Tips Mengolah Daging Agar Empuk, Lunak dan Tidak Alot

Daging merupakan salah satu menu populer dan favorit kebanyakan orang, dimana bahan masakan yang satu ini tinggi akan protein, zat besi serta kalsium yang pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Banyak sekali jenis daging yang bisa kita temui, seperti daging sapi, daging kambing, daging ayam, daging bebek dan lainnya sebagainya.

Daging-daging tersebut bisa kita oleh menjadi berbagai macam menu yang lezat. Namun, tantangan ketika mengolah daging yang sering ditemui yaitu, apa yang harus dilakukan agar daging cepat empuk?

Ada beberapa cara alternatif untuk membuat daging cepat empuk, dimana cara ini merupakan cara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Lantas seperti apa caranya? Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

Tips mengolah daging agar empuk

Tips Mengolah  Daging Agar Empuk, Lunak dan Tidak Alot

Memanfaatkan pepaya

Daun pepaya memiliki enzim yang disebut dengan enzim papain, dimana enzim ini sangat bermanfaat untuk mengempukan daging. Cara mengempukan daging dengan pepaya sangat mudah, anda cukup meremas-remas daun pepaya muda sampai getahnya benar-benar keluar. Jika sudah, anda bisa menggunakan daun pepaya tersebut untuk membungkus daging. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, cuci daging sampai bersih, tiriskan dan anda bisa mengolahnya. Cara ini cocok untuk daging yang akan diolah menjadi sate dan steak.

Selain daunnya, buahnya pun dipercaya efektif membuat daging empuk. Dimana anda bisa menggunakan buah pepaya muda untuk direbus bersama dengan daging.

Memanfaatkan buah nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang banyak disukai karena memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Buah berwarna kuning ini mengandung enzim bromelin di dalamnya, yang mana cara kerja enzim tersebut sama dengan enzim papain pada pepaya. Enzim ini dapat menghasilkan serat yang ada pada daging, sehingga dengan begitu daging akan menjadi lebih empuk dan lunak ketika diolah. Sebenarnya, kulit nanas adalah bagian yang terbukti efektif untuk membuat daging cepat empuk, namun jiga anda ragu karena kehigenisannya maka anda bisa menggunakan parutan nanas muda saja. Jika anda memasak daging sebanyak 1 kg, maka anda hanya cukup menggunakan parutan nanas sebanyak 250 gram. Caranya cukup mudah, anda hanya tinggal memarut nanas lalu membalurkannya ke seluruh bagian daging. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 45 menit. Baru setelah itu, anda bisa langsung mencucinya di bawah air mengalir sampai bersih, tiriskan dan anda bisa langsung mengolahnya. Cara yang satu ini cocok untuk daging yang akan diolah dengan cara ditumis atau disayur.

Memanfaatkan pisang

Cara lain yang bisa digunakan untuk membuat daging empuk yaitu dengan menggunakan kulit pisang. Kandungan di dalam kulit pisang ini mampu membantu mengurangi protein di dalam daging itu sendiri sehingga dengan begitu daging akan bisa lebih cepat empuk. Tidak hanya itu, kulit pisang juga mampu membuat daging yang diolah tidak mudah kering.

Memanfaatkan kiwi

Kiwi juga ternyata mampu membantu mengempukan daging yang akan diolah. Buah kiwi mengandung enzim yang disebut dengan enzim actinidin. Cara mengolah daging agar cepat empuk dengan buah kiwi cukup mudah, anda bisa meremas-remas buah kiwi yang sudah disiapkan, lalu oleskan ke seluruh permukaan daging. Untuk 1 kg daging, diperlukan 1 sampai 1 1/2 butir kiwi. Kemudian, diamkan selama 1-2 jam sebelum diolah.

Itulah cara mengolah daging sapi agar empuk, lunak dan tidak alot. Selamat mencoba.

Share tips ini kepada teman-teman anda, tambahkan juga komentar pada kolom di bawah ini.

Loading...