4 Koleksi Resep Daging Masak Bumbu Nusantara Enak yang Sedap

    Resep Membuat Daging Masak Cabai Aroma Serai Gurih

    Bahan-Bahan:

    • 200 gram daging sandung lamur
    • 150 gram kikil lembaran
    • 3 batang serai, diiris halus
    • 3 butir bawang putih, diiris halus
    • 1 buah tomat, dipotong
    • 6 butir bawang merah, diiris halus
    • 4 buah cabai rawit merah, dimemarkan
    • 1 1/4 sendok teh gula merah
    • 8 buah cabai rawit hijau, diiris halus
    • 1/2 sendok teh terasi
    • 600 ml air
    • 2 sendok teh garam
    • 3 sendok makan minyak goreng, untuk menumis

    Persiapan Membuat Daging Masak Cabai Aroma Serai Gurih:

    1. Cara penting pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang memang perlu diolah dan dipersiapkan bersama dengan bahan lainnya secara merata. Langkah persiapan akan membantu anda untuk menciptakan sajian resep yang mudah untuk dibuat.
    2. Persiapan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memotong daging sandung lamur sebagai bahan utama dari sajian kali ini. Caranya adalah masukkan daging kedalam wadah dan siapkan pisau bersama dengan sebuah tatakan.
    3. Kemudian setelah itu, potong-potong sajian ini dengan merata menggunakan pisau kira-kira dengan ukuran 2 cm atau sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.
    4. Masukkan kembali bahan ini kedalam wadah dan bawa ke tempat cucian untuk kemudian bersihkan dan cuci dengan menggunakan air mengalir secara merata.
    5. Bila sudah bersih dengan merata maka anda akan dapat memasukkan bahan ini kedalam wadah untuk kemudian tiriskan air cuciannya dan diamkan sementara.
    6. Untuk kikil anda bisa memotong bahan ini terlebih dahulu dengan ukuran yang sama kira-kira 2 cm. Lalu masukkan juga pada wadah dan bersihkan bahan ini dengan merata.
    7. Selanjutnya kucuri kedua bahan ini dengan menggunakan air jeruk nipis dan taburi dengan menggunakan garam secara merata.
    8. Aduk-aduk semua bahan ini dengan merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu dan bahan ini meresap kedalamnya dengan sempurna.

    Cara Membuat Daging Masak Cabai Aroma Serai Gurih

    1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dengan api yang sedang dan tunggu sampai wajan panas.
    2. Baru kemudian masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak matang dan panas dengan merata. Lalu masukkan bawang merah kedalamnya bersama dengan bawang putih secara merata. Aduk semua bahan ini dengan merata sampai tercampur dan tercium bau harum.
    3. Kemudian setelah itu, masukkan cabai rawit hijau bersama dengan cabai rawit merah dan serai. Aduk kembali dan masak sajian ini sampai harum dan layu.
    4. Masukkan tomat kedalamnya bersama dengan terasi dan aduk kembali semua bumbu ini agar tercampur dengan merata dan sempurna hingga semua bahan matang dan merata.
    5. Lalu kemudian anda akan senantiasa menuangkan daging kedalamnya bersama dengan kikil yang sebelumnya sudah anda bersihkan dengan merata.
    6. Aduk semua bahan ini dan masak sampai berubah warnanya dengan merata. Baru bumbui sajian ini dengan menggunakan garam bersama dengan gula merah dan tuangkan sedikit air kedalamnya. Untuk kemudian aduk-aduk dengan merata semua bahan ini.
    7. Masak sampai matang dan bumbu empuk serta kikil menjadi lebih lunak dan mudah dicerna. Untuk selanjutnya anda akan dapat mematikan kompor.

    Angkat sajian ini dan hidangkan dalam wadah untuk selanjutnya anda akan senantiasa dapat menikmati hidangan yang satu ini.

