Aneka Resep Ikan Teri yang Enak dan Lezat

    Sajikan dan nikmati olahan ikan teri dengan bumbu yang mantap dan enak. Resep ini akan tentu semakin memperkaya pilihan menu di rumah dengan aneka ragam sajian yang enak dan mantap. Mari simak secara langsung cara dan resep membuat ikan teri yang enak dengan aneka olahan yang sedap.

    Resep Ikan Teri Tumis Bumbu Tumbuk Kasar

    Bahan-Bahan:

    • 200 gram teri jengki diseduh
    • 3 buah tomat hijau, diiris iris
    • 3 cm lengkuas, dimemarkan
    • 2 lembar daun salam
    • 3/4 sendok teh gula pasir
    • 1/2 sendok makan garam
    • 50 ml air
    • 4 sendok makan minyak untuk menumis

    Bahan Bumbu Tumbuk Kasar:

    • 5 butir bawang merah
    • 3 siung cabai merak keriting
    • 6 buah cabai merah besar
    • 3 siung bawang putih

    Persiapan Membuat Ikan Teri Tumis Bumbu Tumbuk Kasar:

    1. Langkah persiapan kali ini akan dapat anda lakukan dengan mudah dan sederhana. Persiapan menjadi cara penting yang perlu anda simak dengan baik sebab nantinya dengan persiapan maka proses pembuatan hidangan kali ini akan jauh lebih mudah dan sederhana. Untuk itu, mengingat pentingnya langkah ini maka sebaiknya jangan lewatkan langkah yang satu ini.
    2. Selanjutnya kita akan siapkan terlebih dahulu ikan terinya. Masukkan teri kedalam wadah dan pastikan ikan teri dimasukkan dalam wadah dengan ukuran yang pas.
    3. Baru setelah itu, tuangkan air panas kedalamnya. Cara ini dilakukan untuk menyeduh ikan teri guna mengurangi kadar garam didalamnya secara merata. Untuk itu, maka biarkan sementara bahan ini agar ikan teri yang nanti dimasak tidak terlalu berasa asin.
    4. Langkah selanjutnya adalah dengan meniriskan ikan teri yang sudah selesai anda seduh. Gunakan saringan untuk memudahkan anda meniriskan bahan ini secara merata. Lalu sisihkan.
    5. Setelah selesai disisihkan dan ditiriskan secara merata maka langkah selanjutnya adalah dengan menyipkan sebuah wajan diatas api yang sedang.
    6. Baru kemudian masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
    7. Setelah itu, masukkan ikan teri kedalamnya dan goreng sajian ini secara merata sampai anda bisa memastikan bahwa semua bahan ikan menjadi matang dan kering.
    8. Angkat dan tiriskan lalu pisahkan dalam sebuah wadah sebelum anda mencampurkan hidangan ini dengan bahan-bahan lainnya.

    Cara Membuat Ikan Teri Tumis Bumbu Tumbuk Kasar:

    1. Untuk membuat sajian tumisan ikan teri kali ini anda akan dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang.
    2. Kemudian setelah itu, masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
    3. Baru setelah itu tumis bumbu tumbuk kasar bersama dengan daun salam, lengkuas dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan tercium bau harum yang enak dan sedap.
    4. Selanjutnya masukkan tomat dan aduk-aduk sampai semua bahan ini tercampur merata dan menjadi lebih layu. Kemudian sisihkan bahan ini dengan merata.
    5. Kemudian anda akan dapat menuangkan ikan teri kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini sampai matang dan tercampur secara merata.
    6. Masukkan garam bersama dengan gula pasir dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur dan matang merata.
    7. Lalu setelah itu, anda akan dapat menuangkan air kedalamnya dan masak sajian ini sampai matang dan tercampur merata.

    Bila sudah matang dan bumbu meresap kedalam teri maka anda akan dapat mengangkat sajian ini untuk kemudian sajikan dalam sebuah mangkuk yang mana nantinya anda akan dapat langsung menikmati sajian ini bersama dengan sepiring nasi hangat yang enak dan lezat.

    Resep Membuat Nasi Goreng Teri Bumbu Hijau yang Mantap

    Bahan-Bahan:

    • 500 gram nasi putih dingin
    • 50 gram teri nasi asin
    • 2 butir telur
    • 100 gram udang
    • 3 buah cabai hijau besar tumbuk halus
    • 2 siung bawang putih cincang halus
    • 1/2 buah bawang bombay cincang halus
    • 1/2 sendok teh merica bubuk
    • 1 sendok makan kecap ikan
    • 1/2 sendok teh garam
    • 1 batang daun bawang iris miring
    • 3 sendok makan margarin untuk menumis

