Aneka Resep Hidangan Olahan Kentang yang Sehat Untuk Si Buah Hati

    Resep Membuat Baked Potato Daging dengan Brokoli

    Bahan-Bahan:

    • 100 gram daging giling
    • 100 gram brokoli
    • 5 buah kentang
    • 1 butir telur

    Bahan dan Bumbu:

    • 3/4 sendok teh garam
    • 2 lembar keju smoke
    • 1 sendok makan keju parmesan
    • 1/4 sendok teh merica bubuk
    • 500 gram keju mozzarella, dipotong-potong

    Persiapan Membuat Baked Potato Daging dengan Brokoli:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan membersihkan kentang terlebih dahulu. Silahkan masukkan kentang kedalam sebuah wadah dan bawa ke tempat cucian.
    2. Ditempat cucian anda akan dapat membersihkan kentang dengan menggunakan air yang mengalir. Pastikan anda menggosok-gosok bagian luar kentang secara merata untuk membersihkan kotoran dan tanah yang masih tersisa.
    3. Setelah kentang dibersihkan secara merata maka angkat kentang dari cucian dan tiriskan air cuciannya secara merata. Kemudian sisihkan.
    4. Siapkan sebuah kukusan dan masukkan kentang kedalamnya. Lalu kukus sampai setengah matang selama kurang lebih 10 menit.
    5. Bila kentang sudah matang maka angkat sajian ini dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkannya bersama dengan bahan dan bumbu lainnya.
    6. Sementara untuk brokoli anda akan dapat mengolah bahan ini dengan cara menyeduhnya dengan menggunakan air hangat secara merata sampai brokoli menjadi lebih layu.
    7. Kemudian setelah itu, cincang sajian ini dengan menggunakan pisau sampai bentuknya menjadi lebih kecil. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
    8. Untuk daging giling anda cukup menyisihkannya dalam sebuah wadah dan nantinya bahan ini akan dicampurkan bersama dengan bahan-bahan lainnya.

    Cara Membuat Baked Potato Daging dengan Brokoli:

    1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat mengambil satu buah kentang, kemudian potong bagian atasnya secara merata. Gunakan pisau untuk mempermudah anda memotong kentang.
    2. Lalu keruk bagian dalamnya dengan menggunakan pisau sementara untuk kulitnya anda tidak perlu mengupasnya sebab bagian kulit sudah dibersihkan seperti pada langkah sebelumnya.
    3. Setelah itu, masukkan daging kerukan kentang kedalam wadah yang lain dan sisihkan secara merata sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.
    4. Campurkan kerukan kentang bersama dengan brokoli yang dicincang dan tambahkan pula telur bersama dengan garam dan daging giling.
    5. Aduk-aduk semua bahan diatas secara merata sampai tercampur dan teraduk. Lalu berikan pula merica bubuk dan tambahkan dengan keju parmesan kedalamnya secara merata.
    6. Dengan menggunakan sendok silahkan aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan teraduk secara merata.
    7. Sendokkan campuran daging kedalam kentang yang kini ukurannya tinggal setengah bagian. Kemudian bagian atasnya bisa anda berikan dengan menggunakan keju mozarella. Lalu isi kembali kentang sampai penuh dan terakhir berikan keju smoke.
    8. Masukkan sajian ini kedalam pinggan anti panas yang sebelumnya sudah diolesi dengan menggunakan margarin secara merata. Lalu letakkan pinggan didalam loyang yang lebih besar dan isikan air kedalamnya secara merata.
    9. Tutup bagian atasnya dengan menggunakan alumunium foil dan panggang didalam oven dengan suhu dibawah 180 derajat Celcius selama kurang lebih 35 menit atau sampai hidangan ini menjadi lebih matang secara merata.

