Tips Memilih dan Menyimpan Kembang Kol Agar Tidak Mudah Busuk

Kembang kol merupakan sayuran yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin, yang mana kandungannya tersebut bermanfaat untuk tubuh.

Selain itu, kembang kol juga mudah diolah dan mudah didapat. Yang mana sayur ini bisa dijadikan menu untuk makan siang atau makan malam bersama keluarga di rumah. Kembang kol biasanya dijadikan bahan tambahan dalam hidangan capcay atau dalam beragam jenis sup.

Agar kembang kol tetap segar dan kualitasnya tetap terjaga, anda harus bisa membedakan mana kembang kol yang berkualitas dan tidak. Selain itu, anda juga harus tahu cara menyimpan kembang kol dengan baik dan benar agar tidak mudah busuk. Cara mengolahnya pun harus anda perhatikan agar mendapatkan nutrisi kembang kol dengan sempurna.

Nah, berikut ini kami berikan tips memilih dan menyimpan kembang kol agar tidak mudah busuk.

5.KEMBANG KOL

Tips Memilih Kembang Kol

Ketika memilih kembang kol, maka anda harus memilih kembang kol yang masih dalam keadaan segar agar tidak mudah busuk. Anda harus memilih kembang kol yang memiliki kepala padat dan berat. Anda harus memastikan bahwa kepala kembang kol tersebut daunnya masih dalam keadaan segar atau tidak berubah warna. Jika warnanya masih putih, maka itu tandanya kembang kol tersebut masih dalam keadaan segar atau mungkin saja baru dipetik.

Tips Menyimpan Kembang Kol

Jika anda sudah memilih dan membeli kembang kol dengan tips di atas, maka anda harus memperhatikan cara menyimpan kembang kol tersebut agar kembang kol tetap segar dan kualitasnya terjaga. Sangat disarankan untuk menyimpan kembang kol di dalam wadah yang memiliki sirkulasi udaranya agar kembang kol tetap bisa bernafas dan tidak mudah busuk. Plastik berpori bisa menjadi pilihan tepat sebagai tempat untuk menyimpan kembang kol ini. Jika kembang kol sudah diletakan pada plastik tersebut, anda bisa langsung menyimpannya di dalam kulkas. Letakan kembang kol dengan posisi berada di bawah. Hal ini dilakukan agar tidak terbentuk embun pada kepala kembang kol sehingga kesegaran kembang kol akan tetap terjaga.

Tips Mengolah Kembang Kol

Kembang kol merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa disajikan dalam keadaan mentah atau tanpa diolah dan diproses terlebih dahulu. Namun, agar mendapatkan hidangan kembang kol yang beragam, maka anda bisa mengolah kembang kol tersebut dengan cara direbus, dikukus maupun ditumis dengan ditambahkan bumbu pilihan sehingga menghasilkan hidangan yang lezat. Namun, ketika anda mengolah kembang kol, hal yang perlu anda ingat dan perhatikan yaitu jangan terlalu lama memasaknya. Masak kembang kol dalam waktu yang singkat atau kurang lebih 5 sampai 10 menit saja, itupun jika anda mengolahnya dengan cara direbus. Namun, apabila kembang kol tersebut diolah dengan menggunakan microwave, anda hanya perlu memasaknya dalam waktu kurang lebih 3-4 menit saja.

Agar warna kembang kol tetap indah meskipun sudah dimasak, serta rasanya tetap terjaga maka hindari memasaknya dengan menggunakan peralatan masak yang berbahan dasar besi. Karena alat masak berbahan dasar besi akan membuat warna kembang kol menjadi kehitaman. Namun, hal itu bisa dicegah yaitu dengan menambahkan jeruk lemon secukupnya saja.

Demikian tips memilih dan menyimpan kembang kol, berikut dengan cara mengolahnya. Semoga tips yang kami berikan untuk anda bermanfaat dan bisa membantu pekerjaan anda ketika di dapur.

Yuk share tips memasak ini kepada orang di sekitar, tambahkan juga saran atau komentar pada kolom yang tersedia di bawah.

Loading...