    Persiapan Membuat Nasi Goreng Teri Bumbu Hijau yang Mantap:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini persiapan menjadi langkah penting yang perlu untuk anda perhatikan dengan baik. Cara ini akan memudahkan anda untuk bisa mengolah dan memasak sajian ini dengan lebih mudah dan lebih sederhana.
    2. Untuk itu, maka untuk mengawali langkah persiapan kali ini silahkan siapkan udang sebagai bahan tambahan dari sajian kali ini. Lalu masukkan udang kedalam sebuah wadah dan bawa sajian ini ke tempat cucian.
    3. Ditempat cucian silahkan kupas udang dengan merata dan potong dengan kecil-kecil. Lalu masukkan kembali dalam sebuah wadah dan cuci sampai bersih hingga kotoran dibersihkan dengan merata.
    4. Langkah selanjutnya adalah dengan menyeduh teri nasi dalam sebuah mangkuk menggunakan air panas. Lalu diamkan sajian ini agar kadar asin pada teri dapat dikurangi dan tidak membuat rasanya terlalu asin.
    5. Selanjutnya adalah dengan meniriskan teri yang sudah direndam lalu masukkan kembali dalam wadah dan sisihkan sementara.
    6. Siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Lalu kemudian masukkan teri kedalamnya dan masak sampai kering juga matang secara merata.
    7. Angkat sajian ini dan sisihkan dalam sebuah mangkuk dimana sajian ini akan kita campurkan dan aduk bersama dengan bahan-bahan lainnya.
    8. Bahan terakhir yang akan dipersiapkan adalah telur silahkan pecahkan telur dalam sebuah wadah dan kocok sajian ini secara merata sampai tercampur dan merata. Lalu sisihkan sajian ini.

    Cara Membuat Nasi Goreng Teri Bumbu Hijau yang Mantap:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas diatas kompor menggunakan api yang sedang.
    2. Setelah itu, baru masukkan bawang bombay kedalamnya dan tuangkan pula bawang putih bersama dengan cabai hijau dan aduk-aduk sajian ini secara merata sampai harum.
    3. Bila sudah selesai baru masukkan udang yang sudah dipotong-potong kedalamnya dan masak sajian ini sampai berubah warnanya dan tercampur secara merata.
    4. Setelah itu, baru sisihkan udang kebagian pinggir wajan dan masukkan telur kedalamnya. Lalu tunggu sampai agak kering dan aduk-aduk secara merata semua sajian ini hingga berbutir.
    5. Kemudian setelah itu, anda akan dapat melakukannya dengan menuangkan nasi putih kedalam tumisan bumbu yang sedang dimasak.
    6. Tambahkan pula kedalamya kecap ikan bersama dengan garam, merica bubuk dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur dan masak sampai matang.
    7. Menjelang diangkat anda akan dapat menuangkan daun bawang bersama dengan teri nasi kedalamnya dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai matang dan tercampur.

    Nah, setelah matang selanjutnya bahan masakan ini akan dapat anda nikmati selagi masih hangat. Tidak lengkap rasanya menyantap nasi goreng bila tanpa ada tambahan kerupuk dengan acar timun yang sedap. Maka demikian anda akan dapat menambahkan bahan pelengkap ini sewaktu menikmati sajian ini.

    Resep Rempeyek Teri yang Renyah dan Gurih Mantap

    Bahan-Bahan:

    • 100 gram teri medan
    • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
    • 6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, iris
    • 150 gram tepung beras
    • 1 butir kuning telur
    • 800 ml minyak untuk menggoreng

    Bumbu yang Dihaluskan:

    • 3 butir kemiri, sangrai
    • 1/2 sendok teh ketumbar
    • 2 siung bawang putih
    • 3 butir bawang merah
    • 3/4 sendok teh garam
    • 3 cm kencur

    Persiapan Membuat Rempeyek Teri yang Renyah dan Gurih Mantap:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini cara pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu menyimak langkah persiapan kali ini. Cara ini adalah hal penting yang perlu anda lakukan untuk memudahkan anda membuat sajian kali ini. Untuk itu, maka simak dengan baik langkah persiapan kali ini guna memudahkan anda membuat sajian kalin ini.
    2. Untuk bahan persiapan yang pertama, silahkan ambil teri medan dan masukkan kedalam wadah kemudian bawa ke tempat cucian.
    3. Ditempat cucian ini anda akan senantiasa membersihkan teri dan memastikan bahwa ikan teri dicuci sampai bersih dan kadar garam yang ada didalamnya dapat sedikit dikurangi ketika dicuci.
    4. Selesai dengan mencuci maka angkat dari cucian dan masukkan kembali kedalam sebuah wadah dan sisihkan.
    5. Sebelum bahan ini dicampurkan bersama dengan bahan-bahan lainnya maka anda akna dapat terlebih dahulu meniriskan sajian ini dan sisihkan kembali dalam wadah.
    6. Untuk santan anda bisa mengambil takaran santan dari mamarut sebanyak 1/2 butir kelapa secara merata. Lalu tuangkan air kedalamnya dan sisihkan dalam sebuah wadah. Nantinya santan ini akan kita campur bersama dengan bahan lain menjadi sebuah adonan.

