2 Resep Kue Kering Asin Khas Lebaran yang Enak

Lebaran sebentar lagi! Yuk, ceriakan momen lebaran kali ini dengan kue buatan sendiri di rumah. Bila ibu bosan dengan kue kering bercita rasa manis maka kali ini kami sajikan dua resep kue kering asin yang enak dan renyah. Resep tersebut adalah sajian kue bawang bersama dengan kue garpu yang tentunya mudah dibuat di rumah. Penasaran seperti apa? Mari simak langsung resepnya dibawah ini.

Resep Kue Bawang Asin yang Gurih dan Enak

Bahan-Bahan:

  • 300 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 50 gram margarin
  • Air secukupnya
  • 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 2 butir bawang merah yang sudah dihaluskan
  • 2 sendok makan irisan seledri

Persiapan Membuat Kue Bawang Asin:

  1. Untuk persiapan kali ini ada beberapa hal penting untuk anda perhatikan dengan baik. Ada beberapa peralatan yang perlu anda persiapkan sebelum meracik adonan untuk sajian kali ini.
  2. Peralatan perama yang perlu anda persiapkan adalah mesin gilingan mie. Dengan peralatan ini maka anda akan lebih mudah untuk menghaluskan atau menggiling adonan dan mencetaknya dengan bentuk pipih memanjang.
  3. Selanjutnya anda akan senantiasa mempersiapkan kertas atau wadah kecil-kecil untuk menampung adonan kue bawang yang sudah selesai dicetak nanti. Sebab nantinya kue bawang akan dimasukkan dengan perlahan sebagian demi sebagian kedalam wajan untuk digoreng.
  4. Selanjutnya persiapkan pula baskom dan wadah ukuran datar seperti nampan untuk menampung adonan yang sudah selesai digiling dengan merata.
  5. Setelah itu, persiapkan pula wajan dan sebuah serokan yang besar untuk menggoreng sajian kue bawang kali ini dengan merata.
  6. Nah, selesai dengan persiapan diatas maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah meracik adonan untuk sajian kali ini. Maka mari simak informasinya dibawah ini.

Cara Membuat Kue Bawang Asin yang Gurih dan Enak:

  1. Untuk yang pertama silahkan siapkan wajan dan masukkan margarin kedalamnya. Kemudian cairkan margarin dengan merata sampai semua bahan ini tercampur merata. Lalu angkat sajian ini dan sisihkan dalam sebuah wadah.
  2. Kemudian setelah itu, siapkan pula sebuah wadah dan masukkan kedalamnya semua adonan kue bawang dan campurkan menjadi satu bagian secara merata.
  3. Uleni bahan ini dengan menggunakan tangan sampai bahan ini menjadi lebih kalis dan merata. Agar adonan teksturnya renyah maka sebaiknya jangan uleni sajian ini dengan terlalu kuat namun tidak terlalu pelan saja.
  4. Setelah itu, anda akan senantiasa membagi adonan menjadi beberapa bagian. Lalu giling adonan dengan mesin penggiling secara merata. Setelah tipis dan halus maka sisihkan dan lanjutkan menggiling potongan adonan yang lainnya.
  5. Kemudian setelah itu, baru anda akan dapat mengganti gilingan pada mesin potong kue bawang yang sudah disertakan dalam mesin yang satu ini.
  6. Dibawahnya tampung dengan menggunakan alas seperti wadah atau kertas. Lalu giling dengan merata. Jangan potong adonan dengan terlalu panjang usahakan ukurannya cukup saja.
  7. Baru kemudian anda akan senantiasa menyiapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Lalu kemudian tunggu sampai panas dan masukkan adonan yang sudah dipotong-potong ini kedalamnya.
  8. Pada saat menggoreng pastikan anda mengaduk-aduk adonan sampai berwarna kekuningan dan kering dengan merata.

Baru setelah itu, anda akan senantiasa mengangkat adonan dari penggorengan dan tiriskan terlebih dahulu dengan mengalasi wadah menggunakan tisu atau kertas agar minyaknya meresap. Baru kemudian tunggu sampai dingin dan sajian ini akan dapat anda masukkan kedalam wadah.

