Tips Menjernihkan Minyak Goreng Bekas Pakai Agar Layak Pakai Lagi

Minyak goreng merupakan salah satu bahan dapur yang sangat penting, karena setiap memasak atau menggoreng kita menggunakan bahan yang satu ini.

Seperti yang kita ketahui, semakin lama harga minyak goreng semakin meningkat. Agar tidak membeli minyak goreng yang baru secara terus menerus, kita juga bisa lebih menghemat yaitu dengan menjernihkan minyak goreng yang sudah dipakai.

Minyak goreng pada umumnya digunakan antara 2-3 kali. Namun, biasanya hanya sekali pakai saja minyak goreng sudah berubah warna menjadi keruh. Banyak orang tidak memanfaatkan minyak ini dan memilih membuangnya. Namun, tentunya sangat sayang jika minyak ini harus dibuang. Minyak goreng yang sudah tidak jernih tersebut bisa dimanfaatkan kembali, yang terpenting minyak tersebut dalam keadaan jernih. Oleh karena itu, anda harus menjernihkannya terlebih dahulu. Nah, berikut ini tips menjernihkan minyak goreng yang sudah tidak terpakai lagi.

TIPS MENJERNIHKAN MINYAK GORENG

Manfaatkan Nasi

Selain sebagai makanan pokok, nasi juga memiliki manfaat lainnya dalam hidup kita. Yang mana nasi bisa memudahkan pekerjaan dapur kita. Nasi bisa membantu menjernihkan kembali minyak goreng dari sisa-sisa yang tertinggal. Lantas seperti apa cara menjernihkan minyak goreng dengan menggunakan nasi? Setelah anda selesai menggoreng dengan menggunakan minyak tersebut, anda bisa mengambil segenggam nasi. Lalu bulatkan nasi tersebut sampai padat. Selanjutnya, masukan nasi ke dalam minyak penggorengan yang masih dalam keadaan panas. Bolak-balik dan tekan-tekan nasi tersebut sampai semua remah yang tertinggal menempel pada nasi. Setelah itu, minyak goreng akan kembali jernih.

Manfaatkan Kentang

Selain nasi, kentang juga bisa membantu menjernihkan minyak yang sudah dipakai. Caranya yaitu, ambil 1 buah kentang, lalu kupas kulitnya. Kemudian, potong kentang tersebut menjadi 4 bagian. Jika sudah, masukan kentang tersebut pada minyak kotor yang masih dalam keadaan panas. Setelah itu, aduk-aduk kentang sampai kotoran atau remah-remah dalam minyak menempel semua pada kentang. Jika minyak sudah kembali jernih, anda bisa menggunakan kembali minyak tersebut untuk menggoreng.

Manfaatkan Ampas Nanas 

Ampas nanas dipercaya mampu membantu menjernihkan kembali minyak goreng yang sudah dipakai. Pasalnya, ampas nanas memiliki kemampuan untuk menyerap sisa sisa makanan atau kotoran pada minyak sebagaimana halnya karbon. Karena kemampuannya itulah ampas nanas efektif menjernihkan minyak. Cara menggunakannya yaitu, kumpulkan ampas nanas yang sudah anda siapkan. Lalu cuci ampas nanas tersebut sampai bersih. Kemudian, keringkan sampai membentuk karbon. Jika sudah kering, anda bisa menghaluskan ampas nanas tersebut dengan cara memblendernya hingga ampas nanas menjadi serbuk. Yang mana serbuknya itulah yang akan dimasukan ke dalam minyak goreng yang sudah dipakai selama kurang lebih 2-3 jam. Selanjutnya, anda bisa langsung menyaring minyak tersebut.

Manfaatkan Buah Mengkudu

Cara menjernihkan minyak goreng dengan buah mengkudu cukup mudah. Caranya yaitu, siapkan satu buah mengkudu yang sudah matang. Kemudian, tumbuk buah mengkudu tersebut sampai benar-benar halus. Jika sudah, anda bisa langsung mengambil sarinya. Sari mengkudu tersebutlah yang akan dimanfaatkan untuk menjernihkan minyak goreng yang sudah tidak terpakai. Campurkan sari minyak mengkudu tersebut pada minyak yang sudah digunakan selama kurang lebih 5-10 menit. Kemudian, panaskan minyak tersebut dan saring minyak. Anda bisa membuang endapannya.

Demikian tips menjernihkan kembali minyak goreng yang sudah dipakai. Semoga tips yang kami sajikan di atas bermanfaat. Selamat mencoba.

Share atau bagikan tips ini kepada orang-orang yang ada di sekitar anda. Tambahkan pula komentar anda pada kolom yang kami sediakan di bawah.

Info Menarik
loading...
loading...