    Resep Membuat Daging Masak Tomat Kreasi Kacang Merah

    Bahan-Bahan:

    • 350 gram daging top side
    • 100 gram kacang merah direbus
    • 4 buah tomat
    • 2 siung bawang putih, dicincang kasar
    • 2 butir bawang merah, dicincang kasar
    • 1 cm jahe, diiris
    • 2 buah cabai hijau besar, dibuang bijinya, dicincang kasar
    • 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
    • 1/2 sendok makan garam
    • 1 sendok teh gula pasir
    • 1/4 sendok teh merica bubuk
    • 750 ml air
    • 2 buah cabai merah besar, dibuang bijinya, dicincang kasar
    • 2 sendok makan minyak untuk menumis

    Persiapan Membuat Daging Masak Tomat Kreasi Kacang Merah:

    1. Cara pertama untuk mengawali langkah kali ini adalah dengan terlebih dahulu memperhatikan langkah untuk membuat sajian kali ini. Langkah persiapan berisikan dengan cara mengolah bahan sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Dimana cara ini penting untuk memudahkan anda mengolah dan meracik bumbu pada sajian kali ini.
    2. Adapun bahan pertama yang perlu untuk dipersiapkan adalah dengan mengolah daging top sidenya. Cara mengolah daging ini adalah dengan memasukkan daging kedalam sebuah wadah dan siapkan sebuah pisau bersama dengan sebuah tatakan.
    3. Sebelum daging dicuci dan dibersihkan dengan merata maka silahkan potong terlebih dahulu dengan bentuk persegi panjang. Lakukan hal yang sama pada sisa daging yang masih ada. Bila sudah selesai maka masukkan kembali dalam wadah dan sisihkan sementara.
    4. Selanjutnya adalah kucuri daging dengan menggunakan air jeruk nipis dan aduk-aduk semua bahan ini hingga tercampur dengan merata. Lalu taburi dengan garam dan aduk-aduk kembali sampai tercampur.
    5. Diamkan daging dengan bahan diatas sampai tercampur merata. Hal ini dikarenakan agar bumbu meresap kedalam daging dan mengurangi bau amis pada daging dengan merata. Maka dari itu, diamkan sementara selama 10 menit.
    6. Langkah selanjutnya adalah dengan mencuci kacang dalam sebuah wadah dan aduk dengan merata sampai bersih. Kemudian tiriskan dan sisihkan sementara.
    7. Siapkan sebuah panci dan masukkan air kedalamnya kemudian masukkan kacang dan rebus sajian ini sampai matang dan mendidih.
    8. Lalu untuk tomat silahkan siapkan pisau dengan ukuran besar dan sebuah tatakan. Lalu cincang bahan ini dengan merata sampai kasar dan sisihkan dalam wadah.
    9. Angkat kacang dan tiriskan air rebusannya dengan merata sebelum anda membuat hidangan ini dan mencampurkannya dengan bahan lainnya.

    Cara Membuat Daging Masak Tomat Kreasi Kacang Merah:

    1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dan masukkan sedikit minyak kedalamnya dan tunggu sampai minyak panas dan merata.
    2. Baru tuangkan bawang putih bersama dengan bawang merah dan jahe. Lalu aduk-aduk semua sajian ini dengan merata dan tercampur bersama dengan bahan lainnya dan menghasilkan bau harum yang enak.
    3. Setelah itu, baru masukkan cabai hijau bersama dengan cabai merah dan tumis kembali semua sajian ini dengan merata hingga layu dan tercampur bersama bahan lainnya dengan merata.
    4. Baru kemudian masukkan daging kedalamnya dan aduk serta masak sajian ini sampai berubah warnanya. Baru tuangkan tomat kedalamnya bersama dengan kacang merah dan aduk sampai berbumbu.
    5. Lalu kemudian masukkan bumbu bersama dengan garam, gula pasir dan juga merica bubuk kemudian aduk secara merata semua bahan ini sampai tercampur.
    6. Tuangkan air kedalamnya dan masak sajian ini sampai bumbu meresap kedalam daging dan kacang. Lalu masukkan daun bawang saat hendak diangkat. Aduk dengan merata dan matang.