    Resep Membuat Kentang Panggang yang Lezat Untuk Menu Sarapan yang Nikmat

    Bahan-Bahan:

    • 500 gram kentang
    • 100 gram daging giling
    • 2 butir telur, kocok lepas
    • 1 sendok teh pala bubuk
    • 1/2 sendok teh garam
    • 1/4 sendok teh merica bubuk
    • 50 gram kacang polong
    • 1 buah kuning telur, kocok lepas untuk olesan
    • 50 gram keju cheddar, parut
    • 3 gram wijen hitam untuk taburan

    Persiapan Membuat Kentang Panggang yang Lezat Untuk Menu Sarapan yang Nikmat:

    1. Untuk persiapan kali ini kita akan lakukan dengan mengukus kentangnya terlebih dahulu. Cara ini akan penting dilakukan sebelum kita mengolah sajian kentang ini menjadi hidangan yang nikmat. Namun sebelumnya silahkan bersihkan kentang terlebih dahulu.
    2. Caranya bawa kentang ke tempat cucian dan bersihkan sajian ini secara merata. Kemudian gosok-gosok bagian permukaan kulit kentang untuk membersihkan kotoran dan tanah yang masih tersisa pada kulit kentang.
    3. Selesai dibersihkan silahkan siapkan sebuah kukusan dan masukkan kentang kedalamnya. Kemudian kukus kentang sampai matang secara merata hingga lembut.
    4. Angkat kentang yang sudah matang dan kupas kulitnya secara merata. Untuk memudahkan anda melakukannya maka sebaiknya anda dianjurkan untuk mengupas kulit kentang pada saat kentang masih panas.
    5. Selanjutnya sisihkan kentang didalam sebuah wadah. Bila anda merasa kesulitan pada saat mengupas kulit kentang karena rasa panasnya. Maka anda bisa menggunakan lap sebagai alas dan gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan anda.
    6. Kemudian bahan yang terakhir adalah telur. Silahkan pecahkan telur dalam sebuah mangkuk dan kocok sajian ini sampai lepas secara merata. Kemudian sisihkan sementara sebelum dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

    Cara Membuat Kentang Panggang yang Lezat Untuk Menu Sarapan yang Nikmat:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini, silahkan masukkan kentang yang masih panas kedalam sebuah wadah. Lalu haluskan kentang dengan menggunakan garpu atau anda bisa menghaluskan dengan menggunakan ulekan sampai bahan ini menjadi lebih lembut.
    2. Setelah itu, silahkan masukkan bumbu kedalam kentang seperti halnya garam bersama dengan merica bubuk dan juga pala bubuk. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata hingga tercampur.
    3. Setelah itu, masukkan pula daging giling kedalamnya bersama dengan kacang polong. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur.
    4. Kemudian masukkan kedalamnya telur bersama dengan keju parut dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata hingga tercampur.
    5. Setelah itu, tuangkan adonan ini kedalam mangkuk tahan panas yang memungkinkan untuk dimasukkan kedalam oven. Namun sebelumnya pastikan anda telah mengolesinya dengan menggunakan margarin secara merata.
    6. Panggang dan masukkan dalam oven dibawah suhu 170 derajat Celcius dan masak selama kurang lebih 20 menit sampai setengah matang merata.
    7. Oleskan kuning telur pada bagian permukaan kentang secara merata. Kemudian tambahkan wijen dibagian atasnya. Lalu panggang kembali dalam oven untuk 20 menit yang lain sampai sajian ini menjadi lebih matang secara merata.

    Nah, setelah matang anda akan dapat menyajikan hidangan ini untuk menu sarapan si buah hati yang leza dengan kreasi yang nikmat. Tambahkan toping seperti parutan keju dibagian atasnya akan tentu memberikan tampilan yang lebih menggoda dari sajian yang satu ini.

