Tips Mudah dan Bermanfaat Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Selain daging, ikan juga merupakan salah satu bahan masakan yang banyak diolah sebagai menu makan.

Ikan memiliki daging yang sehat serta kaya akan protein. Tidak hanya itu, ikan juga merupakan makanan yang kaya dengan omega 3, sehingga dengan begitu akan sangat baik untuk kesehatan serta kecerdasan otak.

Ikan bisa diolah menjadi berbagai masakan sesuai dengan yang kita inginkan. Namun mungkin, beberapa orang merasa malas untuk mengolah ikan karena baunya yang amis.

Bau amis pada ikan pada dasarnya bisa dikurangi atau dihilangkan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, salah satunya yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dengan bahan alami ini rasa ikan dipastikan tidak akan hilang, yang terpenting dengan takaran tertentu. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan? Untuk lebih jelasnya anda bisa simak pembahasan di bawah.

Tips menghilangkan bau amis pada ikan

Air lemon

Langkah menghilangkan bau amis pada ikan dengan menggunakan leom cukup mudah dan sederhana. Dimana langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan terlebih dahulu lemon secukupnya. Jika sudah siap, anda bisa langsung memeras airnya. Lalu siramkan air jeruk lemon ini ke seluruh bagian ikan sebelum ikan dimasak. Cara ini disinyalir mampu menghilangkan bau amis pada ikan. Agar air lemon yang digunakan tidak merubah rasa ikan, maka sebelum dimasak atau digoreng akan lebih baiknya jika anda mencuci kembali ikan sampai benar-benar bersih di bawah air mengalir.

Air cuka

Selain air lemon, air cuka putih juga dipercaya dapat mengurangi bau amis pada ikan. Namun, hal yang perlu anda ingat yaitu saat menggunakan cuka untuk menghilangkan bau amis, maka anda harus mengusahakan menggunakan cuka secukupnya saja. Mengapa demikian? Karena rasa asam cuka mampu merusak rasa ikan yang akan anda masak.

Daun dan kulit jeruk

Daun dan kulit jeruk pun dapat membantu anda dalam menghilangkan bau amis yang menempel pada ikan. Cara menggunakan daun atau kulit jeruk ini cukup mudah, dimana anda tinggal merebus daun atau kulit jeruk. Lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci ikan sebelum ikan diolah atau dimasak. Untuk yang dimasak dengan menggunakan kuah santan, maka anda bisa memasukan 1 atau 2 daun jeruk ke dalamnya. Penambahan daun jeruk ini, selain dapat membuat bau amis pada ikan hilang juga akan menambah cita rasanya menjadi lebih sedap dan lezat.

Jahe

Aroma harum yang dikeluarkan oleh jahe tidak hanya akan menghangatkan tubuh saja, karena pada kenyataannya bau jahe juga dapat membantu menghilangkan  bau amis pada ikan. Ketika anda mengolah ikan, baik itu digoreng, dibakar, atau dimasak dengan kuah, maka usahakan masukan jahe ke dalam bumbu. Jahe yang digunakan tidak harus dihaluskan saja, karena anda cukup mememarkannya.

Apel

Buah apel biasanya digunakan sebagai buah pencuci mulut setelah makan, namun selain itu buah yang satu ini juga dipercaya mampu menghilangkan bau amis pada ikan. Cara menggunakannya cukup mudah, anda hanya tinggal mengiris-iris buah apel dengan tipis. Lalu masukan buah apel yang sudah diiris tersebut ke dalam air atau minyak untuk memasak ikan. Ketika irisan buah apel layu, maka anda bisa langsung mengangkatnya. Minyak atau air yang digunakan utuk memask ikan ini dapat menyerap bau amis ikan itu sendiri tanpa mengurangi rasa alami pada ikan.

Nah, dengan bahan alami yang mudah didapatkan anda bisa menghilangkan bau amis pada ikan, sehingga tidak akan ada lagi alasan bagi anda untuk tidak memasaknya karena bau. Selain bahan-bahan di atas, anda juga bisa menggunakan daun kemabgi, bawang putih, kunyit dan daun serai. Semoga bermanfaat.

Loading...