Tips Menggunakan Panci Presto yang Baik dan Benar

Panci presto merupakan salah satu alat memasak yang sudah tidak asing lagi untuk kita semua.

Memasak dengan menggunakan panci presto akan menghasilkan makanan yang sehat. Pasalnya, kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan akan tetap terjaga sehingga makanan akan lebih sehat ketika dikonsumsi. Memasak dengan menggunakan panci presto nyatanya lebih mudah dan praktis, sehingga pekerjaan anda pun akan menjadi lebih mudah. Memasak dengan menggunakan panci presto akan lebih cepat matang dan makanan akan menjadi lebih empuk. Memasak dengan menggunakan panci presto akan lebih hemat dalam bahan bakar gas.

Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara menggunakan panci presto dengan baik dan benar sehingga mereka tidak bisa memanfaatkan kelebihan dan keunggulannya. Menggunakan panci presto dengan baik dan benar akan memaksimalkan kinerjanya, selain itu anda juga akan terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Menggunakan panci presto harus lebih hati-hati, karena panci presto berbeda dengan panci biasa. Lantas seperti apa tips menggunakan panci presto dengan baik dan benar? Untuk mengetahuinya anda bisa simak langsung pembahasan di bawah ini.

10.TIPS-MENGGUNAKAN-PANCI-PRESTO.JPG

Tips Menggunakan Panci Presto yang Baik dan Benar

  1. Pertama kali anda harus memeriksa panci presto yang akan anda gunakan. Sebelum digunakan panci presto harus dalam keadaan bersih baik bagian luar ataupun dalam. Pastikan bahwa di panci itu tidak ada makanan yang tersisa maupun kotoran yang menempel baik ditepi ataupun tutup panci tersebut. Panci tidak dalam keadaan rusak, serta cincin karet harus dalam keadaan baik. Harus pas dengan ukuran tutup panci, tidak rapuh atau retak.
  2. Anda harus memastikan jika panci tersebut sudah diisi dengan air. Untuk jumlah air itu sendiri memiliki jumlah minumum.
  3. Jangan gunakan panci untuk mengisi bahan makanan lebih dari dua pertiga dari ukuran panci itu sendiri. Hal ini dilakukan guna menghindari tekanan uap yang berlebihan pada saat memasak. Sedangkan untuk masakan yang menghasilkan kaldu atau buih, maka pengisian maksimal setengah dari kapasitas panci tersebut.
  4. Ketika menggunakannya dan tekanan uap sudah tercapai, anda bisa langsung mengecilkan api.
  5. Anda harus memperhatikan waktu memasak dalam setiap jenis makanan tertentu. Anda harus memasak dengan waktu yang telah ditentukan. Pasalnya, jika anda terlalu lama dalam memasak makanan tersebut, maka kemungkinan besar makanan akan menjadi lembek seperti bubur.
  6. Ketika memasak anda jangan membuka tutup panci hingga tekanan dari dalam panci dilepaskan. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, yakni melepaskan panci tersebut dengan cara alami yakni mengangkat panci presto tersebut dari atas kompor, lalu membiarkan panci dingin. Cara lain yang bisa anda lakukan yaitu, membuka katup pengaman panci hingga uap habis. Baru setelah itu, anda bisa membuka tutup panci tersebut.

Ketika menggunakan panci presto untuk memasak, maka hasil yang didapatkan mungkin akan bebeda-beda. Hal ini berdasarkan dengan kualitas dari panci presto yang digunakan. Untuk memberikan hasil yang baik, maka sebaiknya gunakan panci yang memiliki kualitas bagus.

Itulah tips menggunakan panci presto dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Share dan bagikan tips bermanfaat ini kepada teman teman anda. Tambahkan juga komentar anda pada kolom yang tersedia di bawah ini.

Loading...