Tips Menyimpan Makanan Agar Tetap Sehat, Bergizi dan Tidak Menjadi Racun

Untuk memudahkan pekerjaan biasanya banyak ibu rumah tangga memasak makanan dalam jumlah yang banyak sebagai persediaan atau stock.

Namun, faktanya menyimpan makanan terlalu lama akan membuat makanan mudah basi dan kandungannya hilang. Jikapun ingin seperti itu, ketika menyimpannya anda harus mengetahui terlebih dahulu tips menyimpan makanan yang baik dan  benar agar makanan tersebut tidak berubah menjadi racun.

Lantas apa saja tips menyimpan makanan agar tetap sehat dan tidak berubah menjadi racun? Untuk mengetahuinya anda bisa simak langsung pembahasannya di bawah ini.

9.TIPS-MENYIMPAN-MAKANAN-AGAR-TETAP-SEHAT.jpg

Jangan simpan makanan terlalu lama di meja makan

Setelah memasak atau setelah makan biasanya banyak ibu lupa tidak menyimpan makanannya dengan baik. Yang mana makanan tersebut dibiarkan berada di meja makan dalam waktu yang cukup lama. Keadaan seperti ini tentunya akan membuat bakteri mudah berkembang biak pada makanan, sehingga makanan akan mejadi rusak dan bahaya apabila dikonsumsi. Keadaan akan bertambah parah apabila makanan yang tidak disimpan dengan baik dan benar tersebut terbuat dari daging, ikan, telur dan lain sebagainya.

Simpan makanan dalam kulkas

Agar makanan tetap tahan lama dan terhindar dari bakteri yang akan mengkontaminasi makanan, maka dianjurkan untuk menyimpan makanan di dalam lemari pendingin atau kulkas. Makanan yang didinginkan akan terbebas dari bakteri. Selain itu, keracunan makanan pun akan bisa dihindari. Namun, hal yang harus diperhatikan juga yaitu jangan menyimpan makanan tersebut terlambat, karena apabila proses pendinginan terlambat, maka bakteri akan mudah berkembang dan akan membuat makanan menjadi cepat basi dan tidak tahan lama. Bahkan bakteri tersebut akan tetap bertahan hidup apabila proses pemanasan tidak dilakukan dengan benar.

Simpan makanan di dalam wadah tertutup

Ketika menyimpan makanan, ada satu hal yang harus anda perhatikan agar makanan tahan lama dan awet. Simpan makanan di dalam wadah atau tempat tertutup. Jika makanan sudah dikemas dengan baik dalam tempat tertutup anda bisa langsung menyimpannya ke dalam kulkas. Suhu yang tepat untuk menyimpan makanan tersebut yaitu di bawah 4 derajat Celcius. Namun, jika anda akan menyimpan makanan sebagai stock, maka agar makanan bertahan lama simpanlah di dalam freezer untuk dibekukan. Bekukan makanan 2 jam setelah selesai dimasak. Makanan yang disimpan di dalam kulkas akan bertahan kurang lebih 4 hari. Sedangkan makanan yang disimpan di dalam freezer atau dibekukan bertahan hingga 4 bulan lamanya.

Panaskan makanan

Jika anda ingin memanaskan makanan, maka anda bisa melakukannya. Namun, memanaskan makanan cukup satu kali saja. Karena memanaskan makanan berulang ulang justru akan membuat kandungan dan nutrisi dari makanan tersebut hilang, serta resiko timbulnya racun akan lebih besar.

Tips Memanaskan Makanan Agar Tidak Berubah Menjadi Racun

Ketika anda hendak memanaskan makanan yang sudah disimpan di dalam kulkas, maka akan lebih baik jika anda membiarkannya terlebih dahulu hingga mencapai suhu ruangan. Jika sudah seperti itu, anda bisa memasak makanan tersebut di atas api kecil. Tujuan dipanaskan dengan menggunakan api kecil yaitu agar kandungan dan nutrisinya tidak rusak. Ketika dipanaskan, jangan lupa untuk menutupnya agar kelembaban makanan yang dipanaskan tersebut tetap terjaga.

Itulah tips menyimpan dan memanaskan makanan agar tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Share tips ini kepada teman-teman anda. Berikan juga komentar pada kolom di bawah ini.

loading...