Resep Kue Garpu Kering yang Asin dan Gurih

Bahan-Bahan:

  • 1 sendok minyak sayur
  • Keju parut sesuai selera
  • 5 sendok makan tepung terigu
  • 3 sendok makan tepung beras
  • 2 sing bawang putih, dihaluskan
  • 65 ml santan kara

Persiapan Membuat Kue Garpu Kering yang Asin dan Gurih:

  1. Untuk mengawali langkah pada persiapan kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat sajian kali ini. Cara yang satu ini akan penting dilakukan guna memudahkan anda membuat dan menyajikan resep kue kering kali ini.
  2. Adapun persiapan yang dibutuhkan dalam membuat sajian kali ini adalah dengan menyiapkan beberapa buah garpu sebagai cetakan kue kali ini. Usahakan gunakan garpu dengan ukuran yang sama. Agar bentuk dan ukuran dari kue ini merata.
  3. Lalu selanjutnya adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan beberapa buah wadah untuk membuat adonan dan menampung adonan yang sudah selesai dibuat dengan merata.
  4. Selanjutnya siapkan pula wajan dan penggorengan untuk membuat sajian kali ini. Dengan cara ini anda akan lebih mudah untuk membuat sajian ini dengan lebih sederhana.
  5. Nah, setelah selesai dengan persiapan diatas maka silahkan haluskan bawang merah dengan menggunakan ulekan sampai halus dengan merata. Kemudian setelah itu, sisihkan dalam wadah sebab nantinya bahan ini akan dicampurkan secara merata.

Cara Membuat Kue Garpu Kering yang Asin dan Gurih:

  1. Untuk membuat sajian kue kali ini silahkan siapkan sebuah wadah terlebih dahulu. Lalu masukkan kedalamnya tepung terigu dan campurkan bersama dengan tepung beras sambil diayak dan aduk semua bahan ini secara merata hingga tercampur.
  2. Lalu kemudian masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan dan campurkan santan kara kedalamnya. Lalu aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan teraduk dengan semua bahan.
  3. Masukkan minyak sayur kedalamnya dan masukkan pula keju parut. Untuk selanjutnya aduk-aduk semua bahan ini dengan merata sampai adonan menjadi lebih tercampur.
  4. Baru anda akan senantiasa menguleni adonan kali ini sampai kalis dan tercampur dengan merata. Gunakan tangan namun pastikan anda membersihkannya terlebih dahulu secara merata.
  5. Baru uleni adonan ini sampai bahan tidak lengket pada bagian tangan secara merata. Baru kemudian anda akan dapat mengambil secuil adonan dan siapkan sebuah garpu. Bila takut adonan lengket maka silahkan olesi dengan menggunakan minyak goreng secara merata.
  6. Lalu setelah itu, pipihkan adonan diatasnya dan ratakan lalu tarik kedalam dan gulung adonan dengan merata. Lakukan cara yang sama sampai adonan berhasil dicetak dengan merata.
  7. Siapkan sebuah wadah dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Gunakan api yang sedang pada kompor setelah itu tunggu sampai minyak dalam wajan menjadi lebih panas secara merata.
  8. Selanjutnya baru masukkan adonan kedalamnya yang sudah dicetak dan aduk-aduk semua sajian ini dengan merata sampai berwarna kuning keemasan dan matang secara merata.

Setelah matang maka angkat sajian ini dengan menggunakan serokan lalu tiriskan terlebih dahulu minyaknya. Bila perlu alasi wadah dengan menggunakan kertas atau tisu dan biarkan minyaknya meresap secara merata.

Loading...

Bella

Bella

Author at Selerasa
Istri yang hobi makan dan anak dari ibu yang jago masak sampe punya usaha katering kecil-kecilan dengan segala keterbatasannya akhirnya mulai bisa masak dan seneng eksperimen di dapur. Currently penulis, yang pada akhirnya jadi penulis resep adalah profesi yang dianggap paling tepat.
Bella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *