Tips Menyimpan Brokoli Agar Tetap Segar dan Tidak Mudah Busuk

Meskipun dikenal sebagai sayuran yang lezat dan memiliki kandungan gizi yang banyak, tetapi brokoli juga terkenal sebagai sayuran yang mudah busuk dan tidak tahan lama.

Namun, melalui penyimpanan yang tepat dan benar, maka brokoli yang anda beli bisa tetap segar dan renyah dalam beberapa hari setelah anda membelinya. Nah, di bawah ini tips menyimpan brokoli agar tetap segar dan tidak mudah busuk.

Tips menyimpan brokoli

Tips Menyimpan Brokoli Agar Tetap Segar dan Tidak Mudah Busuk

1. Membuat buket brokoli

Salah satu cara yang cukup efektif untuk menjaga kesegaran brokoli yaitu mirip ketika anda menyimpan brokoli di dalam buket.

Anda cukup meletakan brokoli ke dalam mangkuk dengan bagian batang bawah berada kira-kira setengah inci atau lebih dalam air di dalam mangkuk. Kepala brokoli sebaiknya harus mengarah ke atas dari mangkuk. Setelah itu, anda bisa langsung mendinginkannya. Menyimpan brokoli dengan cara ini dapat membuat brokoli tetap tahan lama sampai tujuh hari.

Agar kesegaran brokoli optimal, anda bisa menutup kepala brokoli dengan menggunakan kantong plastik longgar yang telah diberi lubang, sehinggga dengan begitu udara masih dapat melewatinya dan mengganti air dalam setiap hari.

2. Bungkus brokoli dengan menggunakan paper towel lembab

Tips lain yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesegaran brokoli yaitu dengan meniru teknis cara penyimpanan di bagian produksi toko. Anda bisa menyiapkan botol semprot bersih yang telah diisi oleh air, ingatlah gunakan botol semprot yang sebelumnya belum pernah diisi pemutih atau produk lainnya. Isi botol tersebut dengan menggunakan air dingin, kemudian lap kepala brokoli dengan lembut.

Setelah itu, bungkus kepala brokoli dengan menggunakan paper towel, sehingga dengan begitu paper towel dapat menyerap air yang masih berada pada kepala brokoli. Simpan brokoli di dalam lemari es agar tetap segar, setidaknya selama sekitar tiga hari.

Hal yang harus anda ingat yaitu, janganlah membungkus brokoli dengan paper towel terlalu rapat serta tidak menyimpannya di dalam wadah tertutup. Brokoli memerlukan aliran udara agar tetap segar.

3. Simpan brokoli di dalam kantong plastik

Selain kedua cara di atas, ada cara lebih mudah yang bisa anda lakukan ketika menyimpan brokoli agar brokoli tetap segar dan tahan lama. Dimana anda bisa menyimpan brokoli di dalam kantong plastik biasa.

Anda cukup menyegel brokoli di dalam kantong plastik, kemudian buat banyak lubang pada kantong plastik tepat dibagian kepala brokoli. Hal ini bertujuan untuk memastikan brokoli mendapatkan aliran udara yang baik. Setelah itu, simpan brokoli di dalam lemari es. Brokoli akan tetap segar setidaknya beberapa hari dengan menggunakan cara ini.

4. Cuci brokoli yang ditanam sendiri

Ketika anda menyimpan brokoli, maka kelembaban akan menjadi hal yang cukup baik, tetapi jika kelembaban berlebihan maka ini merupakan keadaan yang sangat buruk. Keadaan yang terlalu lembab akan mempercepat atau mendorong tumbuhnya jamur hanya dalam beberapa hari saja, serta akan membuat kepala brokoli cepat rusak.

Untuk menghindari keadaan seperti ini, alangkah lebih baiknya jika anda menghindari mencuci brokoli yang anda beli di toko, karena di toko brokoli biasanya sudah dicuci terlebih dahulu dan dikeringkan sehingga dengan begitu tidak perlu dibersihkan kembali.

Namun, anda harus mencuci brokoli yang anda beli di pasar atau ditanam sendiri, hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan serangga-serangga kecil yang menempel. Setelah mencuci brokoli diharapkan anda mengeringkannya terlebih dahulu untuk mencegah tumbuhnya jamur.

Itulah beberapa tips menyimpan brokoli agar tetap segar. Semoga bermanfaat.

Info Menarik
loading...
loading...