Tips Memilih Telur Asin Segar dan Berkualitas

Apakah anda salah satu pecinta telur asin? Telur asin merupakan olahan yang terbuat dari telur bebek. Olahan ini memang cocok dijadikan sebagai pendamping menu di meja makan.

Telur asin begitu nikmat ketika disantap dalam keadaan utuh. Namun, selain itu telur asin juga bisa dijadikan sebagai bahan dalam hidangan tertentu. Banyak hidangan sedap diberi bahan pelengkap telur asin. Yang mana kehadiran telur asin ini akan membuatnya lebih spesial dan istimewa.

Tidak selamanya telur asin yang dijual di pasaran merupakan telur segar dan berkualitas. Oleh karena itu, pada saat anda membelinya di pasar anda harus hati-hati karena banyak telur asin yang sudah  lama dan basi. Jika anda salah pilih, maka selain akan mempengaruhi hidangan yang akan anda buat juga akan mempengaruhi kesehatan anda dan keluarga.

Ketika memilih telur asin yang segar dan berkualitas anda harus tahu terlebih dahulu seperti apa tipsnya. Tips memilih telur asin ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Nah, bagi anda yang belum tahu seperti apa tipsnya, anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

7.TIPS-MEMILIH-TELLUR-ASIN.jpg

Tips Memilih Telur Asin Segar dan Berkualitas

  1. Ketika membeli atau memilih telur asin, maka hal yang harus anda lakukan yaitu memilih telur asin yang masih berwarna biru cerah dan dalam keadaan bersih. Sangat mudah membedakan mana telur asin yang segar dan tidak. Yang mana telur asin yang sudah tidak segar memiliki warna kusam atau terdapat bintik-bintik hitam. Hal tersebut disebabkann karena adanya pertumbuhan jamur.
  2. Cara lain yang bisa anda lakukan yaitu, meletakan telur asin di depan cahaya. Kemudian, anda bisa menerawang telur tersebut sambil diputar-putar. Anda bisa memperhatikan, apakah kuning telur asin tersebut posisinya tetap sama atau sudah bergeser. Apabila kuning telur tersebut sudah bergeser, maka kemungkinan besar telur asin sudah tidak dalam keadaan segar lagi atau sudah basi. Anda juga harus menghindari memilih telur asin yang bagian kuningnya sudah pecah.
  3. Selain itu, anda juga bisa merendam telur asin di dalam wadah yang sudah ditambahkan 2 gelas air dan 1 sendok teh garam. Telur asin yang masih segar biasanya akan tenggelam. Jika telur asin yang anda rendam tersebut terapung, maka itu tandanya kantung udara yang terdapat pada bagian ujung telur asin sudah membesar. Telur asin tersebut tandanya sudah tidak segar dan sudah terlalu lama disimpan.
  4. Belah telur asin yang sudah anda beli dan perhatikan warna putih dan kuning telur asin tersebut. Telur asin yang masih dalam keadaan segar bagian putih dan kuningnya masih terlihat cerah, tidak kusam dan segar. Selain itu, telur asin yang masih segar mudah diiris dan teksturnya tidak kenyal. Ketika anda mengupas telur asin dan mendapati bagian putih telur asin menempel pada cangkangnya, maka anda jangan perlu khawatir. Pasalnya, telur asin yang masih dalam keadaan segar memiliki ciri-ciri seperti itu.
  5. Telur asin yang masih segar dan berkualitas tentunya akan lebih lezat ketika dinikmati. Anda juga bisa membedakannya ketika menyantap telur asin tersebut.

Itulah tips memilih dan membeli telur asin yang segar dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

bagikan atau share tips ini kepada orang-orang di sekitar anda. Tambahkan pula komentar anda pada kolom komentar yang kami sediakan di bawah ini.

loading...
loading...