Tips Menyimpan Telur Agar Lebih Awet, Tahan Lama dan Nutrisinya Terjaga

Telur merupakan salah satu bahan makanan atau lauk pilihan keluarga, karena selain memiliki kandungan bergizi, juga bisa diolah menjadi menu makanan yang begitu enak dan nikmat.

Biasanya banyak orang membeli telur secara sekaligus sebagai persediaan di rumah. Telur pada dasarnya bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun meskipun begitu, anda juga harus memperhatikan kelayakan telur itu sendiri, apakah telur masih mengandung nutrisi yang sama atau justru sebaliknya.

Untuk menjaga kelayakan telur dan keawetannya, kita harus memperhatikan seperti apa cara menyimpan telur itu sendiri. Karena menyimpan telur dengan cara yang tidak tepat justru akan merusaknya dan membuatnya tidak awet.

TIPS MEMILIH DAN MENYIMPAN TELUR

Nah, bagi anda yang tidak tahu seperti apa cara menyimpan telur untuk menjaganya tetap awet dan nutrisinya terjaga, anda bisa simak langsung tipsnya di bawah ini. Baca juga: Cara Membuat Sayur Bayam

Tips Menyimpan Telur Agar Lebih Awet, Tahan Lama dan Nutrisinya Terjaga

Beli telur yang masih utuh atau baru

Ketika anda membeli telur, maka anda harus memastikan membeli telur yang keadaannya masih utuh atau baru. Jika bisa, anda harus tahu tanggal kadaluarsanya. Namun, jika anda membelinya di pasar atau warung biasa dan tidak tercantum tanggal kadaluarsanya, maka sebaiknya anda menyimpan telur tersebut tidak lebih dari satu bulan. Namun, dengan catatan telur tersebut di simpan dengan baik dan benar.

Bersihkan cangkang telur dari kotoran

Setelah anda membeli telur dan sebelum menyimpannya ke dalam kulkas, maka anda harus membersihkan telur tersebut dari segala kotoran yang menempel. Karena kotoran yang menempel tersebut bisa saja mengandung bakteri tertentu yang dapat mengkontaminasi telur dan makanan lainnya yang anda simpan di dalam kulkas. Jika telur sudah dicuci dengan bersih, anda bisa menglapnya dengan menggunakan lap kering dan bersih. Baru setelah itu anda bisa langsung menyimpannya.

Simpan telur di dalam karton

Setelah telur tersebut dibersihkan, alangkah baiknya jika anda memasukan telur tersebut ke dalam tray yang dikhususkan untuk kulkas ataupun di dalam dus, hal ini bertujuan agar telur terhindar dari benturan yang nantinya akan merusak atau membuat cangkang telur menjadi retak. Tidak hanya itu, tray atau karton yang digunakan pun bisa membantu sirkulasi udara terhadap telur dan menyerap lembab sehingga telur akan menjadi lebih tahan lama.

Hindari menyimpan telur pada pintu kulkas

Seperti yang kita ketahui, pada pintu kulkas terdapat rak khusus untuk menyimpan telur. Namun meskipun begitu, bukan berarti jika tempat tersebut adalah tempat yang aman untuk menyimpan telur. Alangkah lebih baiknya jika anda menyimpan telur di dalam kulkas, karena di dalam kulkas telur akan terkena udara dingin dan membuatnya lebih awet dan tahan lama. Telur yang disimpan di bawah suhu 20 derajat celcius akan terbebas dari bakteri tertentu yang dapat membahayakan.

Selain itu, anda juga bisa menyimpan telur di dalam suhu ruangan. Tetapi, kekurangannya telur tidak akan tahan lama dan anda harus memastikan jika telur sudah dihabiskan sebelum waktu tujuh hari, guna menjaga kesegaran dan nutrisinya.

Itulah tips menyimpan telur agar lebih awet, tahan lama dan nutrisinya tetap terjaga. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

Share tips ini kepada teman dan sahabat anda di twitter atau di facebook, tambahkan juga komentar anda pada kolom yang tersedia di bawah ini.

Loading...