Tips Mudah Menajamkan Pisau dan Gunting yang Tumpul

Pisau dan gunting merupakan peralatan yang selalu ada di setiap rumah.

Pisau biasanya digunakan untuk memotong bahan atau bumbu masakan tertentu ketika memasak. Sedangkan gunting digunakan untuk memotong plastik, kertas dan lain sebagainya. Kedua peralatan ini sangat penting, untuk itu kehadirannya selalu dibutuhkan di setiap rumah.

Namun, jika cara pemakaiannya tidak tepat atau digunakan secara terus menerus tanpa adanya perawatan, pisau dan gunting akan menjadi tumpul atau tidak tajam seperti sebelumnya. Bahkan jika digunakan untuk memotong pun hasil yang didapatkan tidak akan maksimal, bahkan yang lebih parahnya akan melukai tangan kita.

TIPS MENAJAMKAN PISAU

Oleh karena itu, banyak orang yang justru mengabaikan pisau dan gunting yang sudah tidak tajam tersebut dan memutuskan untuk membeli yang baru.  Namun, tahukah anda? Pisau dan gunting yang tumpul ternyata bisa kembali tajam asalkan kita tahu seperti apa cara menajamkannya. Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menajamkan kedua peralatan tersebut, namun cara-cara yang sudah ada justru hanya memberikan hasil yang sesaat. Karena setelah pisau atau gunting tersebut kembali digunakan, keduanya pun akan kembali tumpul dalam waktu cepat.

Hal ini tentunya sangat menjengkelkan bukan? Untuk itu diperlukan cara yang lebih efektif lagi untuk menajamkan pisau dan gunting. Seperti apa cara efektif menumpulkan pisau dan gunting? Untuk mengetahuinya anda bisa simak langsung pembahasan di bawah ini.

Tips Menajamkan Pisau

Sebelum menajamkan pisau anda harus tahu peralatan apa saja yang harus disiapkan. Dimana bahan yang harus anda siapkan yaitu mug atau mangkuk keramik. Jika gelas mug atau mangkuk keramik sudah siap, anda bisa langsung membalikannya hingga bagian bawahnya terlihat. Setelah itu, asah pisau yang tumpul pada bagian bawah mug yang kasar. Anda bisa memegang ujung pisau, lalu gosok-gosokan pada bagian pantat mug hingga pisau kembali mengkilat dan tajam. Agar lebih mudah ketika menggosoknya, maka anda bisa membasahi pantat mug dengan menggunakan sedikit air hingga keramik menjadi lembab.

Selain menajamkan, anda juga bisa sekaligus menghilangkan karat yang menempel pada pisau. Caranya yaitu, basahi atau cuci pisau terlebih dahulu. Lalu asah pisau sampai karat yang menempel hilang. Ulangi langkah yang sama beberapa kali sembari membasahi pisau dan pantat mug keramik sampai karat benar-benar hilang dan pisau kembali tajam.

Tips Menajamkan Gunting

Mengasah gunting tidak semudah mengasah pisau. Apabila salah arah ketika mengasah gunting maka gunting tersebut bukannya menjadi tajam justru yang ada malah bertambah tumpul. Apabila gunting salah diasah, akibatnya akan menjadi sulit untuk digunakan kembali. Bahkan kemungkinan besar gunting tersebut tidak bisa digunakan dan berakhir di tempat sampah.

Sama halnya dengan menajamkan pisau, anda juga perlu menyiapkan alat. Alat yang harus anda siapkan yaitu botol yang terbuat dari kaca. Anda bisa memanfaatkan botol bekas minuman atau bekas kecap. Caranya yaitu, ambil gunting yang tumpul, lalu buka jepitannya dan gunting bagian leher botol kaca yang sudah anda siapkan tersebut. Lakukan langkah ini dengan cepat dan berkali-kali sampai gunting kembali tajam.

Setelah mengetahui tips ini, kini anda tidak usah membeli gunting atau pisau baru karena pisau dan gunting lama pun akan terlihat seperti baru.

Itulah cara menajamkan kembali pisau dan gunting. Selamat mencoba.

Share tips ini kepada teman-teman anda, tambahkan juga komentar anda pada kolom di bawah ini.

Loading...