Tips Memilih dan Menyimpan Wortel Agar Tetap Segar dan Sehat

Tidak bisa dipungkiri lagi, wortel merupakan sayuran yang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sayur berwarna orange ini bisa kita olah menjadi menu yang enak dan lezat. Wortel biasanya identik dengan sop. Namun, wortel juga bisa diolah dengan cara ditumis maupun menjadi bahan tambahan hidangan lainnya.

Sebagai persediaan, biasanya banyak ibu rumah tangga membeli wortel dalam jumlah yang banyak. Namun, kebanyakan juga dari mereka mengeluh karena wortel yang dibelinya tersebut cepat busuk dan tidak segar lagi. Hal itu biasanya disebabkan karena cara penyimpanan yang tidak tepat. Untuk itulah, agar wortel yang anda beli tetap segar anda harus memilih dan menyimpan wortel dengan tips tips di bawah ini.

11.TIPS-MENYIMPAN-DAN-MEMILI-WORTEL.jpg

Tips Memilih dan Menyimpan Wortel Agar Tetap Segar dan Sehat

  1. Ketika anda memilih atau membeli wortel, maka anda harus memilih wortel dengan tekstur kulit yang halus serta warnanya terang. Pastikan tekstur kulit dan warna wortel tersebut merata. Jangan membeli wortel yang sudah bertunas, berubah warna atau retak.
  2. Selain itu, anda juga harus memperhatikan bagian pangkal batang wortel yang akan anda pilih. Anda harus memilih wortel dengan pangkal batang dan warna yang utuh atau masih belum berubah warna. Apabila pangkal batang wortel sudah berubah warna atau menjadi kehijauan, maka itu tandanya wortel sudah tidak segar lagi atau menua. Anda juga harus memilih wortel dengan lingkar batang dengan ukuran yang tidak terlalu besar, karena wortel dengan lingkar batang yang besar tandanya sudah tua.
  3. Pilih juga wortel yang masih dalam keadaan keras dan padat. Apabila wortel sudah lembek atau bisa dibengkokan, maka tandanya wortel sudah tidak segar lagi.
  4. Jika anda memilih wortel yang masih ada daunnya, maka anda dianjurkan untuk memilih wortel dengan keadaan daun yang masih segar, berwarna hijau dan daunnya tersebut tidak layu. Karena jika wortel daunnya sudah layu, maka itu tandanya wortel sudah tidak segar lagi.
  5. Setelah anda membeli dan mendapatkan wortel berkualitas, tentunya anda akan menyimpannya di dalam kulkas bukan? Sebelum menyimpannya di dalam kulkas maka anda tidak perlu mencucinya terlebih dahulu. Alangkah lebih baik apabila wortel dicuci ketika diolah.
  6. Jika anda membeli wortel yang masih terdapat daunnya. Maka anda bisa memotong terlebih dahulu daunnya sebelum disimpan atau dimasukan ke dalam kulkas. Karena jika disimpan dengan keadaan daun yang masih utuh, maka daun tersebut akan menghisap kelembaban wortel, sehingga akan membuat wortel menjadi mudah layu dan kering.
  7. Sebelum dimasukan ke dalam kulkas, maka simpan terlebih dahulu ke dalam wadah yang sudah diisi air. Lalu simpan wadah tersebut di dalam kulkas. Jika air sudah menjadi keruh, maka anda bisa menggantinya. Untuk waktu penggantian bisa disesuaikan.
  8. Jika anda menyimpan wortel yang sudah dikupas di dalam lemari es atau kulkas, maka bagian luar wortel biasanya akan berubah warna menjadi putih. Agar lapisan putih tersebut hilang, anda bisa merendamnya di dalam air dingin.

Jika wortel yang anda olah dalam keadaan segar, maka anda akan mendapatkan hidangan yang lebih lezat dan sehat. Nah, agar wortel yang dijadikan stock tidak mudah busuk, anda bisa memilih dan menyimpannya dengan tips di atas.

Itulah tips menyimpan wortel agar tetap sehat dan segar. Semoga bermanfaat.

Share atau bagikan tips ini kepada teman atau saudara anda. Berikan juga komentar anda pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

loading...