Tips Merebus dan Mengupas Telur Puyuh yang Baik dan Benar

Telur merupakan bahan makanan yang biasanya diolah untuk dijadikan lauk pauk atau teman nasi.

Telur mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Telur itu sendiri memiliki beragam jenisnya tergantung hewan apa yang menghasilkan telur tersebut. Telur-telur yang sering kita temui yaitu telur bebek, telur ayam dan telur puyuh.

Telur puyuh merupakan telur yang dihasilkan oleh burung puyuh. Telur puyuh memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan telur yang lainnya. Selain itu, telur puyuh juga terbilang cukup unik karena cangkangnya bercorak.

Telur puyuh bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan tertentu. Selain diebus, telur puyuh bisa diolah menjadi semur atau dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam masakan tertentu, seperti sop atau sayur lodeh.

Nah, pada saat anda menyajikan menu makanan untuk keluarga tentunya selain menyajikan menu yang enak anda juga ingin menyajikan menu dengan tampilan yang menarik bukan? Untuk mendapatkan tampilan yang menarik anda harus merebus telur puyuh dengan baik dan benar. Selain itu, anda juga harus memperhatikan cara mengupasnya agar bentuknya tetap utuh.

Bagaimana cara merebus dan mengupas telur puyuh dengan baik dan benar? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

6.TELUR PUYUH

Tips Merebus Telur Puyuh yang Baik dan Benar

  1. Sebelum telur puyuh direbus, anda harus memilih telur puyuh yang berkualitas untuk direbus. Pilihlah telur puyuh yang masih dalam keadaan segar dan pisahkan telur puyuh segar tersebut dengan telur yang sudah busuk. Untuk mengetahui apakah telur tersebut masih segar atau busuk yaitu dengan memasukannya ke dalam mangkuk yang sudah diberi air. Apabila telur puyuh tersebut tidak mengapung atau tenggelam ke dasar mangkuk, maka itu tandanya telur tersebut masih dalam keadaan segar. Begitu sebaliknya, jika telur mengapung maka telur puyuh tersebut sudah dalam keadaan busuk.
  2. Jika anda sudah memilih telur puyuh dan memisahkannya antara telur yang baik dan tidak. Anda bisa langsung merebusnya. Siapkan rebusan dan masukan telur puyuh ke dalam rebusan tadi. Pada saat anda merebusnya, disarankan untuk mengaduk-aduknya dengan perlahan agar bagian kuningnya tetap berada di tengah, sehingga tidak akan menempel pada bagian kulit serta robek pada saat telur puyuh tersebut dikupas.
  3. Jika telur puyuh tersebut sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya dan meniriskannya. Lalu siram telur puyuh tersebut dengan menggunakan air dingin atau anda bisa merendamnya di dalam wadah yang sudah diberi air es.
  4. Agar telur puyuh tidak hancur, anda harus memperhatikan cara mengupasnya. Kupas telur puyuh yang sudah dingin dengan cara diketukan dengan lembut pada permukaan yang keras agar kulit telur tersebut retak pada seluruh permukaannya. Jika kulit telur puyuh sudah retak, anda bisa langsung mengupasnya dengan hati-hati atau pelan agar bentuk asli dari telur tersebut tetap terjaga.

Telur puyuh yang memiliki bentuk utuh tentunya memiliki tampilan yang lebih menarik. Anda bisa mengolah telur puyuh ini menjadi berbagai macam hidangan yang lezat.

Demikian tips merebus dan mengupas telur puyuh yang baik dan benar. Mudah bukan? Semoga bermanfaat.

Bagikan atau share tips ini kepada teman anda. Sertakan juga saran dan  komentar anda pada kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Loading...