3 Koleksi Resep Tumis dan Oseng Tempe yang Sedap dan Sederhana

 

Resep Oseng Tempe Lokio Sajian Makan Siang yang Praktis

Nikmatnya sajian oseng tempe lokio adalah menu yang sedap untuk dijadikan sajian makan siang. Selain rasanya yang nikmat, paduan teri nasi yang ada pada sajian ini membuat hidangan ini terasa semakin gurih. Yuk, simak seperti apa resepnya dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword oseng tempe lokio, Tempe oseng
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 15 menit
Total Waktu 25 menit
Porsi 6 Orang
Kalori 38 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tempe
  • 1 sendok teh kecap ikan
  • 50 gram teri nasi
  • 20 buah lokio segar
  • 200 ml kaldu ayam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 5 buah cabai hijau, potong bulat 1 cm
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Iris:

  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Oseng Tempe Lokio Sajian Makan Siang yang Praktis

  1. Untuk memulai langkah pada sajian resep kali ini maka kita akan dahulukan mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan pada resep yang perlu diolah terlebih dahulu sebelum sajian ini dimasak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

  2. Persiapan yang dapat didahulukan adalah dengan menyiapkan sebuah pisau dan sebuah tatakan untuk memotong tempe dengan bentuk kotak ukuran yang lebih kecil kira-kira 2 cm. Setelah selesai memotong bahan ini maka masukkan sajian ini kedalam wadah dan sisihkan sementara.

  3. Siapkan sebuah kukusan dan masukkan potongan tempe kedalamnya untuk kemudian kukus sampai matang dan merata. Selagi menunggu tempe kukusan maka anda akan dapat melanjutkan cara ini dengan menyangrai teri nasi. 

  4. Siapkan sebuah wajan dan panaskan dengan api yang kecil. Masukkan teri nasi kedalamnya dan aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai teri berubah menjadi lebih kekuningan dan teksturnya menjadi lebih kering dengan merata. 

  5. Angkat teri dan masukkan dalam wadah kemudian biarkan terbuka selagi masih hangat agar teri tidak melempem. Angkat pula kukusan tempe yang sudah matang dan sisihkan dalam sebuah wadah agar nantinya bahan ini bisa segera dimasak.

  6. Nah, setelah semua persiapan diatas dilakukan dengan merata maka langkah selanjutnya anda akan siap untuk membuat hidangan kali ini.

Cara Membuat Oseng Tempe Lokio Sajian Makan Siang yang Praktis

  1. Untuk membuat sajian kali ini, silahkan siapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas dengan merata. 

  2. Baru masukkan bumbu iris kedalamnya dan tuangkan pula cabai hijau kedalamnya. Lalu aduk semua sajian ini dan tumis sampai matang dan tercium bau harum yang enak dari tumisan bumbu kali ini. 

  3. Bila sudah selesai kemudian masukkan kedalamnya tempe yang sudah dikukus dan dipotong dengan ukuran yang lebih kecil. Lalu taburkan pula teri nasi yang telah disangrai dengan meraya. Aduk-aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur.

  4. Bubuhi dengan lokio segar dan tuangkan sedikit kecap ikan kedalamnya. Lalu aduk dengan merata setelah itu masukkan bumbu kaldu kedalamnya dan bumbui dengan garam bersama dengan gula pasir. Aduk-aduk semua sajian ini dengan merata dan tercampur. 

  5. Aduk dengan merata dan cicipi bumbu, bila rasanya masih belum pas maka jangan sungkan untuk menambahkan lebih banyak bumbu kedalamnya. Setelah bumbu meresap kedalam tempe maka silahkan matikan kompor. 

Catatan Resep

Sajikan hidangan ini dalam mangkuk saji dan taburi dengan bawang goreng untuk menambah rasa dan selera dari sajian kali ini.

Resep Tumis Tempe Tabur Petai yang Sedap dan Mantap

Praktisnya sajian tumis tempe dengan taburan petai yang enak memang tidak bisa ditahan godaannya. Aroma wangi dari tumisan kali ini akan membuat selera makan menjadi naik. Nah, agar anda bisa pula membuat hidangan ini di rumah maka mari simak informasi menariknya dibawah ini. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword Oseng Tempe, Tumis Tempe, Tumis Tempe Petai
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 14 menit
Total Waktu 24 menit
Porsi 6 Orang
Kalori 40 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 400 gram tempe
  • 3 buah cumi asin
  • 15 mata petai
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 3/4 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • 2 buah cabai merah besar, iris serong
  • 2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 4 butir bawang merah
  • 2 buah cabai merah
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 2 siung bawang putih

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Tumis Tempe Tabur Petai yang Sedap dan Mantap

  1. Pertama-tama kita akan olah terlebih dahulu tempenya sebelum sajian ini dimasak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Potong tempe dengan bentuk dadu menggunakan pisau dan lakukan diatas tatakan untuk memudahkan anda melakukannya. Setelah selesai maka masukkan tempe kedalam wadah dan sisihkan sementara. 

  2. Kemudian setelah itu, siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Lalu tunggu sampai panas dan masukkan potongan tempe kedalamnya lalu masak sampai berkulit. Angkat dengan menggunakan serokkan dan sisihkan sementara sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.

  3. Langkah selanjutnya adalah mengolah petai. Kupas petai dari cangkangnya kemudian belah sajian ini menjadi dua bagian. Masukkan dalam mangkuk kecil dan sisihkan lalu bersihkan dengan air bersih dengan merata.

