Tips Menyimpan Cabai Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Cabai rawit merupakan salah satu bumbu masakan yang penggunaannya tidak bisa ditinggalkan, apalagi mayoritas masyarakat Indonesia adalah pecinta masakan pedas.

Karena begitu banyaknya penggunaan cabai sebagai bumbu masakan, maka permintaan cabai semakin meningkat. Bahkan karena itu harganya pun semakin meningkat saja terlebih lagi jika masuk musim penghujan. Nah, karena harga cabai semakin hari semakin meningkat, biasanya banyak ibu rumah tangga membeli cabai dalam jumlah yang banyak agar memiliki persediaan yang cukup di dapurnya.

Namun, biasanya masalah yang selalu mereka hadapi yaitu cabai yang dibeli mudah busuk, bahkan tidak terpakai lagi. Mengetahui keadaan seperti ini tentunya sangat disayangkan sekali. Seharusnya cabai bisa bertahan selama berminggu-minggu atau bahkan beberapa bulan. Tapi kebanyakan cabai yang dibeli hanya mampu bertahan selama beberapa hari saja. Yang mana penyebabnya yaitu karena tidak diperhatikannya cara penyimpanan yang baik dan benar.

Nah, bagi anda yang biasa menghadapi permasalahan seperti ini, untuk saat ini anda jangan merasa khawatir lagi. Pasalnya, ada beberapa cara yang harus anda perhatikan agar cabai yang anda beli tetap tahan lama dan tidak mudah busuk. Tidak banyak orang yang tahu seperti apa cara menyimpannya dengan baik dan benar. Namun, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk anda tentang bagaimana cara menyimpan cabai dengan baik dan benar seperti di bawah ini.

TIPS MENYIMPAN CABAI AGAR TETAP SEGAR

Tips Menyimpan Cabai Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

  1. Pada saat anda menyimpan cabai, maka anda harus memastikan untuk memilih cabai dengan keadaan dan kualitas yang baik. Cara menentukan apakah cabai tersebut masih dalam keadaan baik atau tidak yaitu anda harus memencet bagian tengah cabai tersebut. Pastikan anda memilih cabai yang masih dalam keadaan segar dan keras. Jika anda membeli cabai dengan kualitas yang kurang baik maka akan sangat merugikan sekali terlebih lagi jika anda membelinya dalam jumlah yang banyak.
  2. Setelah membeli cabai tersebut, maka anda harus memperhatikan cara penyimpanannya. Simpan cabai yang sudah anda beli tersebut pada tempat yang tidak lembab dan kering. Apabila cabai tersebut dibungkus dengan menggunakan plastik pada saat membelinya, maka anda harus segera mengeluarkan cabai tersebut dari plastik. Setelah itu, angin-anginkan cabai agar tidak lembab karena uap yang dihasilkan selama disimpan di dalam plastik.
  3. Anda bisa menyimpan cabai tersebut di dalam kulkas atau lemari pendingin. Namun, anda harus memastikan jika cabai tersebut tidak dalam keadaan basah atau lembab.
  4. Setelah membeli cabai, seharusnya anda jangan langsung mencuci cabai tersebut. Akan lebih baik apabila anda mencucinya pada saat akan dipakai saja. Hal ini bertujuan agar cabai tetap dalam keadaan segar dan tetap tahan lama.
  5. Apabila anda tidak memiliki kulkas atau lemari pendingin, maka anda bisa menyimpan cabai tersebut pada wadah yang memiliki lubang sehingga tidak akan lembab. Kemudian, simpan atau letakan pada tempat yang terkena angin serta tidak lembab.

Cara-cara di atas bisa anda terapkan agar cabai yang anda beli tetap segar dan tidak akan mudah busuk apalagi jika anda membelinya dalam jumlah yang banyak. Itulah cara menyimpan cabai agar tetap segar dan tidak mudah busuk. Selamat mencoba.

Bagikan tips bermanfaat ini kepada teman atau orang terdekat anda. Tambahkan komentar atau saran pada kolom yang tersedia di bawah ini.