Tips Memilih dan Menyimpan Bayam yang Baik Agar Bayam Tahan Lama dan Tetap Segar

Bayam merupakan salah satu tumbuhan hijau yang biasanya ditanam untuk dikonsumsi daunnya.

Tumbuhan yang satu ini berasal dari Amerika tropik, namun saat ini bayam tersebar ke seluruh dunia termasuk di Indonesia. Sayuran bayam dikenal sebagai sayuran yang memiliki zat besi yang sangat penting. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan manfaatnya sangat penting jika kita mengkonsumi sayur yang satu ini.

Bayam biasanya diolah sebagai hidangan utama untuk makan. Banyak olahan makanan yang bisa kita dapatkan dari sayur yang satu ini, selain di sayur, bayam juga biasanya diolah dengan cara ditumis atau diolah menjadi kripik.

Nah, untuk mendapatkan hidangan yang lebih segar dan sehat, maka kita harus memperhatikan bayam itu sendiri ketika mengolahnya. Diharapkan anda harus memilih bayam dengan baik dan benar sebelum diolah.

Selain memilih bayam, kita juga harus memperhatikan tips atau cara menyimpan bayam. Hal ini bertujuan agar bayam yang anda beli tetap segar dan tahan lama meskipun dalam waktu beberapa hari. Tips ini sangat bermanfaat bagi anda yang biasanya selalu menstok sayuran untuk beberapa hari.

Lantas seperti apa tips memilih dan menyimpan bayam agar tetap segar dan tahan lama? Jika anda penasaran dan ingin tahu, anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

Tips menyimpan bayam

Tips Memilih dan Menyimpan Bayam yang Baik Agar Bayam Tahan Lama dan Tetap Segar

1. Membeli Bayam

Ketika anda membeli bayam, maka anda harus memperhatikannya. Ketika memilih bayam, anda harus memilih bayam yang memiliki daun masih utuh dan tampak belum dipetik. Selain itu, anda juga harus memilih daun bayam yang terlihat masih berwarna hijau atau daun bayam berwarna gelap. Karena bayam yang memiliki daun  berwarna kuning, itu tandanya bahwa bayam sudah mulai layu dan tidak segar lagi.

Tidak hanya itu sajaa, anda juga sebaiknya menghindari membeli bayam dalam kemasan. Hal ini disebabkan karena bayam yang dikemas biasanya kebanyakan sudah berwarna kuning, sehingga dengan begitu akan terdapat lendir pada daun bayam tersebut. Namun, apabila anda dengan terpaksa harus memilih bayam dalam bentuk kemasan, maka perhatikan tanggal terbaik sebelum bayam tersebut digunakan, biasanya tanggal tersebut tercantum pada kemasannya. Dan akan lebih baik lagi jika anda membeli bayam organik.

2. Menyimpan bayam

Menyimpan sayuran dalam plastik memang merupakan salah satu cara yang efektif. Namun perlu diketahui, ketika anda menyimpan bayam dengan menggunakan kantong plastik dengan cukup erat, maka hal ini akan menyebabkan bayam nenjadi mudah layu dan tidak segar lagi. Oleh sebab itu, ketika menyimpan bayam di dalam plastik, anda harus membuka kantong plastik yang digunakan untuk menyimpan bayam tersebut, hal ini bertujuan agar bayam tidak terperangkap dan udara bisa masuk. Baru setelah itu, anda harus menyimpannya di dalam kulkas. Dengan cara ini, daya tahan atau umur bayam akan bertahan selama kurang lebuh tiga hari.

Agar bayam tetap tahan lama, maka anda harus benar-benar memperhatikan ketika membeli dan menyimpannya. Semoga tips yang kami berikan di atas dapat membantu anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Setelah membaca tips di atas, maka alangkah lebih baiknya jika anda menyebarkan atau membagikannya kepada sahabat dan teman anda, baik yang ada di twitter atau di facebook. Berikan juga komentar atau saran pada kolom yang kami sediakan di bawah ini.

Loading...