  4. Lalu setelah itu, silahkan potong-potong cumi asin dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih pendek. Masukkan dalam mangkuk yang kecil lalu rendam sebentar dengan menggunakan air hangat agar rasanya asin pada cumi tidak terlalu kentara.

  5. Nah, setelah semua persiapan dilakukan maka silahkan langsung membuat dan meracik bumbu untuk sajian kali ini.

Cara Membuat Tumis Tempe Tabur Petai yang Sedap dan Mantap:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wajan diatas kompor dan nyalakan api yang sedang. Biarkan wajan menjadi lebih panas dengan merata baru masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu kembali sampai panas. 

  2. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan tuangkan pula rempah tambahan lain seperti daun salam dan juga lengkuas. Taburkan potongan cabai merah dan tumis sajian ini bersama dengan potongan tomat sampai agak layu dan tercium bau harum yang enak.

  3. Setelah itu, baru tuangkan potongan petai kedalam tumisan bumbu ini bersama dengan cumi asin yang sudah dipotong-potong merata. Kemudian aduk-aduk sampai merata hingga tercampur dengan bahan-bahan lainnya.

  4. Setelah itu, masukkan potongan tempe yang sudah digoreng. Lalu bumbui hidangan ini dengan menggunakan garam, gula pasir dan tambahkan sedikit air. Aduk dengan merata sampai tercampur dan masak sajian ini dengan menggunakan api yang sedang.

  5. Biarkan sementara agar bumbu meresap dan kuah dari tumisan kali ini agak surut. Bila sudah meresap maka angkat sajian ini dan tuangkan dalam piring atau mangkuk saji.

Catatan Resep

Kemudian anda akan dapat menikmati sajian ini ketika masih hangat bersama dengan nasi putih pulen.

Resep Sambal Tempe Rebon Goyang Lidah yang Pedas

Sedapnya sambal tempe rebon yang lezat ketika disajikan siang hari. Cocok sekali menyantap hidangan ini bersama dengan lalapan segar dan ikan asin hangat yang lezat. Aroma kencur dan pedasnya cabai rawit yang disertakan bersama dengan sambal tempe kali ini semakin memberikan sensasi yang segar dan lezat pada sajian kali ini.

Nah, bagi anda yang juga ingin membuat hidangan yang satu ini maka tak perlu khawatir dibawah ini anda akan dapat menyimaknya dengan mudah. 

Sajian Side Dish
Masakan Indonesian
Keyword resep tempe, sambal tempe, sambal tempe rebon
Waktu Persiapan 10 menit
Waktu Memasak 15 menit
Total Waktu 25 menit
Porsi 6 Orang
Kalori 40 kcal
Penulis Bella

Bahan-bahan

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tempe
  • 75 gram rebon
  • 5 butir bawang merah, iris
  • 5 buah cabai rawit merah, belah 2 memanjang
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1 batang serai, iris
  • 1 lembar daun salam
  • 3 siung bawang putih, iris
  • 4 cm kencur, haluskan
  • 2 sendok teh garam
  • 5 buah cabai rawit hijau belah 2 memanjang
  • 100 ml air
  • 5 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Langkah-langkah

Persiapan Membuat Sambal Tempe Rebon Goyang Lidah yang Pedas:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Persiapan menjadi langkah penting yang akan dapat anda simak dengan baik. Sebab langkah ini berisikan cara-cara mengolah bahan-bahan yang tidak dicantumkan pada resep. Dengan demikian, dengan menyimak langkah ini maka anda akan lebih mudah membuat hidangan kali ini.

  2. Persiapan yang didahulukan adalah tempenya. Bahan ini dapat anda potong dengan ukuran yang lebih kecil. Tidak perlu memotongnya terlalu berurutan sebab nantinya bahan ini akan dihancurkan dengan merata.

  3. Selesai dengan memotong tempe maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan membakar tempe dalam sebuah wajan tanpa menggunakan minyak. Setelah agak matang dengan permukaan yang kecoklatan maka anda akan dapat mengangkat sajian ini.

  4. Cincang dengan kasar tempe yang sudah dibakar. Lalu masukkan kedalam wadah dan sisihkan sementara sebelum sajian ini dicampurkan dan dimasak dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

  5. Untuk rebon bahan ini akan dapat anda seduh dalam sebuah wadah menggunakan air hangat. Lalu diamkan sementara agar kadar garam yang ada pada rebon tidak terlalu kentara. Bila semua bahan sudah disiapkan dengan merata maka langkah selanjutnya akan dapat anda simak dibawah ini.

Cara Membuat Sambal Tempe Rebon Goyang Lidah yang Pedas:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara memanaskan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Lalu nyalakan api yang sedang pada kompor. 

  2. Setelah minyak panas, silahkan tumis bumbu seperti bawang merah dan bawang putih. Lalu tambahkan pula serai, daun salam dan kencur bersama dengan cabai rawit. Lalu aduk-aduk semua sajian ini dengan merata hingga tercampur dan tercium bau harum yang enak.

  3. Kemudian masukkan tempe yang sudah dicincang dengan kasar. Tuangkan pula rebon yang sudah diseduh dan aduk-aduk semua bahan ini dengan merata sampai tercampur. 

  4. Bumbui hidangan ini dengan menggunakan garam, gula dan tambahkan sedikit air. Aduk-aduk semua sajian ini dengan merata dan tercampur. Masak sampai matang dan air menjadi lebih surut dengan merata. 

Catatan Resep

Nah, setelah sajian ini matang maka anda akan dapat mengangkatnya dan menyajikan hidangan ini dalam sebuah wadah. Santap hidangan ini sebagai pelengkap ketika anda menyantap makan siang dan menu makan lainnya.

Loading...

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons