Aneka Resep Bubur Asin dan Manis Kreasi Rumahan yang Lezat

Sajikan dan nikmati lezat dan nikmatnya hidangan aneka bubur asin dan manis yang akan kita berikan kali ini. Resep ini akan dapat anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa? Simak dibawah ini informasinya.

Resep Bubur Telur Kuah Kaldu Ayam yang Kental dan Nikmat

Bahan-Bahan:

  • 150 gram beras
  • 3 butir telur ayam kampung
  • 1 cm jahe
  • 3000 ml kaldu ayam
  • 100 gram jagung manis
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh minyak wijen

Bahan Pelengkap Bubur:

  • 3 buah cakwe, iris
  • 1 sendok makan wijen putih, sangrai
  • 2 tangkai daun seledri, iris halus
  • 1 batang daun bawang, iris halus 
  • untuk taburan

Persiapan Membuat Bubur Telur Kuah Kaldu Ayam yang Kental dan Nikmat:

  1. Cara penting pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu membuat bahan persiapan untuk membuat sajian kali ini. Untuk itu, maka simak persiapan ini dengan baik.
  2. Adapun persiapan yang pertama yang akan dapat anda lakukan dengan mudah dan sederhana adalah dengan mencuci jahe sebagai bahan bumbu yang akan kita buat kali ini.
  3. Cuci jahe sampai bersih dengan merata menggunakan air yang mengalir secara merata. Lalu kemudian pastikan tidak ada sisa tanah atau kotoran yang menempel pada jahe.
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan memastikan anda menggeprek jehe dengan menggunakan ulekan secara merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan bahan ini bersama dengan bahan lainnya.
  5. Setelah itu, cuci beras yang akan digunakan dalam bahan kali ini. Masukkan beras dalam wadah dan masukkan air kedalamnya. Untuk kemudian aduk-aduk dengan merata sampai air beras berubah menjadi putih.
  6. Lakukan cara membersihkan beras diatas secara berulang sampai anda mendapati air beras menjadi lebih jernis dan bersih.
  7. Langkah selanjutnya adalah dengan memecahkan telur ayam kampung dalam sebuah wadah dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur dan adonan telur menjadi lebih merata.

Cara Membuat Bubur Telur Kuah Kaldu Ayam yang Kental dan Nikmat:

  1. Setelah selesai dengan bahan persiapan diatas maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mulai membuat sajian kali ini. Awali langkah kali ini dengan cara membuat buburnya terlebih dahulu.
  2. Untuk itu, maka silahkan masukkan kaldu ayam dalam sebuah panci dan rebus bahan ini bersama dengan jahe dan juga beras sampai mendidih.
  3. Aduk-aduk sajian bubur ketik anda memasaknya. Adukan yang anda berikan akan menentukan kehalusan tekstur dari sajian bubur yang kita masak kali ini. Untuk itu, lanjutkan mengaduk bahan ini secara merata.
  4. Bila bubur sudah setengah matang anda akan dapat menuangkan jagung manis kedalam sajian ini dan masak kembali bahan bubur sampai matang secara merata.
  5. Sertelah itu, baru masukkan telur ayam kampung yang sudah dikocok dan diaduk secara merata.
  6. Lalu masukkan pula garam bersama dengan bumbu lain seperti merica bubuk dan angciu bersama dengan minyak wijen. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur.
  7. Nah, setelah matang anda akan dapat menuangkan sajian ini kedalam wadah dan perlahan masukkan kedalam mangkuk secara merata.
  8. Setelah itu, anda akan dapat memberikan bahan pelengkap diatasnya seperti cakwe potong, seledri, bawang, ayam suwir dan masih banyak lagi.

Agar sajian ayam ini terasa lebih nikmat dan lezat maka lebih cocok dinikmati pada saat masih hangat. Jangan lupakan sajian kerupuk sebagai tambahan dari sajian kali ini.

Resep Membuat Bubur Beras Merah Kreasi Jamur dan Ceker yang Enak dan Lezat

Bahan-Bahan:

  • 150 gram beras merah
  • 1/4 ayam kampung
  • 3000 ml kaldu ayam
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 50 gram jamur
  • 2 sendok teh garam
  • 100 gram ceker ayam
  • 1/2 sendok teh minyak wijen

Bahan Pelengkap Bubur:

  • 3 buah cakwe, iris
  • 1 sendok makan wijen putih, sangrai
  • 2 tangkai daun seledri, iris halus
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • untuk taburan

Persiapan Membuat Bubur Beras Merah Kreasi Jamur dan Ceker yang Enak dan Lezat:

  1. Untuk membuat sajian kali ini, persiapan menjadi langkah penting yang perlu untuk anda lakukan dengan baik. Hal ini dikarenakan, persiapan adalah cara yang penting yang akan memudahkan anda membuat sajian kali ini.
  2. Untuk langkah persiapan pertama bahan yang akan kita olah adalah membersihkan ayam kampung bersama dengan ceker. Cara ini menjadi langkah penting yang perlu untuk kita perhatikan dengan baik. Maka demikian bawa kedua bahan ini ke tempat cucian.
  3. Ditempat cucian silahkan bersihkan ayam bersama dengan ceker secara merata. Untuk ceker anda akan dapat memotong bagian kuku dan membersihkan lapisan kulit keras yang ada pada ceker.
  4. Sementara untuk ayam pastikan anda membersihkan ayam dari lendir dan kotoran yang masih tersisa. Kucuri dengan air yang mengalir secara merata.
  5. Bila sudah selesai maka angkat sajian ini dan belah tidak putus ceker pada bagian tengah antara tulang bersama dengan ceker ayamnya secara merata.
  6. Masukkan kembali dalam wadah dan sisihkan secara merata sebelum anda mencampurkan bahan ini dengan bahan lainnya.
  7. Sementara untuk bahan jamur anda akan dapat memotongnya secara merata dan masukkan dalam wadah untuk kemudian cuci sampai bersih.