    Cara Membuat Rempeyek Teri yang Renyah dan Gurih Mantap:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana, yakni silahkan siapkan sebuah wadah dan masukkan beberapa bahan kedalamnya.
    2. Bahan tersebut diantaranya adalah bumbu halus bersama dengan tepung beras yang sudah anda siapkan lalu tuangkan santan kedalam bahan tersebut dengan merata.
    3. Lalu kemudian anda akan dapat menambahkan kuning telur bersama dengan daun jeruk kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini secara merata hingga tercampur.
    4. Nah, setelah semua bahan tercampur merata dan adonan kini sudah siap. Maka anda akan dapat menyiapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya untuk kemudian panaskan dengan api yang sedang.
    5. Untuk menuangkan adonan lakukan dengan cara mengambil sebanyak 1 sendok adonan dalam sendok sayu, lalu masukkan teri medan kedalamnya dan tuangkan dibagian pinggir wajan yang berisi dengan minyak.
    6. Nantinya setelah dimasukkan dan minyak panas, perlahan adonan gorengan akan terlepas dari pinggirnya dan mulai mengisi bagian tengah.
    7. Lakukan hal yang sama pada saat anda membuat adonan dalam wajan dan masak sajian ini dengan cara menyiramkan minyak dengan perlahan pada adonan gorengan atau rempeyek teri anda.
    8. Jangan lupa untuk membulak-balik sajian ini sampai kering dan matang secara merata.

    Bila sudah matang maka sajian ini akan dapat anda nikmati selagi masih enak dan sedap sebagai cemilan atau bahan pelengkap untuk menyantap hidangan utama bersama dengan nasi hangat.

    Resep Tumis Ikan Teri Masak Buncis yang Sedap

    Bahan-Bahan:

    • 300 gram buncis
    • 100 gram teri medan
    • 2 lembar daun salam
    • 1 ruas lengkuas, memarkan
    • garam dan gula secukupnya
    • 1 buah tomat, potong dibelah menjadi 8 bagian

    Bumbu yang Dihaluskan:

    • 5 siung bawang merah
    • 2 buah cabai rawit
    • 10 buah cabai merah keriting
    • 4 siung bawang putih

    Persiapan Membuat Tumis Ikan Teri Masak Buncis yang Sedap:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini cara pertama yang akan dapat anda lakukan dengan mudah adalah dengan memperhatikan langkah persiapan. Cara ini adalah hal penting yang akan memudahkan anda memproses dan memasak sajian ini dengan mudah dan sederhana. Untuk itu, pentingnya langkah kali ini sebaiknya tidak anda lewatkan begitu saja.
    2. Bahan yang akan pertama dipersiapkan adalah dengan memotong buncisnya terlebih dahulu. Namun seperti biasa, bersihkan bagian ujung buncis dengan memotongnya dan menariknya kebagian yang berlawanan agar seratnya dapat dibersihkan secara merata.
    3. Langkah selanjutnya adalah dengan memotong-motong buncis dengan ukuran kira-kira 3 cm. Lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan secara merata.
    4. Baru bersihkan bahan ini dengan cara mengucurkannya dibawah air bersih dan remas-remas dengan perlahan.
    5. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukan teri medan kedalam wadah dan siapkan sebuah wajan diatas kompor dengan api yang sedang.
    6. Lalu kemudian masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak dalam wajan menjadi lebih panas secara merata.
    7. Baru setelah itu, masukkan teri kedalamnya dan goreng sampai matang secara merata hingga kering dan berwarna kecoklatan dan matang.
    8. Angkat sajian teri ini dan sisihkan dalam sebuah wadah sebelum anda mencampurkan hidangan ini bersama dengan bahan-bahan lainnya secara merata.

    Cara Membuat Tumis Ikan Teri Masak Buncis yang Sedap:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini lakukan dengan cara memanaskan wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang secara merata. Lalu tuangkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih matang dan panas.
    2. Selanjutnya silahkan masukkan bumbu halus kedalamnya bersama dengan lengkuas dan juga daun salam secara merata dan aduk-aduk semua sajian ini sampai harum dan tercium bau harum yang enak dan sedap.
    3. Kemudian setelah itu, baru anda akan dapat menuangkan tomat kedalamnya dan aduk-aduk bahan ini sampai layu. Baru masukkan buncis yang sudah dipotong-potong dengan merata sampai tercampur.
    4. Tuangkan teri kedalamnya dan aduk bersama dengan bahan lainnya secara merata hingga tercampur.
    5. Setelah itu, baru bumbui sajian ini dengan menggunakan gula, garam dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata hingga tercampur dan enak. Jangan lupa koreksi juga rasanya sampai pas.
    6. Nah, setelah bahan ini meresap dan buncis menjadi lebih layu maka anda akan dapat mengangkat sajian ini dan sajikan dalam sebuah wadah.

    Untuk kemudian hidangan ini akan tentunya dapat anda nikmati selagi masih hangat bersama dengan nasi panas yang enak dan mantap.

    Loading...