pasir
  • 250 ml santan kental

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Kari Ikan Tongkol Kreasi Chef Rudy yang Mudah dan Enak:

  1. Sebelum terburu membuat sajian kali ini akan lebih baik bila kita perhatikan dan simak terlebih dahulu langkah persiapan untuk membuat sajian kali ini. Cara ini adalah langkah yang penting yang akan memudahkan anda untuk membuat hidangan kali ini. Maka dari itu, mari simak langsung persiapan seperti apa yang perlu untuk dilakukan.

  2. Persiapan pertama akan dapat anda lakukan dengan memotong ikan tongkol dengan ukuran yang sama. Silahkan sesuaikan ukuran namun jangan memotongnya terlalu kecil atau terlalu pendek. Sebab nantinya dikhawatirkan sajian ini akan hancur ketika dimasak.

  3. Bila sudah dipotong dengan merata maka masukkan kedalam wadah dan pisahkan sementara kemudian anda akan dapat melanjutkan langkah kali ini dengan membuat sajian lainnya dengan merata.

  4. Kucuri tongkol dengan menggunakan air jeruk nipis dan berikan sedikit garam untuk mengurangi bau amis yang ada pada daging ikan. Setelah itu, diamkan selama beberapa saat dan sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan sajian lainnya. 

Cara Membuat Kari Ikan Tongkol Kreasi Chef Rudy yang Mudah dan Enak:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat dengan mudah melakukannya. Panaskan terlebih dahulu wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Tunggu sampai wajan menjadi lebih panas dan merata.

  2. Lalu kemudian tuangkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu kembali sampai minyak dalam wajan menjadi lebih panas secara merata. Baru setelah itu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan aduk-aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur dan tercium bau harum yang enak.

  3. Tuangkan santan kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata. Lalu tambahkan Desaku Bubuk Kari Nusantara yang sudah anda siapkan sebelumnya. Aduk-aduk semua sajian ini hingga bumbu larut dan mengembang dengan merata.

  4. Baru setelah itu, berikan tambahan bumbu untuk menambah selera dari hidangan kali ini. Tuangkan garam dan gula kedalam sajian kuah kali ini. Lalu aduk-aduk dengan merata sampai tercampur merata.

  5. Selanjutnya anda akan senantiasa menuangkan ikan tongkol yang sudah dipotong-potong dengan merata dan masak sajian ini hingga matang dan bumbu meresap kedalam ikan. Biarkan selama kurang lebih 7 sampai dengan 10 menit dengan merata.

  6. Tuangkan cabe rawit merah kedalamnya dan berikan pula cabe hijau. Lalu tambahkan kemangi bersama dengan santan kental dan aduk-aduk semua sajian ini hingga mendidih dan merata. 

Video Resep

Catatan Resep

Matikan api dan kini sajian kari ikan tongkol akan dapat anda nikmati ketika masih hangat bersama dengan nasi dan tambahan lauk lainnya.

Resep Membuat Kari Tenggiri Basil Ala Chef Rudy Choirudin

Lezatnya hidangan kari tenggiri daun basil adalah kreasi resep yang enak dari chef Rudy yang akan tentu bisa ibu buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa resepnya? Mari simak dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword kari ikan, kari ikan tenggiri, rudy choirudin
Waktu Persiapan 20 menit
Waktu Memasak 10 menit
Total Waktu 30 menit
Porsi 2 Orang
Kalori 112 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan I:

  • 500 gram ikan tenggiri potong bulat
  • 3 buah cabe merah rajang
  • 1 buah gambas/oyong kupas dibelah dan potong 2 cm
  • 50 gram daun basil petik atas kuntumnya

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 4 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • 4 buah kemiri

Bahan-Bahan II:

  • 6 sdm minyak goreng
  • 1 sdt garam
  • 1 saschet Desaku Bubuk kari Nusantara
  • 500 ml santan sedang kentalnya
  • 250 ml santan kental
  • 1 sdt gula pasir

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Kari Tenggiri Basil Ala Chef Rudy Choirudin:

  1. Langkah pertama untuk membuat sajian kali ini dapat anda lakukan dengan memperhatikan beberapa persiapan sajian kali ini. Langkah persiapan kali ini berisikan langkah penting tentang beberapa cara mengolah bahan-bahan yang ada pada resep. Maka dari itu, melihat cukup pentingnya langkah kali ini maka mari simak informasi menariknya dibawah ini.

  2. Persiapan pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu membersihkan ikan tenggiri secara merata. Pastikan bagian perut ikan, insang dan kotoran yang ada pada ikan dibersihkan dengan merata.

  3. Bila sudah bersih, silahkan potong ikan menjadi beberapa bagian dengan bentuk yang bulat. Gunakan pisau dan tatakan guna memudahkan anda melakukannya secara merata. 

  4. Masukkan ikan kedalam wadah dan kucuri terlebih dahulu ikan dengan air jeruk nipis dan berikan taburan garam dengan merata. Lalu aduk-aduk semua hidangan ini dengan merata sampai tercampur.

  5. Diamkan ikan sementara agar bumbu ini meresap dan tercampur. Sisihkan dalam wadah dan anda akan siap untuk membuat sajian lainnya serta meracik bumbu.

Cara Membuat Kari Tenggiri Basil Ala Chef Rudy Choirudin:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Silahkan panaskan wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Bila sudah panas dan merata maka masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas merata.

  2. Baru setelah itu, silahkan tumis bumbu halus yang sudah anda siapkan sebelumnya. Aduk dengan merata sampai harum dan bumbu menjadi lebih layu juga minyak menjadi lebih bening seperti sediakala.

  3.  Kemudian setelah itu, tuangkan santan dengan kekentalan yang sedang. Aduk dengan merata dan tambahkan Desaku Bubuk Kari Nusantara. Aduk dengan merata hingga bumbu larut dan tercampur dengan semua bahan yang anda masak. 

  4. Tuangkan garam dan gula pasir sesuai selera kedalamnya. Lalu aduk-aduk dengan merata hingga bumbu tercampur merata.

  5. Setelah itu, baru masukkan ikan tenggiri yang sebelumnya sudah dipotong dan dibersihkan dengan merata. Masak sajian ini selama kurang lebih 7 sampai dengan 10 menit agar bumbu meresap kedalam ikan secara merata.

  6. Tuangkan gambas dan cabe. Lalu masak perlahan sajian in hingga matang dan bumbu menyerap kedalam ikan dengan merata. Masukkan daun bassil yang sudah dipetiki dan ratakan dengan merata. 

  7. Kemudian tuangkan santan kental kedalamnya dan kali ini aduk-aduk sajian ini sampai santan mendidih dan merata.

Video Resep

Catatan Resep

Baru matikan api dan sajikan hidangan ini selagi masih hangat dan santap dengan nasi dan lauk lainnya.

Loading...

Leave a Reply

Rating Resep




Show Buttons
Hide Buttons