    Resep Membuat Krim Sup Kentang Bawang yang Nikmat

     

    Bahan-Bahan:

    • 250 gram kentang
    • 300 ml cooking cream
    • 1 sendok makan tepung terigu
    • 1 buah bawang bombay
    • 400 ml air kaldu ayam
    • 2 sendok teh garam
    • 1/4 sendok teh merica hitam kasar
    • 2 sendok makan mentega tawar untuk menumis

    Bahan Pelengkap:

    • 3 lembar smoked chicken
    • 100 gram jamur champignon segar, iris halus, tumis dengan 1 sendok makan mentega
    • 3 tangkai kucai, potong 2 cm
    • Roti Garlic:
    • 1 buah french bread, iris miring
    • 1 sendok teh peterseli, cincang
    • 1 siung bawang putih, cincang halus
    • 1 sendok makan mentega asin

    Persiapan Membuat Krim Sup Kentang Bawang yang Nikmat:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini akan lebih baik jika terlebih dahulu kita persiapkan beberapa bahan pada resep yang perlu kita olah. Bahan tersebut seperti kentang sebelum dimasak dan dicampur menjadi bahan lainnya kentang perlu kita cuci dengan merata.
    2. Bawa kentang ke tempat cucian dan bersihkan sajian ini secara merata di tempat cuci. Gosok-gosok bagian permukaan kentang untuk membersihkan kotorannya secara merata.
    3. Bila sudah bersih masukkan kembali kedalam wadah dan kupas secara merata. Lalu masukkan kedalam rendaman air didalam baskom untuk menjaga agar kentang tidak hitam pada saat digunakan.
    4. Setelah semua kentang dibersihkan dan dikupas kulitnya maka silahkan masukkan kentang kedalam kukusan dan kukus sampai matang secara merata.
    5. Setelah matang, angkat sajian ini dan masukkan kedalam blender untuk selanjutnya haluskan dengan menggunakan mesin blender sampai semua sajian ini tercampur secara merata dan halus.
    6. Kemudian setelah selesai, masukkan kedalam wadah dan sisihkan sementara dan anda akan siap untuk mengolah bahan lainnya.
    7. Untuk bawang bombay anda akan dapat mengolah bahan ini dengan cara mengupas kulitnya terlebih dahulu dengan menggunakan pisau secara merata.
    8. Lalu iris bahan ini dengan bentuk memanjang dan tampung kedalam wadah. Anda bisa mengiris bawang bombay dengan menggunakan pisau dan iris diatas tatakan.

    Cara Membuat Krim Sup Kentang Bawang yang Nikmat:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini silahkan panaskan minyak dalam sebuah wajan dan gunakan api yang sedang.
    2. Kemudian tumis bawang bombay kedalamnya sampai harum dan berwarna kecoklatan secara merata. Setelah itu, baru masukkan tepung terigu kedalamnya sesuai dengan takaran yang ditentukan pada resep.
    3. Aduk-aduk semua sajian diatas sampai berbutir dan halus secara merata.
    4. Masukkan air kaldu kedalamnya sedikit demi sedikit dengan perlahan hingga adonan didalam tumisan kini berubah menjadi lebih licin secara merata.
    5. Baru masukkan kentang kedalamnya dan aduk-aduk sampai hidangan ini berubah menjadi mendidih dengan ditandai meletup-letup.
    6. Setelah itu, bumbui bahan ini dengan menggunakan garam dan merica hitam bubuk. Lalu aduk-aduk secara merata sampai semua bahan ini tercampur secara merata.
    7. Masukkan cooking cream kedalamnya dan masak kembali sampai mendidih dengan tanda meletup-letup pada masakan yang anda buat.
    8. Untuk membuat roti garlic anda akan dapat melakukannya dengan mencampurkan mentega asin bersama dengan bawang putih dan juga peterseli. Lalu aduk-aduk semua sajian ini sampai tercampur.
    9. Kemudian oleskan sajian ini diatas French toast yang dibuat. Panggang kedalam oven sampai harum lalu angkat dan keluarkan.
    10. Untuk bahan pelengkap kali ini, panggang smoked chicken diatas pinggan anti panas atau diatas pan yang sebelumnya sudah diberikan sedikit minyak.
    11. Jangan lupa balikkan ayam asal harum saja lalu angkat. Selanjutnya silahkan iris halus smoked chicken dengan menggunakan pisau dan masukkan dalam wadah.

    Tuangkan krim sup dalam sebuah mangkuk kemudian sajikan bersama dengan bahan pelengkap yang sudah disebutkan pada resep sebelumnya. Anda akan dapat menikmati hidangan ini bersama dengan roti garlic yang kita buat sebelumnya.