    Setelah matang maka sajian ini akan dapat anda angkat dan sajikan dalam wadah untuk kemudian nikmati ketika masih hangat bersama dengan nasi pulen yang enak dan mantap.

    Resep Daging Tumis Masak Nanas yang Enak dan Lembut

    Bahan-Bahan:

    • 400 gram daging sapi has luar
    • 50 gram nanas
    • 1/2 buah paprika merah potong kotak
    • 1/2 buah bawang bombay cincang kasar
    • 250 ml air
    • 2 sendok teh kecap inggris
    • 1/2 buah paprika hijau potong kotak
    • 3/4 sendok teh gula pasir
    • 3/4 sendok teh garam
    • 2 tangkai daun ketumbar petiki
    • 1/4 sendok teh merica bubuk
    • 100 gram nanas potong kipas
    • 1 sendok makan minyak untuk menumis

    Persiapan Membuat Daging Tumis Masak Nanas yang Enak dan Lembut:

    1. Persiapan yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan membersihkan daging dan memotong nanas sebagai bahan utama dari sajian kali ini. Dengan persiapan kali ini maka nantinya anda tinggal meracik bumbu dan menyiapkan bahan lainnya dengan merata.
    2. Adapun untuk membersihkan daging anda akan dapat melakukannya dengan menyiapkan sebuah tatakan dan siapkan sebuah pisau. Lalu ambil daging dan potong dengan melebar. Gunakan pisau yang tajam untuk memudahkan anda memotong daging dengan bahan ini dengan merata.
    3. Selesai dengan memotong maka masukkan daging kedalam wadah untuk kemudian bawa bahan ini ke tempat cucian. Aduk dan remas daging yang sedang dibersihkan agar kotoran dan kuman yang ada dalam daging dapat dibersihkan secara merata.
    4. Setelah itu, baru angkat daging yang sudah bersih dan tiriskan air cuciannya dengan merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.
    5. Bila sudah selesai kemudian anda akan dapat mengucurkan perasan air jeruk nipis kedalam daging dan taburi dengan garam. Untuk kemudian aduk-aduk semua bahan ini dengan merata sampai tercampur.
    6. Diamkan daging dengan bahan ini secara merata selama kurang lebih 10 menit agar bumbu meresap kedalamnya dengan merata.
    7. Langkah selanjutnya ambil sebanyak 50 gram nanas dan bersihkan dengan merata Kemudian parut bahan ini sampai lembut dan merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sebelum anda mencampurkan bahan ini dengan bahan lainnya.

    Cara Membuat Daging Tumis Masak Nanas yang Enak dan Lembut:

    1. Setelah langkah diatas kali ini anda akan siap untuk membuat hidangan tumis daging kali ini. Maka dari itu, silahkan siapkan sebuah wajan dan tempatkan diatas kompor. Kemudian nyalakan api yang sedang dan panaskan wajan.
    2. Masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak panas. Kemudian setelah itu, masukkan bawang bombay kedalamnya dan tumis sajian ini sampai layu dan merata.
    3. Bila sudah harum dan bahan layu maka anda akan siap untuk memasukkan daging sapi kedalamnya dan aduk-aduk semua bahan ini dengan merata sampai tercampur dan berubah warna daging menjadi lebih pucat.
    4. Kemudian setelah itu, masukkan paprika merah kedalamnya bersama dengan paprika hijau dan aduk-aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur dan layu.
    5. Masukkan nanas parut kedalamnya bersama dengan nanas potong yang dibentuk kipas. Lalu aduk dengan bahan tumisan sebelumnya dan aduk-aduk semua sajian ini agar tercampur merata.
    6. Baru bumbui bahan ini dengan kecap inggris secara merata dan aduk semua sajian ini. Baru kemudian tambahkan bumbu kedalamnya seperti gram, gula pasir dan juga merica bubuk.
    7. Tuangkan air kedalamnya dan masak sajian ini sampai meresap kedalam daging dan tercampur dengan merata. Menjelang diangkat anda akan dapat menuangkan daun ketumbar kedalamnya.
    8. Lalu aduk semua sajian diatas secara merata sampai tercampur dan matang bersama dengan bahan-bahan lainnya.

