2 Koleksi Resep Pepes Cumi dan Kembung Enak yang Mudah

Sajian pepes adalah hidangan lezat yang diolah dengan cara memasukkan bahan makanan yang dibungkus dengan daun pisang kemudian diolah dengan cara mengukus sajian ini dengan merata. Kali ini sajian pepes akan dapat memperkaya koleksi resep anda di rumah. Karena sajian resep pepes cumi bersama dengan ikan kembung ini akan tentu dapat anda buat di rumah dengan mudah.

Ingin tahu seperti apa saja mudahnya mengolah sajian kali ini? Mari simak informasinya dibawah ini.

Resep Pepes Cumi Bakar yang Mantap dan Lezat

Bahan-Bahan:

  • 500 gram cumi
  • 1/2 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok makan garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 5 siung bawang putih, dibakar, dibelah dua
  • 3 buah cabai merah besar utuh, dibakar, dipotong-potong
  • 8 butir bawang merah, dibakar, dibelah dua
  • 2 batang serai, diambil putihnya, diiris
  • 5 buah belimbing wuluh, diiris tipis
  • 5 tangkai daun kemangi, petiki
  • 5 lembar daun pisang untuk membungkus

Persiapan Membuat Pepes Cumi Bakar yang Mantap dan Lezat:

  1. Sebelum mengetahui cara memasak sajian kali ini penting sekali untuk kita mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep kali ini. Hal ini akan memudahkan anda untuk mengolah dan menyajikan bahan ini dengan merata. Untuk itu, mari kita simak langkah persiapan dibawah ini.
  2. Persiapan yang penting dilakukan adalah mengetahui cara mengolah cumi sebelum bahan ini dicampur dengan bahan lainnya. Siapkan pisau bersama dengan tatakan dan sebuah wadah.
  3. Ambil cumi dan bersihkan bagian dalamnya dengan merata. Lalu potong kepalanya dan pisahkan lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.
  4. Setelah itu, baru potong cumi dengan bentuk bulat dengan ketebalan yang anda inginkan. Lakukan cara yang sama pada cumi yang masih ada.
  5. Setelah itu bawa cumi ke tempat cucian dan bersihkan dengan merata dengan air bersih sambil diremas sampai merata dan tercampur.
  6. Baru kemudian tiriskan air cuciannya dengan merata dan anda akan dapat mengucurkan air jeruk nipis kedalamnya bersama dengan garam. Cara ini dilakukan untuk mengurangi bau amis pada cumi maka dari itu setelah diaduk dengan merata. Maka diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai merata.
  7. Potong daun dengan ukuran yang sedang. Lalu lap dan bersihkan daun untuk kita gunakan membungkus sajian kali ini. Baru sisihkan bahan ini dengan merata.

Cara Membuat Pepes Cumi Bakar yang Mantap dan Lezat:

  1. Untuk membuat hidangan kali ini cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mengambil cumi yang sudah direndam dengan jeruk nipis. Lalu lumuri kembali dengan merica bubuk dan sedikit garam. Lalu aduk semua bahan ini dengan merata.
  2. Selanjutnya adalah dengan menuangkan serai kedalam cumi dan tambahkan pula bawang merah bersama dengan bawang putih. Lalu aduk semua sajian ini dengan merata.
  3. Lalu tambahkan dengan kemangi bersama dengan belimbing wuluh dan aduk rata semua bahan ini. Untuk kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai bahan ini tercampur dengan merata.
  4. Lalu kemudian ambil daun dan masukkan cumi kedalamnya bersama dengan bumbu rendamannya. Tata dengan merata dan bentuk dengan tum. Lalu sematkan lidi diatasnya dengan merata.
  5. Siapkan sebuah kukusan dan masukkan pepesan kedalamnya dan tata dengan merata. Kukus sajian ini selama kurang lebih 25 menit sampai matang dan merata.

Baru angkat dan sisihkan dalam wadah untuk kemudian sajian ini akan tentu dapat anda nikmati sebagai menu makan yang enak dan lezat.

Resep Pepes Kembung Sari Asam yang Sedap dan Segar

Bahan-Bahan:

  • 3 ekor ikan kembung
  • 1 sendok teh garam
  • 10 buah cabai rawit merah, diiris-iris
  • 5 tangkai kemangi, dipetiki
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 2 batang serai, dipotong-potong, dimemarkan
  • 5 buah belimbing wuluh, dipotong-potong
  • 6 lembar daun pisang untuk membungkus
  • 3 lembar daun salam, dipotong 2 bagian

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 7 butir bawang merah
  • 1 cm jahe
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, dimemarkan, disangrai
  • 1 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh gula pasir

Persiapan Membuat Pepes Kembung Sari Asam yang Sedap dan Segar:

  1. Langkah pertama untuk mengawali langkah kali ini adalah dengan terlebih dahulu membersihkan ikan kembung dengan merata. Beberapa bagian pada ikan yang perlu dibersihkan dengan merata adalah bagian insang dan isi perut ikan.
  2. Untuk itu, maka silahkan bersihkan bahan ini dengan merata dan pastikan semuanya bersih dengan merata. Lalu siapkan pula sebuah pisau dan sebuah tatakan.
  3. Lalu potong masing-masing ikan menjadi dua bagian secara merata. Lalu bersihkan kembali dengan air dan masukkan dalam wadah kemudian tiriskan air cuciannya sampai kering.
  4. Kemudian kucurkan air jeruk nipis kedalamnya dan taburi garam. Lalu kemudian aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur.
  5. Bumbu diatas diberikan untuk mengurangi bau amis yang ada pada ikan. Maka dari itu, agar bumbu ini bekerja dengan efektif maka diamkan sementara selama kurang lebih 15 menit hingga bahan ini merata dan tercampur.
  6. Nah, selesai dengan persiapan diatas maka langkah membuat sajian pepes ikan kembung ini akan dapat anda mulai. Dibawah ini adalah langkah-langkah yang akan dapat anda simak.

Cara Membuat Pepes Kembung Sari Asam yang Sedap dan Segar:

  1. Cara pertama untuk membuat sajian pepes ikan kali ini adalah dengan mengambil ikan yang sudah direndam dengan bumbu diatas bila sudah meresap dengan merata maka anda akan dapat menuangkan bumbu halus kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata sampai ikan terlumuri dengan bahan ini dengan merata.
  2. Lalu kemudian setelah itu, anda akan senantiasa dapat mengambil daun pisang. Lalu potong dengan ukuran yang cukup untuk membungkus sajian kali ini.
  3. Lap terlebih dahulu daun pisang dengan menggunakan lap bersih dengan merata. Baru setelah itu, masukkan satu potong ikan kedalamnya bersama dengan bumbu yang anda lumurkan sebelumnya.
  4. Setelah itu, baru masukkan kemangi bersama dengan cabai rawit bersama dengan serai, daun salam dan juga belimbing wulung.
  5. Bungkus sajian ini dengan bentuk pepes memanjang. Lalu berikan tusuk gigi pada masing-masing ujungnya untuk menahan agar bungkusan yang anda buat tidak berantakan atau terbuka.
  6. Kemudian setelah itu, siapkan sebuah kukusan dan kukus ikan kedalamnya dan tata dengan merata. Kukus selama kurang lebih 30 menit sampai matang dan merata.

Bila sudah matang maka anda akan senantiasa mengangkat sajian ini dan sajikan dalam wadah untuk kemudian nikmati sajian ini sebagai menu sedap untuk makan siang.

Loading...

Bella

Bella

Author at Selerasa
Istri yang hobi makan dan anak dari ibu yang jago masak sampe punya usaha katering kecil-kecilan dengan segala keterbatasannya akhirnya mulai bisa masak dan seneng eksperimen di dapur. Currently penulis, yang pada akhirnya jadi penulis resep adalah profesi yang dianggap paling tepat.
Bella

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *