Tips Menyimpan Madu Asli Agar Tahan Lama dan Kualitasnya Terjaga

Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan dari lebah.

Seperti yang kita ketahui, cairan berwarna kuning kecoklatan ini memiliki manfaat dan khasiat yang banyak baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Bahkan, madu dipercaya sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena begitu banyak manfaat dan khasiat dari madu, maka banyak sekali orang yang menyukainya. Bahkan beberapa orang biasa membelinya dalam jumlah yang banyak meskipun harga madu asli relatif mahal.

Di pasaran saat ini kita bisa dengan mudah mendapatkan madu. Namun, karena banyak madu tidak murni atau tidak asli maka rasanya sangat sulit bagi kita untuk membedakannya. Madu asli itu sendiri bisa bertahan sampai bertahun-tahun dan nutrisinya tidak akan hilang. Terlebih lagi jika kita menyimpannya dengan baik dan benar. Berikut tips menyimpan madu asli agar tahan lama dan kualitasnya terjaga.

TIPS MENYIMPAN MADU ASLI

Simpan Madu Pada Tempat Tertutup

Ketika menyimpan madu jangan asal-asalan, karena anda harus memperhatikannya dengan benar agar madu awet dan tahan lama. Simpan madu asli yang sudah anda beli di dalam tempat bersih dan tertutup. Tempat yang dimaksud bisa saja botol atau wadah lainnya yang memiliki tutup. Selain tahan lama, menyimpan madu di dalam wadah tertutup juga akan membuat kekentalannya tetap terjaga, serta nutrisinya masih bisa bertahan. Jika anda menyimpan madu pada tempat terbuka, maka madu tersebut akan lebih mudah cair, serta mudah dihinggapi serangga seperti lalat atau lain sebagainya. Oleh karena itu, jika anda ingin madu tetap tahan lama maka simpanlah di dalam wadah tertutup.

Simpan Madu di Ruangan yang Tidak Terkena Sinar Matahari Langsung

Setelah menyimpan madu di dalam tempat tertutup, maka usahakan untuk tidak menyimpan madu tersebut pada ruangan yang terkena matahari langsung. Madu yang disimpan pada tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung akan membuatnya lebih cepat rusak serta nutrisinya akan berkurang atau bahkan hilang. Selain itu, madu yang disimpan pada tempat yang terkena sinar matahari akan berubah warna menjadi hitam dan tidak menarik lagi seperti semula.

Jangan Simpan Madu di Tempat Berbahan Dasar Logam

Tempat menyimpan madu juga harus anda perhatikan. Usahakan untuk tidak menyimpan madu pada wadah yang terbuat dari logam. Anda harus memastikan jika madu disimpan pada tempat yang terbuat dari plastik atau kaca. Alasan madu tidak boleh disimpan pada tempat yang terbuat dari logam yaitu karena ditakutkan nutrisinya akan menjadi rusak  bahkan akan berubah menjadi racun karena zat kimia berbahaya yang terdapat pada logam akan menyatu dengan madu. Namun, apabila anda ingin madu tetap tahan lama dan sehat, maka anda bisa menyimpannya pada wadah yang terbuat dari bahan alami seperti wadah bambu atau kayu.

Simpan Madu pada Wadah yang Kering dan Bersih

Ketika menyimpan madu anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa wadah yang digunakan bersih dan kering, karena hanya satu tetes air saja akan membuat madu menjadi cepat rusak. Jika anda menyimpan madu di dalam wadah yang mengandung hal-hal lain baik air atau lain sebagainya, maka akibatnya pun akan fatal.

Itulah tips menyimpan madu dengan baik dan benar. Agar madu tetap sehat dan tahan lama maka usahakan untuk menyimpannya dengan memperhatikan cara-cara di atas. Selamat mencoba.

Share tips bermanfaat ini kepada orang di sekitar anda. Tambahkan pula saran atau komentar anda pada kolom yang tersedia di bawah.

loading...
loading...