    Nah, setelah matang kemudian anda akan siap untuk menuangkan sajian ini dalam wadah dan nikmati ketika masih hangat. Selamat mencoba resep mudah ini di rumah.

    Resep Daging Masak Bumbu Sate yang Enak dan Berbumbu

    Bahan-Bahan:

    • 300 gram daging has dalam
    • 5 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
    • 1 sendok teh garam
    • 100 gram kacang tanah
    • 300 ml santan dari 1/4 butir kelapa
    • 1 sendok makan kecap manis
    • 1/2 sendok makan gula merah sisir
    • 2 sendok makan minyak untuk menumis
    • Bumbu Halus:
    • 3 buah cabai merah keriting
    • 3 siung bawang putih
    • 2 buah cabai rawit merah

    Persiapan Membuat Daging Masak Bumbu Sate yang Enak dan Berbumbu:

    1. Untuk mengawali langkah kali ini beberapa cara penting akan perlu anda perhatikan dengan baik. Karena langkah persiapan ini berisikan dengan beberapa cara mengolah bahan sebelum sajian ini dicampur dengan bahan-bahan lainnya secara merata. Untuk mari simak beberapa langkah persiapan dibawah ini.
    2. Persiapan pertama adalah dengan memotong daging khas dalam dengan bentuk kotak-kotak kecil seperti pada saat anda hendak membuat sate. Potong dengan pisau diatas tatakan dan masukkan dalam wadah.
    3. Bila sudah selesai maka bawa bahan ini ke tempat cucian. Lalu kemudian bersihkan bahan ini dengan cara mengaduk dan meremasnya dengan merata sampai bersih. Lalu kemudian angkat dan tiriskan airnya.
    4. Kucuri bahan ini dengan menggunakan air jeruk nipis dan taburan garam untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada sajian ini.
    5. Setelah selesai diaduk maka diamkan bahan ini dengan campuran bumbu tersebut selama kurang lebih 15 menit agar bumbu ini meresap dengan sempurna dalam daging.
    6. Langkah selanjutnya adalah dengan menggoreng kacang kulit dalam wajan sampai matang dan berwarna keemasan. Lalu angkat dan tiriskan sementara.
    7. Masukkan dalam blender dan giling bahan ini sampai halus dengan merata. Angkat dan sisihkan dalam sebelum bahan ini kita campur dengan bahan lainnya dengan merata.

    Cara Membuat Daging Masak Bumbu Sate yang Enak dan Berbumbu:

    1. Untuk membuat bahan yang satu ini anda akan senantiasa dapat melakukannya dengan cara memanaskan minyak dalam sebuah wajan dan masukkan bumbu halus kedalamnya bersama dengan daun jeruk.
    2. Aduk semua bahan ini dengan merata hingga tercium harum yang enak dan sedap. Lalu masukkan daging kedalamnya hingga bahan ini berubah warnanya hampir matang.
    3. Setelah itu, baru masukkan kacang tanah yang sudah digiling kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini sampai berubah warnanya dan tercampur merata dengan bahan lainnya.
    4. Lalu setelah itu, bumbui dengan menggunakan garam bersama dengan kecap manis dan tambahkan pula gula merah kedalamnya dengan merata maka aduk semua sajian ini.
    5. Tuangkan santan dan masak sajian ini sampai bumbu meresap dan daging menjadi lebih matang serta empuk.

    Nah, bila sudah matang maka anda akan senantiasa mengangkat sajian ini dan menyajikannya dalam wadah untuk kemudian nikmati selagi masih hangat.

    Loading...

    Baca Juga