Cara Membuat Bubur Beras Merah Kreasi Jamur dan Ceker yang Enak dan Lezat

  1. Untuk membuat sajian kali ini langkah penting yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat buburnya terlebih dahulu. Maka dari itu silahkan siapkan sebuah panci.
  2. Lalu masukkan kedalamnya air kaldu ayam bersama dengan jahe dan tuangkan beras merah kedalamnya. Lalu rebus sampai mendidih.
  3. Masukkan juga ayam kampung dalam keadaan utuh secara merata. Lalu aduk-aduk dan kocok bersama dengan rebusan bubur yang anda masak secara merata.
  4. Penting sekali dipahami dengan baik bahwa tehnik mengaduk bubur akan mempengaruhi tekstur kelembutan dari bubur. Bila anda ingin bubur masakkan anda lebih lembut maka kocok dengan cepat dan merata.
  5. Bila sudah mendidih anda pun akan dapat menyiapkan panci yang lain dan biarkan bubur mendidih dan matang dengan sesekali diaduk dengan merata.
  6. Dalam panci yang lain masukkan air dan ceker kemudian bumbui dengan jahe dan bawang putih yang dihaluskan. Aduk merata dan rebus sajian ini secara merata sampai matang dan mendidih.
  7. Bila bubur sudah hampir matang maka masukkan jamur kedalamnya dan aduk kembali secara merata sampai tercampur.
  8. Nah, setelah matang maka anda akan dapat menuangkan sajian ini dalam wadah dan sajikan bersama dengan ayam yang dipisahkan dengan tulangnya.

Lalu tata ceker diatasnya dan berikan bahan pelengkap secara merata untuk melengkapi sajian ini yang akan anda santap selagi masih hangat.

Resep Membuat Bubur Sumsum Gula Merah Manis yang Lembut

Bahan-Bahan:

  • 200 gram tepung beras
  • 4 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh garam
  • 1500 ml santan dari 1 butir kelapa

Bahan Sirop Gula Merah:

  • 350 gram gula merah
  • 500 ml air
  • 3 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam

Persiapan Membuat Bubur Sumsum Gula Merah Manis yang Lembut:

  1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Caranya adalah dengan terlebih dahulu memastikan bahwa semua bahan yang ada dalam resep diatas sudah anda siapkan dengan merata. Cara ini akan penting guna memudahkan anda membuat sajian kali ini.
  2. Selanjutnya setelah semua bahan diatas dipersiapkan dengan baik maka anda akan dapat membuat santan kelapa untuk sajian kali ini. Maka dari itu, silahkan siapkan kelapa satu butit.
  3. Bersihkan terlebih dahulu kelapa secara merata dengan air bersih. Lalu angkat dan tiriskan air cuciannya dan tunggu sampai kering.
  4. Selanjutnya adalah dengan menyiapkan sebuah baskom dan ambil parutan. Lalu parut kelapa dengan menggunakan parutan yang sudah disiapkan.
  5. Bila semua kelapa sudah dihaluskan dengan merata maka silahkan tuangkan air kedalamnya sebanyak 1.5 liter. Lalu aduk-aduk dengan kelapa sampai air berubah menjadi santan yang putih.
  6. Ambil sarangan dan ambil kuah santannya saja untuk kemudian diperas secara merata dan masukkan kedalam sebuah wadah dan sisihkan.
  7. Nah, setelah semua bahan disiapkan dengan merata maka langkah selanjutnya anda akan siap untuk membuat sajian kali ini.

Cara Membuat Bubur Sumsum Gula Merah Manis yang Lembut:

  1. Untuk membuat sajian bubur sumsum kali ini kita akan lakukan dengan terlebih dahulu membuat siro gula merahnya. Cara ini dalam anda dahulukan agar nantinya bubur yang sudah matang tinggal anda siram dengan sirop yang sudah anda buat dengan merata.
  2. Untuk membuat sirop gula merah ini anda akan dapat melakukannya dengan menyisir terlebih dahulu gula pasir. Untuk itu, silahkan siapkan sebuah tatakan dan ambil satu buah pisau.
  3. Sisir gula merah dengan merata dan tampung gula merah ini dalam sebuah wadah sebelum anda mencampurkannya dengan bahan-bahan lainnya.
  4. Lalu siapkan sebuah panci dan masukkan air kedalamnya bersama dengan gula merah yang sudah anda sisir sebelumnya.
  5. Masukkan pula daun pandan dan berikan sedikit garam. Lalu aduk-aduk secara merata sampai semua bahan larut dan tercampur merata. Nantinya gula merah akan mendidih dan mengental dengan sendirinya.
  6. Bila sudah mengental maka angkat dan sisihkan sementara sebelum anda mencampur bahan ini dengan bubur sumsum yang akan kita buat.
  7. Untuk membuat bubur dapat anda lakukan dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah panci dan masukkan santan kedalamnya.
  8. Campurkan pula beberapa bahan seperti tepung beras bersama dengan garam, pandan dan masak bahan ini dengan cara diaduk diatas api yang kecil secara merata.
  9. Masak bahan bubur sampai mengental kurang lebih selama 20 menit secara merata hingga meletup-letup dan mengental.

Nah, setelah selesai maka anda akan dapat mengangkat sajian ini dan hidangkan dalam sebuah wadah. Untuk kemudian siram bagian atasnya dengan menggunakan sirop gula merah.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons