Tips Rahasia Menghilangkan Bau Amis Ikan Lele

Ikan lele merupakan jenis ikan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, karena ikan ini memiliki rasa yang sangat gurih dan nikmat pada saat diolah dengan cara digoreng atau dengan cara lainnya.

Namun, dibalik rasanya yang nikmat tersebut ikan lele memiliki aroma yang sangat amis, bahkan aromanya tersebut susah hilang meskipun sudah dicuci dan diolah. Oleh karena itu, banyak orang yang menganggap bahwa mengolah ikan lele itu tidak mudah.

Banyak orang yang lebih memilih membeli olahan ikan lele yang sudah matang langsung dibandingkan harus mengolahnya sendiri di rumah. Dan memang pada kenyataannya banyak sekali pedagang ikan lele yang bisa kita temukan dengan mudah.

Namun, bagaimana jika pada saat itu anda mendapatkan ikan lele hidup yang belum diolah? Tentunya sayang bukan jika didiamkan begitu saja? Oleh sebab itu, anda harus tahu seperti apa tips mengolah lele agar tidak bau amis.

Sebenarnya ada tips rahasia seperti apa menghilangkan bau amis pada ikan lele. Tips ini sangat bermanfaat dan berguna untuk anda semua pecinta lele. Lantas seperti apa tipsnya? Nah, untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

Tips bersihkan lele

Tips Rahasia Menghilangkan Bau Amis Ikan Lele

Teknik Mencuci

Setelah anda membeli ikan lele, maka sebaiknya anda langsung mencuci ikan lele tersebut sampai bener-benar bersih agar lendir yang terdapat pada ikan lele hilang. Alangkah lebih baik jika anda mencuci ikan lele pada air yang mengalir. Setelah itu, potong sirip ikan lele yang terdapat di sebelah kanan kiri insangnya. Sirip tersebut mengandung racun yang akan membuat tangan terluka. Jika anda bisa mencuci ikan lele dengan benar dan bersih, maka ikan lele tidak akan bau amis.

Teknik Penyayatan

Pada saat ikan lele yang sudah dicuci akan dimasak atau diolah, maka selalu gunakan teknik menyayat yang baik dan benar. Cara menyayatnya yaitu mulai dari bagian belakang kepala ikan lele hingga belakang ekornya atau mengikuti alur garis tulangnya. Selain menghilangkan bau amis, menyayat dengan cara tersebut juga akan membuat bumbu-bumbunya menyerap dengan sempurna dan ikan lebih cepat matang.

Bersihkan Jeroan

Sebelum ikan lele dibumbui, maka sebaiknya bersihkan terlebih dahulu jeroan yang terdapat di dalam ikan lele tersebut. Bersihkan jeroannya dengan sebersih mungkin, karena jeroan adalah sumber utama bau amis pada ikan lele.

Cara membersihkan jeroan ikan lele yaitu, kerat ikan lele sekitar 0,5 atau 1 cm tepat di belakang patil ikan lele hingga terlihat kantung kelenjarnya. Lalu keluarkan kantong kelenjar berwarna hitam. Ketika mengeluarkannya usahakan jangan sampai pecah. Lakukan cara ini pada dua sisi patilnya.

Bumbu Masakan

Supaya ikan lele tidak bau amis ketika diolah, maka anda bisa memberikannya bumbu dapur agar lele tidak bau amis lagi. Anda bisa merendam ikan lele di dalam bumbu seperti garam, bawang merah, jeruk nipis atau jeruk lemon, kunyit dan ketumbar. Tambahkan sedikit air pada bumbu tersebut agar ikan lele bisa terendam denga sempurna. Rendam ikan lele selama kurang lebih 15 menit. Baru setelah itu, anda bisa langsung mengolahnya sesuai dengan selera.

Itulah tips rahasia menghilangkan bau amis pada ikan lele. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share atau bagikan tips ini kepada teman-teman anda. Jangan lupa untuk sertakan komentar atau saran pada kolom di bawah ini.

Loading...