4 Tips Cerdas Agar Gorengan Tidak Berminyak

Agar Gorengan Tidak Berminyak – Gorengan menjadi hidangan yang disukai banyak orang. Baik dijadikan cemilan atau lauk, gorengan akan terasa nikmat apalagi jika disantap dengan sambal. Nah, ketika membeli atau membuat gorengan apakah anda pernah menemukan gorengan yang sangat berminyak? Gorengan yang sangat berminyak tentu akan membuat selera makan kita hilang.

Agar gorengan tidak terlalu berminyak, ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat menggoreng. Yuk simak tips agar gorengan tidak berminyak berikut ini.

Agar Gorengan Tidak Berminyak

Tips Cerdas Agar Gorengan Tidak Berminyak

Agar gorengan tidak berminyak, anda harus menggoreng dengan baik dan benar. Mulai dari pemilihan minyak hingga teknik menggoreng yang tepat harus anda lakukan seperti berikut ini.

Pilih Minyak Goreng yang Berkualitas

Agar Gorengan Tidak Berminyak

Kesehatan keluarga adalah hal penting yang harus anda perhatikan, sehingga dalam membuat makanan memilih bahan makanan yang sehat dan berkualitas harus anda lakukan. Selain bahan makanannya, anda juga harus memperhatikan kualitas dari minyak yang digunakan untuk menggoreng. Nah, perhatikan beberapa hal berikut ini dalam memilih minyak goreng untuk menggoreng.

Baca juga : Tips Membuat Kulit Ayam Krispi yang Gurih dan Lezat

  • Supaya hasil gorengan maksimal, anda harus memakai minyak yang baru untuk menggoreng.
  • Jika anda masih memiliki minyak sisa yang cukup banyak, serta warnanya masih bening, maka anda bisa memakainya untuk menggoreng.
  • Namun, pastikan setelah itu anda jangan menggunakan minyak itu lagi dan ganti dengan yang baru apabila anda akan menggoreng lagi. Minyak yang warnanya sudah gelap, serta terdapat bintik hitam akan membuat kualitas gorengan menurun dan tidak akan dapat mematangkan dengan sempurna.

Terlebih Dahulu Panaskan Minyak

Agar Gorengan Tidak Berminyak

Gorengan yang dimasukan ke dalam minyak yang masih dingin dan belum dipanaskan tidak akan matang dengan sempurna. Suhu yang berubah dengan mendadak, dari dingin ke panas hanya akan dapat mematangkan gorengan bagian luarnya saja. Sedangkan untuk bagian dalamnya akan tetap mentah. Sehingga dengan begitu waktu menggoreng akan menjadi lebih lama dan menjadikan gorengan yang anda goreng lebih berminyak. Yuk perhatikan beberapa hal berikut ini saat menggoreng.

  • Siapkan minyak goreng yang akan anda gunakan untuk menggoreng. Kemudian minyak goreng dipanaskan hingga benar-benar panas.
  • Cara mengetahui apakah minyak goreng sudah panas atau belum yaitu dengan mencelupkan sutil kayu ke dalam minyak, anda bisa memperhatikan apakah banyak gelembung di sekitarnya. Jika sudah seperti itu, tandanya minyak sudah panas.

Baca Juga  5 Cara Membuat Buah Anggur Beku Untuk Cemilan yang Lezat

Bahan Gorengan Dimasukan Sedikit Demi Sedikit

Agar Gorengan Tidak Berminyak

Ketika membuat makanan anda mungkin ingin cepat selesai agar bisa segera dihidangkan untuk keluarga di rumah. Sehingga saat menggoreng anda memasukan bahan makanan cukup banyak dalam sekali menggoreng. Hal ini akan membuat wajan penggorengan menjadi penuh. Terlalu banyak bahan makanan di dalam wajan akan membuat suhu minyak menjadi menurun, akibatnya gorengan menyerap minyak lebih banyak.

Sebagai cara menggoreng yang benar, anda harus memasukan bahan gorengan sedikit demi sedikit. Untuk wajan ukuran sedang setidaknya anda memasukan 3 hingga 4 bahan.

Tiriskan Gorengan Pada Alat Peniris

Agar Gorengan Tidak Berminyak

Ketika gorengan sudah matang dan warnanya berubah menjadi keemasan, anda jangan langsung mengangkat lalu meletakannya pada piring. Gorengan yang masih banyak minyak dan masih menetes akan membasahi piring dan membuat gorengan menjadi lembab. Apabila dibiarkan terlalu lama, maka gorengan akan menyerap minyak dan tekstur dalamnya akan menjadi berminyak.

  • Agar gorengan tidak berminyak caranya yaitu, anda harus meniriskan gorengan pada cooling rack atau saringan yang biasanya digunakan untuk meletakan gorengan setelah matang.
  • Selain itu, anda juga bisa meletakan tisu dapur pada piring sebelum gorengan disimpan. Agar tidak lembab sebaiknya anda jangan menumpuk gorengan.

Lihat juga : Cara Agar Daging Cepat Empuk

Nah, itulah beberapa tips menggoreng bahan makanan agar tidak berminyak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar