Mengenal 3 Komponen Utama Komputer

Mengenal 3 Komponen Utama Komputer – Di zaman modern seperti sekarang ini, kehadiran komputer sudah menjadi hal biasa. Di kantor-kantor, sekolah, bahkan tiap rumah sudah memiliki komputer  untuk memudahkan pekerjaan maupun tugas.

Baca juga : Hosting murah diskon 30% selamanya

Komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk menunjang kegiatan para penggunanya, seperti mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan kantor, hiburan, game dan lain sebagainya. Dengan kehadiran komputer tentunya pekerjaan akan menjadi lebih mudah.

Komputer merupakan gabungan berbagai perangkat elektronik yang terintegrasi. Komputer ini dilengkapi dengan komponen-komponen utama agar dapat beroperasi dengan baik. Ada tiga komponen utama komputer, dimana masing-masing dari tiga komponen ini mempunyai peran yang berbeda, tapi dapat menciptakan kesatuan sistem komputer. Nah, lantas apa saja komponen komputer? Untuk mengetahuinya anda bisa simak berikut ini.

3 Komponen Utama Komputer

Mengenal 3 Komponen Utama Komputer

Komponen utama komputer terdiri dari hardware, software dan brainware. Berikut ini penjelasan mengenai tiga komponen utama komputer tersebut beserta fungsinya. Yuk simak pada penjelasan di bawah ini.

Hardware

Hardware yaitu perangkat keras yang mempunyai bentuk fisik. Hardware itu sendiri bisa dioperasikan langsung. Fungsinya yaitu untuk penghubung antara pengguna komputer dengan sistem komputer. Adapun contoh komponen hardware di antaranya yaitu keyboard, mouse, RAM, monitor dan lain sebagainya.

Ada empat bagian hardware yakni input device, output device, storage device dan processing device. Dimana komponen-komponen ini memiliki fungsinya yang berbeda. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  • Input Device. Input device yaitu perangkat kelas yang memiliki fungsi untuk masukan perintah, serta data dalam sistem komputer. Dimana data yang telah dimasukan akan diubah menjadi kode yang dapat dibaca memori komputer. Beberapa contoh input device di antaranya yaitu mouse, keyboard, webcam dan scanner.
  • Processing Device. Selanjutnya ada processing device yang merupakan data yang dimasukan dari input device, lalu diolah pada processing device. Dengan kata lain, processing device merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengolah data. Proses ini dilakukan oleh CPU atau Central Processing Unit. CPU terdiri dari beberapa komponen di antaranya yaitu RAM, prosesor, kartu VGA, mother board, hard disk dan cooling fan.
  • Output Device. Data yang diolah processing device kemudian ditampilkan pada pengguna. Dimana data ini bisa berupa video, gambar atau suara. Berlangsung pada output device, kemudian dikeluarkan dari printer, monitor, headphone, webcam, speaker dan mikrofon.
  • Stroge Device. Data dari komputer biasanya akan disimpan oleh penggunanya agar bisa dibuka kembali dilain waktu. Pada komputer penyimpanan ini dilakukan pada perangkat penyimpanan atau stroge device. Stroge device terdapat dua jenis, yakni internal stroge serta eksternal stroge. Internal stogre ini merupakan penyimpanan yang terdapat pada CPU. Sedangkan eksternal stroge merupakan penyimpanan yang bisa dilepas.

Baca Juga  Video Resep dan Cara Membuat Ikan Nila Goreng Tepung

Software

Software yaitu perangkat lunak, yang merupakan komponen tidak mempunyai wujud. Perangkat lunak ini berfungsi mengolah data yang telah dimasukan dalam hardware. Software itu sendiri terdiri dari tiga seperti berikut ini:

  • Software sistem. Ini merupakan perangkat lunak yang memiliki tugas mengatur komponen pada komputer. Software sistem di antaranya yaitu Windows 2000, Windows XP, Windows 7, macOS Linuk dan lain sebagainya.
  • Software aplikasi. Program aplikasi dipakai pengguna dalam menyelesaikan tugas tertentu. Contoh software aplikasi di antaranya yaitu Mozilla, Chrome, Microsoft Office, game dan lain sebagainya.
  • Software tambahan. Selanjutnya yaitu software tambahan, adapun beberapa contoh software tambahan di antaranya yaitu disk defragmenter, recovery, backup dan screensever.

Brainware

Meskipun biasanya jarang disebut, namun brainware itu sendiri tidak kalah penting. Brainware yaitu sebuah faktor yang asalnya dari perangkat komputer. Brainware dikenal dengan pengguna komputer. Tanpa penggunanya, komputer tentu tidak akan dapat digunakan dengan maksimal.

Beberapa contoh dari brainware di antaranya yaitu programmer, operator, sistem analis dan administrator.

Itulah 3 komponen utama komputer yang wajib anda ketahui. Dengan ketiga komponen utama tersebut, komputer tentunya akan dapat beroperasi dengan baik. Nah, semoga dengan informasi yang kami berikan  ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar