Aneka Bumbu Resep Seafood Kerang Goreng Tepung Menu Masakan Kerang yang Bercitarasa Nikmat dan Enak

Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan jenis kerang hijau yang mantap dan lezat, yang sering digunakan sebagai bahan masakan.

Dalam bahasa lokal kita juga seringkali mengenal hewan laut yang satu ini dengan nama beragam seperti kijing atau kemudi laut. Rasanya yang nikmat membuat kerang hijau seringkali diolah menjadi bahan dasar sebuah masakan.

Bagi anda yang tertarik untuk mengolah kerang hijau di rumah anda sebagai sajian menarik bagi keluarga, berikut ada sebuah resep kerang goreng tepung yang bisa anda coba. Menu ini terbilang sederhana namun tetap menggugah selera makan. Simak resep dan cara pembuatannya berikut ini.

Aneka Bumbu Resep Seafood Kerang Goreng Tepung Menu Masakan Kerang yang Bercitarasa Nikmat dan Enak

4.8 98

Waktu Memasak

Persiapan:

Memasak:

Total:

Jumlah Porsi

2 Orang

Bahan dan Bumbu Resep Masak Kerang Goreng Tepung

Bahan-bahan

  • 500 gram kerang hijau tanpa cangkang yang masih segar
  • 200 gram tepung beras
  • 2 sendok makan tepung kanji
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan

  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 ruas kunyit
  • 3 butir kemiri yang sudah disangrai

Bahan Pelengkap Masakan

  • Sambal secukupnya

Cara dan Langkah Memasak

  1. Cuci bersih terlebih dahulu kerang hijau anda tersebut di bawah air mengalir hingga benar-benar bersih, setelah yakin bersih anda bisa meniriskannya terlebih dahulu.
  2. Siapkan sebuah wadah kemudian anda masukan beberapa bahan ke dalamnya, yakni tepung kanji, tepung beras, merica bubuk, penyedap rasa dan garam. Setelah semua bahan masuk ke dalam wadah anda aduk hingga semuanya menyatu dan merata dengan baik.
  3. Haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit serta kemiri sebagai bahan bumbu halus dengan menggunakan blender ataupun ulekan. Pastikan kesemua bahan tersebut benar-benar halus.
  4. Setelah bumbu tersebut halus anda bisa melanjutkan untuk mencampurkannya ke dalam campuran tepung yang sudah anda buat sebelumnya.
  5. Tuangkan air perlahan ke dalam campuran tepung adonan, sembari terus diaduk agar merata
  6. Mulai masukan satu persatu kerang dalam adonan tersebut dan lumuri hingga semua bagian benar-benar tertutupi secara merata.
  7. siapkan wajan dan minyak goreng kemudian anda pnaskan dengan api sedang. Setelah panas anda bisa mulai memasukan kerang yang sudah dilumuri tepung ke dalam minyak dan goreng hingga matang dan tentunya kering. Goreng hingga tekstur makanannya renyah dan nikmat.
  8. Setelah matang anda bisa mengangkat dan menyajikannya di atas piring saji.
  9. Sajikan menu kerang goreng tersebut dengan pelengkap berupa saus sambal.
  10. Nikmati selagi masakan ini masih hangat.
  11. Sajikan sebagai menu teman makan anda atau bisa juga sebagai camilan ringan di saat berkumpul dengan teman atau keluarga.

Begitulah tadi resep masak dari menu masak kerang goreng tepung yang mantap dan nikmat. Menu ini angat pas disajikan sebagai camilan di saat anda bersantai bersama dengan keluarga atau teman ditemani dengan cocolan sambal sesuai dengan selera anda masing-masing pasti menambah kelezatan rasa dari kerang goreng tepung mantap satu ini.

Bagikan menu masak kerang goreng tepung yang lezat ini melalui media sosial yang anda miliki. Klik tombol share media sosial yang berada di bagian bawha artikel. Anda juga bisa berkomentar seputar resep mantap ini pada kolom yang sudah disediakan. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons