Agar Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau, Ikuti 5 Tips Berikut Ini

Daging kambing dapat diolah menjadi berbagai sajian yang nikmat, salah satunya dibuat sate. Sate kambing menjadi sajian favorit banyak orang. Memiliki rasa yang khas dan nikmat, sate kambing akan menggugah selera.

Ketika Idul Adha, mengolah daging kambing menjadi sate banyak dijadikan pilihan. Nah, agar sajian sate teksturnya empuk dan tidak bau, ada beberapa tips yang dapat diikuti seperti berikut ini.

Agar Sate Kambing Empuk

Tips Agar Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus

Tips agar sate kambing empuk dan aromanya tidak bau berikut ini bisa anda coba saat membuat sate kambing.

Baca juga : Tips Menghilangkan Bau Amis Ikan dengan Bahan Sederhana

Potong Daging dengan Tepat

Agar Sate Kambing Empuk

Ketika memotong daging untuk sate anda harus memperhatikan ukurannya dengan tepat. Jangan potong daging dengan ukuran tebal. Apabila potongannya terlalu tebal maka sate nantinya akan keras.

Oleh karena itu, sebagai cara membuat sate daging kambing empuk, anda bisa memotongnya sedang atau tipis agar lebih cepat matang dan teksturnya empuk. Pada daging kambing terdapat banyak urat, ketika matang umumnya daging akan rentan keras.

Jangan Mencuci Daging Kambing

Agar Sate Kambing Empuk

Ketika mengolah bahan masakan, anda tentu selalu mencucinya terlebih dahulu untuk memastikan makanan higenis dan sehat. Namun, sebaliknya untuk daging kambing, sebaiknya anda jangan mencuci daging kambing supaya tidak semakin bau prengus.

Caranya yaitu cukup membuang kotoran serta darah yang menempel pada daging. Walaupun nampak tidak higenis, namun pada saat dibakar kotoran yang menempel pada daging akan hilang.

Membungkus Daging Menggunakan Daun Pepaya

Agar Sate Kambing Empuk

Sate dengan tekstur daging yang empuk tentu akan terasa lebih lezat. Nah, cara yang bisa anda lakukan untuk membuat daging kambing empuk yaitu dengan membungkus daging menggunakan daun pepaya.

  • Caranya yaitu silakan ambil daun pepaya sebanyak 2 lembar.
  • Kemudian daun pepaya tersebut diremas-remas.
  • Selanjutnya bungkus daging kambing yang telah anda potong-potong menggunakan daun pepaya dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Sebaiknya hindari menggunakan nanas karena akan membuat daging menjadi hancur ketika dibakar.

Menambahkan Banyak Bumbu

Agar Sate Kambing Empuk

Mengolah daging dengan aneka bumbu akan menjadikan sajian daging lezat dan nikmat. Aneka bumbu biasanya digunakan saat mengolah masakan. Begitupun dengan membuat sate kambing, anda dapat menggunakan bumbu yang banyak untuk mengurangi bau prengus daging kambing.

  • Silakan siapkan bumbu-bumbu seperti daun jeruk, bawang putih dan ketumbar. Aneka bumbu ini akan memberikan aroma sedap pada sate.
  • Selain itu, air perasan jeruk nipis akan menambah cita rasa sate menjadi lebih segar.
  • Tanpa kecap manis daging kambing akan kurang sedap, oleh karena itu agar rasanya semakin gurih dan sedap anda bisa menambahkan kecap manis.

Bakar Sate Kambing Menggunakan Api Sedang

Agar Sate Kambing Empuk

Anda jangan membakar daging kambing menggunakan api besar sebab akan membuat daging kambing teksturnya alot dan gosong dengan bagian dalam yang tidak matang.

Oleh karena itu, cara membakar sate kambing yang benar yaitu dengan menggunakan api sedang. Selain itu, pastikan panasnya bukan dari api, akan tetapi dari bara arang. Saat sudah matang, anda bisa langsung menikmati sate kambing. Sate akan lebih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat karena teksturnya masih empuk. Apabila sudah dingin nantinya daging akan alot dan menjadi berlemak.

Lihat juga : Tips Merebus Ayam Agar Empuk dan Lembut

Itulah tips agar sate kambing empuk dan tidak bau. Dengan mengikuti tips di atas kini anda bisa membuat sajian sate yang lebih nikmat.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons